x

Iklan

usui oreki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Januari 2023

Selasa, 3 Januari 2023 05:47 WIB

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dampak positif media sosial bagi masyarakat tentunya sangat bermanfaat karena media sosial adalah media yang memuat banyak informasi dari dalam negeri maupun luar negeri. Media sosial ini dapat di gunakan sebagai sarana mengungkapkan isi pikiran sesorang kepada khalayak ramai dan dapat berkomunikasi dengan semua orang.

Media sosial banyak jenisnya dan bermacam dan bermacam macam fungsinya yaitu ada instagram, facebook, whatsshapp, tiktok, twitter dan masih banyak media sosial lainya.

Media sosial yang paling di gemari para remaja bahkan sampai yang tua yaitu tiktok karena di dalam tiktok sangat luas bisa mengekspresikan diri seseorang lewat vidio dan memuat banyak informasi, hiburan,. Dan sampai saat ini tiktok adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan remaja dan menurut riset bukan hanya remaja yang menyukasi aplikasi tiktok ini bahkan sampai yang tua dan anak anak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari banyak manfaat yang di dapat dari media sosial ada juga dampak negatif dari media sosial. Karena sekarang perkembangan zaman dan teknologi kini sudah banyak berubah dan berkembang banyak yang menyalahgunakan media sosial menjadi tempat prostitusi, menyebarkan berita yang belum jelas kenyataannya yang sering kita sebut dengan hoax, menipu orang orang dan masih banyak dampak negatif dari media sosial ini.

Media sosial dapat digunakan oleh siapapun dan kapanpun mereka butuhkan, yang mana bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk mendapatkan suatu informasi yang mereka butuhkan. Dengan adanya media soisal ini pengguna bisa mencari atau mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan cara mengetik kata kuncinya di kolom yang sudah di sediakan oleh penciptanya. Hal ini terjadi karena di sebabkan oleh semakin pesatnya perkembangan zaman.

Adanya media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan. Hubungan sosial dan segala bentuk perubahan-perubahan dalam suatu masyarakat,yang mempengaruhi sistem  sosialnya, termasuk di dalamnya mengandung nilai-nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial yang berdampak positif seperti kemudahan memperoleh dan menyampaikan informasi, memperoleh keuntungan secara sosial dan ekonomi. Sedangkan perubahan sosial yang cenderung negatif seperti munculnya kelompok–kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma–norma yang ada.

Media sosial dapat digunakan oleh siapapun dan kapanpun mereka butuhkan, media sosial mempunyai banyak kegunaan seperti dapat mempermudah pengguna mendapatkan suatu informasi yang mereka butuhkan. Dengan adanya media sosial pengguna dapat dengan mudah menacri atau mengakses suatu informasi yang dibutuhkan hanya dengan cara mengetik kata kunci yang akan dicar tahu pada suatu aplikasi seperti pada google. Hal ini merupakan salah satu hal yang di sebabkan oleh perekembangan zaman.

Perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri.

Dampak dari perkembangan zaman itu sendiri memudahkan kita untuk mengakses semua informasi dan berkounikasi tanpa harus menggunakan berbagai alat. Karena sekarang semua informasi bisa kita dapatkan hanya dengan melalui internet dan alat nya nyaitu smartphone atau PC. Zaman dulu sebelum berkembangnya internet dan alat komunikasi lainya informasi hanya bisa di akses melalui koran dan surat kabar, untuk berkomunikasi juga belum ada yang Namanya smartphone dan PC. Tapi seiring perkembangan zaman kini semuanya bis akita akses dengan sangat mudah dan cepat. Tetapi di balik perkembangan zaman kini surat kabar dan media cetak sudah mulai punah dan sudah jarang kita temui di lingkungan kita hingga kantor pos terancam tutup dan sekarang beralih fungsi menjadi alat transfer barang dan uang saja.

Selain itu media sosial juga dapat membantu dalam bidang pendidikan dan memudahkan pendidik dan pelajar dalam mengakses suatu sumber pembelajaran.Salah satu contoh pemanfaatan media sosial bagi pendidik yaitu pendidik dapat dengan mudah mengirimkan file materi pembelajaran atau tugas kepada peserta didik dengan menyeluruh dan dengan waktu yang singkat dan peserta didik dapat menerima file tersebut denga mudah. Selain pendidik pelajarpun dapat memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran apalagi pada era globalisasi seperti saat ini pelajar dapat membutuhkan media sosial untuk mencari tahu informasi yang dapat menunjang proses pembelajaran kemudian dengan adanya media sosial dapat mempermudah pelajar untuk melakukan kerja kelompok. Selain itu media sosial juga dapat membantu pelajar untuk mengerjakan tugas dengan mudah. Adapun media massa yang sering digunakan oleh pelajar antara lain yaitu seperti youtube, google, wikipedia, ruang guru, zenius dan lain sebagainya.

Selain pada bidang pendidikan, media sosial juga sering di gunakan dalam bidang bisnis yang dapat membantu para pebisnis, dengan berkembangnya zaman dan teknologi kini proses jual beli dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial untuk berjualan dan banyak aplikasi - aplikasi yang sering dipakai untuk melakukan proses perdagangan secara online seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak dan masih banyak lagi. Dalam penjualan tersebut tidak hanya menjual barang tetapi juga menyediakan jasa yang akan ditawarkan seperti pada aplikasi grab, gofood, gojek dan semacamnya mereka menyediakan jasa pesan antar juga jasa ojek online. Tetapi menggunakan media sosial di bidang bisnis ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga akan membawa dampak negatif seperti banyaknya penipuan yang terjadi, adanya pencurian informasi pribadi. Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana promosi dan iklan untuk suatu produk.

Media sosial sekarang bisa mejadi alat promosi bisnis dan bisa juga di jadikan bisnis karena efektif dan dapat di akses oleh siapa saja, sehungga jaringan promosi bisa lebih luas. Media social menjadi bagian yang sangat di perlukan oleh pemasaran bagi para perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjanggkau pelanggan dan klien, Media social seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Tiktok. Oleh karena itu bnayak perusahaan yang memanfaatkan media social sebagai alat promosi bagi perusahaan mereka untuk bersaing dengan perusahaan lainya. Karena efektif dan proses yang di perlukan tidaklah lama dan mencakup banyak orang dan lebih efisien.

Dari sekian banyak dampak positif yang di berikan media sosial terdapat dampak negatife yang cukup besar dari hadirnya media sosial, berikut adalah beberapa dampak negatife dari penggunaan media sosial dari remaja bahkan sampai orang tua diantaranya :

  1. Kegelisahan

Sebagian besar remaja mengalami tekanan untuk menulis sesuatu yang sempurna, mengunggah gambar terbaik, dan langsung membalas ketika ada pesan di media sosial. Selain itu, tak sedikit remaja yang mendapatkan komentar negatif tentang dirinya di media sosial. Hal ini membuat mereka mengalami kecemasan dan kegelisahan.

  1. Kurang tidur

Menurut suatu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Youth, penggunaan media sosial dapat memengaruhi pola tidur remaja. Remaja memiliki dorongan untuk bangun di tengah malam guna mengetahui hal-hal yang diunggah oleh teman-temannya. Perilaku inilah yang membuat remaja kurang tidur dan pada akhirnya dapat memengaruhi perubahan suasana hati. Terlebih remaja memiliki emosi yang masih labil. Selain itu, ada masalah kesehatan lain yang mengintai seperti depresi dan obesitas.

  1. Perundungan siber

Mayoritas remaja pernah menjadi korban cyberbullying atau perundungan siber. Pelaku perundungan biasanya memanfaatkan teknologi, dalam hal ini media sosial, untuk melecehkan, menghina, dan hal negatif lainnya kepada korban. Remaja yang menjadi korban cyberbullying cenderung mengalami depresi, kecemasan, dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri.

  1. Iri hati

Di media sosial banyak orang yang menampilkan sisi terbaik dari dirinya. Sangat sedikit yang mau menunjukkan kesusahan atau hal lain yang membuatnya direndahkan. Ketika seseorang menampilkan dirinya dengan sangat baik di internet, hal itu memberikan kesan seolah hidupnya lebih menarik dibanding orang lain. Tak jarang juga hal itu mengundang rasa iri hati dari pengguna media sosial lain. Sejumlah orang dewasa bisa mengalaminya, tapi lebih rentan terjadi pada remaja.

  1. Kurang komunikasi

Meskipun media sosial adalah tempat untuk berinteraksi dengan orang lain, tapi tentu rasanya berbeda dengan berkomunikasi langsung. Sayangnya para remaja begitu sibuk melihat ponsel mereka sepanjang waktu. Akibatnya mereka lupa ada kehidupan sosial di luar ponsel. Hal ini membuat mereka cakap berinteraksi di media sosial, namun kurang komunikasi dengan orang lain di kehidupan nyata. Bahkan tak jarang remaja menjadi 'jauh'dengan orang-orang di sekitarnya seperti keluarga dan teman. Bila dibiarkan, hal ini dapat merusak hubungan.

Dampak negatife yang di timbulkan dari adanya media sosial sangat berpengaruh terhadap ruang lingkup para remaja, Hal – hal di atas merupakan dampak yang terjadi pada kalangan yang muda hingga yag tua. Terlihat sepele tapi mempunyai pengaruh yang begitu besar bagi para penggunanya. Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan media sosial dan selalu menyaring semua informasi yang di dapat dari media sosial karena belum tentu informasi yang kita dapat itu benar adanya.

Ikuti tulisan menarik usui oreki lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

5 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB