x

Pemain Timnas Garuda Witan Sulaiman dan Pratama Arhan. Antara/Humas PSSI

Iklan

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Kamis, 29 Desember 2022 07:23 WIB

Bentrok versus Thailand, Ini Ujian Sesungguhnya Penyerang Timnas Indonesia

Indonesia akan menghadapi Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022. Sebagai tuan rumah, tentu Indonesia mengincar kemenangan untuk mengamankan tiket ke semifinal Piala AFF. Selain itu, bentrok dengan Thailand adalah laga penuh gengsi yang seharusnya dimenangkan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia akan menghadapi lawan sulit, yaitu Thailand pada partai lanjutan grup A Piala AFF 2022. Pada pertemuan terakhir Indonesia menghadapi Thailand, Indonesia hanya mampu menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 pada ajang Piala AFF 2020 (2021) pada pertandingan final yang akhirnya dimenangi Thailand untuk ke enam kalinya.

Sebagai perbandingan saja, Timnas Thailand adalah negara tersukses diajang Piala AFF dengan menjuarai ajang ini sebanyak enam kali, sedangkan Indonesia merupakan negara "tersukses" dalam hal runner-up sebanyak enam kali.

Memang masih menjadi misteri bagaimana cara Indonesia untuk dapat mematahkan dominasi Thailand, apalagi Indonesia terakhir menang lawan Thailand diajang Piala AFF terjadi pada 2016, ketika masih dibesut (alm) Alfred Riedl dengan skor 2-1. Maka, diera Shin Tae-yong yang notabene pelatih yang berlabel dunia, harapan untuk mengalahkan Thailand kembali muncul agar mampu keluar dari bayang-bayang ketakutan ketika berhadapan dengan Thailand.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ujian sebenarnya, sekarang ini tertuju kepada lini penyerangan Indonesia, dimana Shin Tae-yong membawa empat striker, yaitu: Ilija Spasojevic (Bali United), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), M.Rafli (Arema FC), dan pemain muda berbakat, Ramadhan Sananta (PSM Makassar). Keempatnya bisa dikatakan striker yang cukup punya pengalaman bermain dilevel Asia dan ASEAN, baik level timnas atau klubnya masing-masing.

Apalagi, tiga diantara empat sudah berhasil menunjukkan tajinya dengan menyumbang gol ketika berhadapan dengan Brunei Darussalam, tinggal M.Rafli yang masih harus berjuang lebih keras untuk membuahkan gol. Posisi penyerang ini sebenarnya selalu masih menjadi sorotan baik dari pecinta bola dan Shin Tae-yong sendiri dimana dirasa kurang greget ketika menghadapi suatu situasi yang mestinya mampu membuahkan gol.

Setelah era Kurniawan DY, Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas, serta duo naturalisasi Christian Gonzales serta Beto Goncalves, sebenarnya Shin Tae-yong sudah menemukan satu striker yang cocok kepada karakter bermainnya, yaitu Dimas Drajat.  Namun naas, beberapa hari sebelum pemusatan latihan Dimas Drajat mengalami cedera dan Shin Tae-yong memutuskan memanggil Ilija Spasocevic sebagai pengganti.

Sekarang, harapan kepada empat striker ini untuk lebih efektif dan mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun di lapangan akan diuji ketika menghadapi Thailand nantinya. Karena bagaimanapun, tugas striker dijaman sekarang bukan hanya sebagai pencetak gol namun juga berkontribusi untuk mengalirkan serta menahan bola untuk memberikan kesempatan kepada pemain lain untuk mencetak gol, mampukah mereka menunjukkan kemampuannya? Siapapun nanti yang diturunkan, waktunya kepakkan sayapmu wahai Garuda Indonesia!

Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu