x

Gambar 1

Iklan

Hendra Darmawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Januari 2023

Selasa, 3 Januari 2023 05:49 WIB

Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Rumus, dan Contoh

Menjelaskan tentang pengertian dasar akuntansi beserta rumus dan contohnya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Akuntansi

Akuntansi berasal dari kata accounting yaitu ilmu menghitung dan mencatat kejadian-kejadian yang berkaitan dengan keuangan suatu perusahaan. Akuntansi merupakan cara yang sangat penting untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan agar dana anggaran tidak disalahgunakan nantinya.

Akuntansi sangat penting sehingga digunakan sebagai mata pelajaran di sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan bahkan universitas. Hal ini dikarenakan banyaknya materi  akuntansi yang perlu dipelajari seseorang agar nantinya dapat mempraktekkan ilmunya dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Persamaan dasar akuntansi adalah salah satu materi akuntansi yang penting untuk dipelajari persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar ini dapat memberi Anda gambaran besar tentang aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan untuk tahun fiskal tertentu. Selain itu, persamaan akuntansi dasar  juga digunakan untuk akuntansi perusahaan sederhana.

 

Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi adalah perhitungan yang nantinya memungkinkan Anda untuk mencatat aset, kewajiban, dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Seperti yang kita ketahui, prinsip umum akuntansi yang kita kenal adalah pendapatan dan beban seimbang atau aset / kewajiban dan kewajiban perusahaan seimbang.

Adanya keseimbangan angka antara kedua bagian ini tentunya harus dianalisis lebih detail dengan menggunakan persamaan dasar akuntansi. Selanjutnya persamaan dasar akuntansi  digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangan perusahaan.

 

Manfaat

Berikut berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari tabel persamaan dasar akuntansi :

  1. Dapat Digunakan Sebagai Sumber Catatan
  2. Acuan Dalam Pemeriksaan Saldo
  3. Alat Untuk Mengoreksi Ketepatan Saldo

 

Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi

  1. Akun Aset (Aktiva)

Kita mengenal istilah “aset” sebagai sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk melakukan berbagai aktivitas bisnis dalam suatu periode ekonomi tertentu. Aset adalah istilah untuk sesuatu yang berguna bagi bisnis. Contohnya adalah bangunan, kendaraan, tanah, dll. Aset perusahaan juga termasuk uang tunai dan cek kasir. Rasio aset kemudian meningkat ketika aset perusahaan meningkat dan menurun ketika kebalikannya benar.

Namun menariknya, ternyata aset berupa barang memiliki nilai penyusutan. Misalnya, meja kerja pasti akan naik di beberapa titik. Selain itu, nilai mesin berkurang jika Anda ingin menjualnya. Sehingga aset dapat berkembang dan menyusut sesuai kondisi real-time.

  1. Akun Kewajiban (Liabilitas)

Seperti namanya, akun liabilitas atau liabilitas adalah jenis akun yang berisi kewajiban suatu perusahaan kepada pihak tertentu. Akun ini juga dapat menampung berbagai hutang perusahaan yang timbul dari peristiwa  masa lalu. Contoh kewajiban peningkatan modal yang timbul dari hutang perusahaan.

  1. Akun Modal (Ekuitas)

Akun ekuitas adalah akun modal yang merupakan sisa kepentingan perusahaan setelah dikurangi  kewajiban. Singkatnya, bagian ekuitas diisi dengan  nilai modal yang tersisa setelah dikurangi  kewajiban. Dengan demikian, baik komponen aset maupun liabilitas diberikan nilai yang seimbang.

 

Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

  1. Mempengaruhi bagian aktiva / pasiva
  2. Menambah / mengurangi salah satu sisi
  3. Penambahan pada suatu sisi

 

Rumus

Rumus dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut:

Harta (Aktiva) = Hutang + Modal (Pasiva)

Seperti yang kita ketahui, semakin banyak utang di sisi liabilitas, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan di sisi aset. Jika ada transaksi yang tidak transparan atau tidak dilaporkan juga akan terlihat nanti dalam perhitungan prinsip dasar persamaan akuntansi.

 

Isi Dari Tabel Persamaan Akuntansi

Berikut ini berbagai isi dari tabel persamaan dasar akuntansi yang perlu Anda ketahui :

  1. Kolom Tanggal

Pada bagian Tanggal, isikan tanggal sesuai dengan tanggal transaksi. Kolom tanggal ini cukup kronologis karena nantinya bisa digunakan untuk melihat kapan transaksi dimasukkan ke dalam tabel persamaan buku besar dilakukan. Biasanya, kolom tanggal berisi format "tanggal / bulan / tahun" atau "tanggal - bulan - tahun". Ada juga yang hanya menuliskan tanggal dan bulan acara.

  1. Kolom Aset / Harta

Kolom aset atau kolom aktiva menunjukkan perubahan nilai karena bertambahnya aset perusahaan karena adanya modal atau piutang. Kolom aset meningkat seiring dengan peningkatan nilai dan biasanya menurun karena perusahaan menggunakan dana untuk tujuan lain.

  1. Kolom Liabilitas

Kolom liabilitas atau kolom pasiva harus dilengkapi kemudian sehingga perubahan nilai muncul di sisi pasiva. Kolom ini berubah jika terjadi penambahan atau pengurangan pada sisi liabilitas. Misalnya, menambah biaya dan mengurangi modal, dll.

  1. Kolom Keterangan

Pada kolom keterangan, dituliskan uraian yang menyertakan catatan tambahan tentang transaksi yang mempengaruhi saldo modal, serta penambahan dan pengurangan. Nantinya, kolom informasi ini akan membantu akuntan untuk lebih memahami berbagai transaksi yang dilakukan.

 

Contoh

Pada tanggal 1 Januari 2021, perusahaan A mengumpulkan berbagai bukti transaksi untuk pembuatan laporan keuangan sebagai berikut :

  1. Investasi awal berupa uang modal secara kontan milik perusahaan A sendiri sebesar Rp 10.500.000. Selain itu ada juga investasi lain yang berupa peralatan kantor sebesar Rp 1.000.000.
  2. Pengeluaran pada awal bulan untuk membayar biaya sewa gedung selama 1 bulan, yaitu sebesar Rp 1.100.000.
  3. Membeli perlengkapan dengan cara kredit seharga Rp 900.000 dan peralatan seharga Rp 1.500.000.
  4. Mendapatkan pendapatan jasa sebesar Rp 2.100.000.
  5. Membayar tagihan listrik untuk 1 bulan kedepan sebesar Rp 250.000.
  6. Pemilik perusahaan A mengeluarkan dana Rp 200.000 untuk pengeluaran pribadi.
  7. Mendapatkan pendapatan sebesar Rp 1.250.000.
  8. Adanya pembayaran air sebesar Rp 70.000.
  9. Pembayaran gaji karyawan sebesar Rp 2.500.000.
  10. Mendapatkan penghasilan Rp 3.000.000.
  11. Membayar rekening telepon sebesar Rp 100.000.
  12. Mendapatkan penghasilan sebesar Rp 2.750.000.
  13. Pengeluaran pribadi perusahaan A sebesar Rp 150.000.

Dari adanya data seperti di atas, nantinya bisa dirumuskan tabel persamaan dasar akuntansi yang nantinya bisa menghasilkan hasil seimbang. Berikut ini tabel persamaan dasar akuntansi yang bisa Anda susun :

Sumber : Gramedia Blog

 

 

 

 

Hendra Dharmawan/2022021153/UPJ/MNJ

Ikuti tulisan menarik Hendra Darmawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu