x

Iklan

Putri Azzahra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Rabu, 4 Januari 2023 09:10 WIB

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Peran, dan Perbedaan dengan Akuntansi Keuangan

Akuntansi manajemen? akuntansi atau manajemen? Didalam pembahasan kali ini, akuntansi manajemen akan berbeda dengan akuntansi pada umumnya. Didalam akuntansi manajemen ini bermanfaat untuk memberikan dasar pembuatan keputusan dan strategi bisnis selanjutnya dalam suatu perusahaan. Jadi, akuntansi manajemen akan berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen yang bertujuan untuk mencapai strategi yang dimilki dalam suatu perusahaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berikut ini pembahasan mengenai pengertian, peranan, dan perbedaan akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen adalah sebuah sistem akuntansi yang memiliki kaitan dengan penggunaaan informasi akuntansi oleh tingkat manajerial suatu organisasi. Akuntansi manajemen mencakup hal yang lebih luas dari laporan keuangan, seperti informasi biaya, informasi pelanggan, dan informasi anggaran. Peran akuntansi manajemen tidak beda jauh dengan fungsi manajemen meliputi planning atau perencanaan, controlling atau pengawasan, dan decision making atau membuat keputusan. Akuntansi manajemen memberikan informasi kepada manajer level atas maupun bawah sehingga dapat efektif dan efisien dalam mengelola atau menjalankan suatu organisasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peran akuntansi manajemen akan berkaitan dengan sistem akuntansi manajemen yang meliputi input, proses, dan output. Input yaitu peristiwa ekonomi atau transaksi ekonomi berupa keuangan maupun non keuangan. Proses dalam sistem informasi akuntansi manajemen berupa pengumpulan, pengukuran, akumulasi, analisis, pelaporan, dan pengelolaan. Sedangkan output berupa laporan khusus, biaya produk, biaya pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan personal. Pada tahap outputlah yang akan berguna untuk pengguna, lalu pengguna akan memberi feedback kepada perusahaan yang nantinya akan masuk kedalam input. Feedback dari pengguna akan berguna pada tahapan controlling. Jadi, akuntansi manajemen memiliki sistem yang produk akhirnya berupa informasi.

Peran Akuntansi Manajemen Dalam Bisnis

Didalam bisnis terdapat peran dan fungsi akuntansi manajemen dalam menjalankan suatu bisnis. Berikut penjelasannya.

  1. Akuntansi Manajemen Sebagai Mediator Konflik

Yang dimaksud dengan mediator konflik adalah akuntansi manajemen berfungsi untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan agar sumber-sumber ekonomi yang dikuasai atau kekayaan perusahaan dapat dialokasikan secara efektif dan efisien.

  1. Akuntansi Manajemen Sebagai Penyedia Informasi

Peran akuntansi manajemen adalah memberikan berbagai informasi mengenai keuangan dan non keuangan suatu perusahaan. Berbagai data keuangan dan non keuangan dicatat dalam sistem akuntansi manajemen. Dalam hal ini akuntansi manajemen dapat memprediksi arus kas dan dampak arus kas pada bisnis.

  1. Akuntansi Manajemen Sebagai Realisasi Kinerja

Akuntansi manajemen membantu untuk mengetahui realisasi kinerja dengan menggunakan teknik analisis terhadap suatu rencana yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Apakah hal tersebut sudah dilaksanakan atau masih dalam perencanaan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan memiliki perbedaan yang signifikan. Mulai dari ruang lingkup, jenis, bahkan sampai waktu yang ditentukan dalam perhitungannya pun berbeda, walaupun ada beberapa kesamaannya dibidang keuangan. Berikut ini perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan dilihat dari beberapa pandangan.

  1. Dilihat dari Segi Pengguna

Perbedaan pertama dapat dilihat dari segi pengguna. Akuntansi manajemen digunakan oleh pengguna internal perusahaan seperti manajer, direktur, karyawan, dll. Karena digunakan didalam internal perusahaan akuntansi manajemen memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan disuatu perusahaan. Sedangkan, akuntansi keuangan digunakan oleh pengguna eksternal perusahaan seperti pemegang saham, pembeli atau konsumen, pemerintah, dll. Sehingga, tidak dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan disuatu perusahaan.

  1. Dilihat dari Standar Laporan

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari standar pembuatan laporan. Akuntansi manajemen tidak memiliki standar dalam pembuatan laporan. Sehingga, laporan dalam akuntansi manajemen lebih fleksibel. Sedangkan, didalam pembuatan laporan akuntansi keuangan diperlukan adanya standar pelaporan. Laporan harus mengikuti Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

  1. Dilihat dari Sifat Informasi

Informasi akuntansi manajemen bersifat keuangan dan non keuangan. Akuntansi manajemen berisi laporan bagian produksi, bagian pemasaran, dan lainnya disuatu perusahaan. Sedangkan, akuntansi keuangan hanya bersifat keuangan yang meliputi laporan laba rugi, neraca keuangan, dan lain sebagainya.

  1. Dilihat dari Segi Orientasi Waktu

Perbedaan kedua akuntansi itu dapat dilihat dari segi waktu orientasinya. Akuntansi manajemen memiliki rentan waktu yang cukup fleksibel. Akuntansi manajemen dibutuhkan untuk waktu masa depan. Maksudnya, akuntansi manajemen digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja yang sudah dilakukan sebelumnya. Sedangkan akuntansi keuangan digunakan untuk masa lampau.

  1. Dilihat dari Tujuannya

Tujuan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan juga terdapat perbedaannya. Akuntansi manajemen bertujuan untuk membuat laporan yang lebih rinci dan spesifik dengan melakukan identifikasi masalah dan mencari jalan keluar masalah tersebut. Sedangkan, akuntansi keuangan bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja pekerjaan demi mencapai keuntungan yang maksimal didalam sebuah perusahaan.

 

Sumber: Putri F Azzahra, Mahasiswa Blended Manajemen, Universitas Pembangunan jaya

 

Ikuti tulisan menarik Putri Azzahra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler