x

Gunung Sumbing, Temanggung, Jawa Tengah di sore hari

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Jumat, 23 Desember 2022 07:43 WIB

Afirmasi Hari Indah dari Rumi: Setiap Hari Adalah Hari yang Indah, Tidak Ada Hari Sial, Tidak Ada Hari Buruk

Covid 19 hampir berlalu. Tapi resesi ekonomi membayangi. Tapi Rumi meyakinkan bahwa hari ini adalah hari indah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Oleh: Bambang Udoyono

Baru saja Covid -19 mereda mendung sudah mau datang lagi. Sebagian orang memprediksi ekonomi dunia akan mengalami resesi di tahun mendatang.   Di saat seperti inilah kita perlu menengok kembali karya Maulana Jalaludin Rumi untuk mencari inspirasi. Ada sebuah quote yang menarik.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“On a day when the wind is perfect, the sail just needs to open and the world is full of beauty. Today is such a day.” (Rumi)

Di hari ketika anginnya sempurna, layar tinggal dibuka dan dunia ini penuh keindahan.  Hari ini adalah hari yang indah.  Demikian terjemahan quote dari Maulana Jalaludin Rumi, sang sufi dari Konya, Turki.  Seperti biasanya quote dari Rumi selalu indah, penuh makna dan sangat bermanfaat karena bisa mempengaruhi suasana hati kita menjadi cerah.

 

Saya yakin quote tersebut di atas juga mengandung sanépa alias metafora.  Angin melambangkan situasi sosial, ekonomi, politik, dan budaya.  Layar melambangkan upaya kita.  Jadi ketika situasi sosial, ekonomi, politik, budaya sedang ideal maka upaya kita akan membuahkan hasil yang baik.  Bisnis kita akan maju dan juga upaya di bidang lain.  Dalam keadaan seperti itu maka dunia akan nampak sangat indah.  Kita akan bisa menikmati banyak hal. 

 

Di kalimat kedua Rumi menyatakan bahwa hari ini adalah hari yang indah seperti itu.  Jadi saya kira Rumi ingin mengatakan bahwa setiap haripun sejatinya hari yang indah.  Meskipun situasi sedang kurang ideal kita harus tetap menikmati anugerah Tuhan Allah swt.

 

Allah sudah berfirman di dalam Al Qur’an bahwa di balik kesulitan ada kemudahan. Inilah terjemahan Surat Al Insyirah ayat 5 dan 6.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

 

Qurais Shihab mengatakan bahwa  “setiap kesulitan akan disusul/dibarengi dengan dua kemudahan.”

Banyak sekali ulama yang menulis tafsir atas kedua ayat di atas. Kurang lebih intinya sama. 

 

Jadi benar sekali kata mutiara dari Maulana Jalaludin Rumi bahwa hari ini adalah hari yang indah. Jadikan saja kata mutiara Rumi ini sebagai afirmasi. Katakan pada dirimu sendiri bahwa hari ini adalah hari yang indah.

Terus katakan pada dirimu kata mutiara ini setiap hari. nanti kata mutiara ini akan masuk ke pikiran bawah sadarmu. Dan akan menjadi kenyataan.

Maka yakinlah bahwa hari ini adalah hari yang indah.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu