x

Iklan

Rahma Zahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Januari 2023

Selasa, 3 Januari 2023 05:46 WIB

Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan

teknologi yang yang telah berkembang pesat seiring berkembangnya Zaman, teknologi juga membantu banyak manusia untuk menjalankan kativitas kesehariannya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan teknologi di zaman sekarang sangat berpenguruh bagi kehidupan manusia. Teknologi bisa diartikan juga sebagai sarana atau sistem, yang bisa membuat manusia merasa nyaman dan mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan bantuan teknologi tersebut.

Kemajuan teknologi semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu seiring dengan berkembangnya pengetahuan manusia yang selalu ingin tahu semua hal. Dan karena adanya bencana alam ataupun hal-hal yang tak terduga manusia selalu ingin melakukan pencegahan atau pun hal lainnya. Seperti di Negara Jepang karena seringnya terjadi gempa bumi pemerintah disana melakukan pembaharuan terhadap bangunan yang disana, dimana gedung-gedung disana kuat akan guncangan gempa yang terjadi, dan itu yang menyebabkan pengetahuan manusia semakin maju dikarenakan keingintahuan tersebut.

Pengaruh teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari hari seperti dalam membantu aktifitas sehari hari misalnya dalam memberikan informasi seperti menonton televisi kita dapat mengetahui berita berita terkini bukan hanya berita kita juga dapat mendapatkan hiburan dari televisi dan sekarang penggunaan teknologi sangat berkembang pesat hampir di seluruh dunia telah banyak menggunakan teknologi dan kita juga dapat berinteraksi dengan orang dari luar negri karena adanya teknologi seperti telepon kita dapat menghubungi saudara kita yang bertempat tinggal sangat jauh dari kita dan banyak sekali yang bisa dilakukan dengan kemajuan teknologi dapat menghemat waktu atau pun dapat bertukar informasi antar luar kota.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Teknologi juga dapat berperan untuk memepermudah menjalankan aktivitas karena dengan mudahnya mengakses teknologi maka aktivitas pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi tersebut pun terasa ringan dan mudah dijalankan. Banyak sekali hal yang bisa didapatkan karena kemajuan teknologi itu sendiri, contohnya:

  1. Mempermudahnya mendapatkan informasi atau berita dari televisi maupun internet, dengan berkembangnya teknologi tersebut kita dapat mengetahui berita dari luar kota maupun provinsi, bahkan luar Negara.
  2. Memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan teman ataupun saudara kita yang berada di luar kota ataupun yang berada jauh dari kita, hanya dengan menggunakan telephone kita dapat menghubungi saudara maupun teman yang jaraknya berada jauh dari kita.
  3. Memudahkan kita untuk berpergian dekat maupun jauh, karena dengan adanya teknologi kita dapat berpergian jauh bisa menggunakan kendaan darat seperti angkot, bis, dan kereta, tak hanya kendaraan daran adapula kendaraan laut maupun udara, dan itu dapat memudahkan kita untuk berpergian jarak jauh dan lebih menghemat waktu kita.
  4. Bisa dengan mudah untuk kita membayar sesuatu hanya dengan menggunakan handphone atau Dan membayar dengan itu kita tidak usah mengeluarkan uang tunai, dan itu sangat memudahkan kita karena tidak perlu susah-susah membawa dompet.

Teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan tetapi ada juga dampak dari teknologi itu sendiri entah itu dampak positif atau pun dampak negatif, seperti yang kita ketahui di zaman sekarang teknologi mempunyai manfaat yang cukup baik untuk kehidupan sekarang seperti mempermudah kita dalam  melakukan aktifitas sehari hari karena sudah majunya teknologi pada zaman sekarang sangat mudah untuk kita melakulan aktifitas, tetapi ada juga dampak negatif dari pengaruh teknologi tersebut seperti kebanyakan orang selalu bergantung kepada ponsel atau pun teknologi lainnya dan itu dapat menyebabkan pancaran radiasi terhadap tubuh kita seperti kebanayakan para remaja bukan para remaja saja tetapi anak-anak sekarang sudah banyak yang menggunakan kaca mata untuk membantu penglihatan direnakan pancaran radiasi dari ponsel tersebut.

Dari situ kita mengetahui dampak atau pengaruh penggunaan teknologi sangat berpengaruh dalam menjalankan aktifitas tapi kita juga harus mengetahui dampak yang akan terjadi pada diri kita diakarenakan kelebihan menggunakan teknologi.

Selain trasportasi teknologi di bidang medis sudah meningkat dibandingkan dahulu pada zaman dahulu sangat sulit untuk mendapatkan perawatan medis atau kesehatan tapi sekarang karena sudah meningkatnya teknologi medis menjadikan banyak obat obatan yang sudah ditemukan dan mengetahui cara pengobatan ataupun untuk menjadi lebih sehat. Teknologi medis yang membantu para dokter ataupun ahli kesehatan untuk mendiagnosa penyakit. Sekarang di rumah sakit pasti sudah menyiapkan teknologi seperti x-ray dan itu sangat membantu untuk mengetahui luka yang dialami dalam tubuh seperti patah tulang dan lain lain. Dan dengan terjadinya kemajuan teknologi dalam bidang Kesehatan dapat meningkatkan taraf hidup lebih tinggi. Karena dengan Kesehatan yang sudah semakin maju dan berkembang banyak orang yang terselamatkan dikarenkan kemajuan teknologi tersebut.

 Tetapi dengan kemajuan teknologi bisa saja peran manusia dapat tergantikan oleh alat atau pun mesin tersebut dan berdampak meningkatnya pengangguran atau pun banyak yang kehilangan pekerjaan karena sudah tergantikan oleh teknologi tersebut. Dan juga ada Sebagian orang yang masih belum menerima dengan adanya kemajuan teknologi, dan menganggap kemajuan teknologi itu sebagai suatu hal yang sangat asing, dan kebanyakan yang tidak bisa menerima kemajuan teknologi tersebut adalah orang tua, karena pada masa mereka tidak ada hal tersebut. Tak sedikit juga orang Indonesia yang tidak bisa menerima adanya kemajuan teknologi tersebut, dikarenakan budaya atau pun yang masih percaya akan para leluhur mereka bahkan ada suku diIndonesia yang belum tercampur dengan teknologi sama sekali, tapi kita tidak bisa memaksa mereka untuk mengikuti perkembangan zaman sekarang.

Para remaja biasanya dengan sangat mudah dapat menerima perkembangan dari zaman ke zaman, karena biasanya para remaja suka melakukan hal-hal yang baru dan menyenangkan. Tapi karena dengan kemajuan tersebut justru malah membuat para remaja terlalu nyaman dengan teknologi tersebut. Ada pun orang yang bisa memanfaatkan teknologi dengan baik maupun buruk, seperti halnya pada zaman sekarang kebanyakan ada yang memanfaatkan teknologi sebagai sarana berbagai ilmu ataupun sekedar hiburan, bahkan bisa saja menghasilkan uang, dan bisa mempermudah pekerjaan dengan kemajuan teknologi tersebut. Sedangkan orsng yang tidak dapat menggunakna teknologi dengan baik dan malah menggunakan sebagai Tindakan kejahatan seperti menipu orang untuk kebaikan dirinya sendiri bahkan ada yang menggunakannya sebagai aksi pembunuhan dengan teknologi tersebut.

Teknologi tak bisa terlepas dari kehidupan kita, yang selalu menggunakan teknologi untuk kesehariannya seperti menggunakan ponsel atau laptop untuk membuat pekerjaan, berpergian dengan kendaraan umum ataupun pribadi, jauh muapun dekat. Semua hal itu tidak bisa terlepar dari penggunaan teknologi.

Zaman sebelum adanya teknologi itu sangatlah susah sekali banyak rumah-rumah yang masih gelap dikarenakan tidak adanya lampu-lampu yang menyala pada malam hari, ataupun susahnya menghubungi keluarga yang jauh dari kita, banyaknya penyakit yang tak terobati karena tidak adanya dokter ataupun jarak yang sangat jauh dan susah kendaraan untuk pergi kedokter. Tapi sekarang dengan majunya teknologi seperti adanya lampu di setiap rumah ataupun setiap jalan sudah banyak sekali lampu-lampu dengan berbagai jenis lampu yang berbeda-beda.

Tetapi dengan teknologi yang sudah berkembang pesat dan manusia yang tak bisa terlepas dari teknologi, seperti anak remaja yang selalu menggunakan handphone yang kadang membuat mereka asik didalam duniannya sendiri atau dunia maya yang sampai dapat membuat mereka lupa terhadap dunia reality. Dan itu yang dapat membuat anak-anak menjadi kurang bersosial. Maka untuk para orang tua harus mengawasi anak-anak mereka untuk mngawasi anak-anaknya Ketika menggunakan teknologi seperti handphone.

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Rahma Zahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB