x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 3 Januari 2023 20:11 WIB

Sudah 21 Tahun Usiamu Nak, Nasihat Ayah untuk Anak Laki-lakinya

Sudah 21 tahun usiamu Nak, Farid Nabil Eksyarif. Saatnya lebih bijak dan objektif dalam hidup. Untuk masa depan yang lebih baik. Kuasai ilmu dan jadilah soleh

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alhamdulillah Nak, sudah 21 tahun usiamu di 3 Januari 2023 ini. Sujudlah sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Farid Nabil Elsyarif, anak ke-2 Abi yang kini kuliah semester 7 di Prodi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya Malang. Kemarin, Farid sudah tuntaskan seminar proposal. Maka di tahun 2023 ini pula, target menuntaskan kuliah dan meraih sarjana S-1 tercapai. Selamat datang Nak, di era kedewasaan untuk lebih siap mengambil keputusan dengan segala konsekuensinya ke depan.

 

Sudah 21 tahun usiamu, sang maestro Farid. Berbagai perubahan pasti menghampirimu Nak. Entah perubahan di lingkungan, pergaulan, bahkan cara berpikir dan perilaku. Untuk bertindak lebih dewasa, lebih mandiri dalam hidup. Untuk menerima realitas dalam kehidupan. Berdamai dengan perubahan yang terjadi, menerima fakta yang ada untuk mengambil sikap. Agar lebih baik ke depannya untuk diri sendiri, keluarga, dunia kerja, dan masa depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sadar atau tidak sadar Nak, di usia 21 tahun. Cara pandangmu pasti berubah. Untuk tidak lagi bersembunyi di balik pundak orang tuamu. Keputusan esok ada di tanganmu, maka berhati-hatilah dalam mengambil keputusan dan jalani bila sudah memilihnya. Di saat yang sama, kamu akan mengalami perubahan prioritas, Dari prioritas terhadap diri sendiri bergeser menjadi prioritas kepada masa depan. Apalagi saat bekerja nanti, kamu akan segera tahu bagaimana susahnya mencari uang sendiri. Karena itu, kamu harus bijak dalam membelanjakannya. Atas dasar keinginan atau kebutuhan?

 

Di usia 21 tahun pun, perubahan makin sulit dihindari. Hanya bisa dihadapi dengan berpikir yang baik dan bertindak yang benar. Pertemanan akan berubah, gaya hidup berubah. Bahkan godaan pun berubah, Sekali lagi, berhati-hatilah. Maka mendekatlah dan meminta petunjuk kepada Allah SWT. Jangan pernah membenci kekalahan, apalagi kesalahan. Karena di balik semua itu ada hikmah, untuk selalu memperbaiki diri dan ikhtiar menjadi lebih baik.

 

Maka bersahabatlah dengan realitas, tetaplah bertindak secara objektif. Katakan yang benar out benar dan yang salah itu salah. Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Pasti ada kesalahan dan kekurangan pada setia orang. Tapi jangan mencari-cari kesalahan orang apalagi menebar aibnya ke orang lain. Fokuslah pada tujuan hidup kamu. Jangan pernah bertindak untuk menyenangkan semua orang. Karena tugas orang lain adalah meremehkan kita dan sama sekali kita tidak bisa mengontrol orang lain. Kamu hanya bisa mengontrol diri kamu sendiri.

 

Ketahuilah Nak, hidup manusia itu adalah misteri. Banyak orang yang dulu dipinggirkan dan disepelekan berubah menjadi pribadi yang jauh lebih tangguh, lebih sejahtera dan lebih diterima di masyarakat. Sebaliknya tidak sedikit orang yang kerjanya bergibah dan menebar aib pada akhirnya semua akan terkuak pula. Artinya, tidak ada orang yang hidup tanpa masalah. Maka bersikaplah yang objektif. Sambil utamakan sikap syukur, sabar, dan sholat dalam segala keadaan.

 

Abi hanya berpesan di usaimu ke-21. Teruslah belajar sebnayak yang kamu bisa dan mampu. Kuasai ilmu kamu sepenuh hati karena ilmu yang akan menjadi “senjata” kehidupan untuk hidup layak dan menebar manfaat kepada banyak orang. Tentu, didukung adab dan akhlak yang baik ya Nak. Temuilah orang-orang baru dan bangunlah “networking” untuk kebaikan dan keberkahan hidup kamu ke depan. Jauhkan diri dari rasa malas dan bertemu orang baru untuk mengejar mimpi dan sukses dalam hidup.

 

Sudah 21 tahun usiamu, Farid Nabil Elsyarif. Semakin dewasa, akan semakin berat masalah yang ditemui. Tapi yakinlah, kamu pasti bisa mendapatkan yang terbaik dan berusaha untuk jadi lebih baik lagi. Karena di usia ini, kamu bisa mengukir kebanggaan bukan penyesalan. Karena “manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan diberikan balasan sesuai dengan yang diperbuatnya. Insya Allah, Abi akan selalu mendukung dan tetap berada di sampingmu. Proud of you, sang maestro. Selamat ulang tahun ke-21 ya Nak, semoga sehat selalu dan tetap soleh ya, amiin.

 

Sampai jumpa di Labuan Bajo NTT, 5 Januari Nanti ya. Peluk cium dari Abi, salam.

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler