x

Iklan

Eysa sapitri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Januari 2023

Rabu, 4 Januari 2023 20:18 WIB

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Media sosial sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari evolusi internet. Kehadirannya beberapa dekade lalu memungkinkan perkembangan dan pertumbuhan media sosial seluas dan secepat saat ini. Hal ini memungkinkan setiap pengguna yang terhubung ke Internet untuk menyebarkan informasi atau konten di mana saja dan kapan saja.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Media sosial adalah sebuah media online yang bisa berpengaruh pada kehidupan masyarakat pada zaman sekarang. Seperti yang kita tahu, banyak remaja yang menggunakan media sosial seperti Tiktok, Instagram, WhatsApp, dan masih banyak lagi. Dari media sosial juga ada dampak positifnya dan juga dampak negatifnya. Contohnya pengguna Tiktok sekarang bukan hanya remaja saja tapi anak-anak pun banyak yang menggunakannya sehingga sangat berpengaruh terhadap anak-anak tersebut. Adapun dampak positif dan dampak negatif dari Media sosial yaitu:

Dampak Positif:

1.Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di media sosial kita dengan mudahnya berinteraksi dengan banyak orang, karena di media sosial kita bisa berekspresi sesuai dengan diri kita.

2.Memperluas pengetahuan kita

Media sosial sangat luas sehingga bisa membantu kita untuk mengetahui informasi yang belum kita tahu melalui media sosial yang bisa diposting orang lain.

3.Memperluas pergaulan 

Media sosial juga bisa membantu kita untuk bergaul atau bisa dibilang juga agar kita tidak ketinggalan zaman.

4.Lebih mudah mengekspresikan diri melalui media sosial

5.Mengasah keterampilan

Dalam media sosial juga kita bisa terus mengasah keterampilan kita dan bisa belajar dari keterampilan orang lain yang kita lihat di media sosial.

6.Mudah mengakses informasi

7.Mempromosikan bisnis

Dalam berbisnis juga media sosial bisa membantu kita dalam mempromosikan barang yang kita jual kepada pembeli, sehingga yang belanja tidak hanya orang-orang sekitar tapi orang-orang luarpun bisa.

8.Mudah untuk berbelanja online

Media sosial juga semakin canggih sehingga memudahkan kita untuk berbelanja secara online.

Dampak Negatif: 

1.Kecanduan terhadap internet

Dampak negatif yang bisa kita rasakan ketika kita sudah kecanduan terhadap internet itu sangat tidak bagus.

2.Mengganggu Kesehatan mental

Ketika kita sudah kecanduan terhadap internet bisa menyebabkan Kesehatan mental kita terganggu, bahkan bukan hanya itu saja tapi Kesehatan tubuh kita juga akan terganggu. Contohnya, saat kita sedang asik menggunakan internet kita pun lupa untuk makan, bahkan sampai tidak mengerjakan kegiatan lainnya.

3.Menimbulkan kecemburuan sosial

Karena media sosial sangat luas dan banyak penggunanya jadi sangat tidak heran jika bisa menimbulkan kecemburuan sosial, jadi kita harus bisa membatasi diri agar tidak menimbulkan kecemburuan dalam bersosial media.

4.Penyebaran informasi palsu

Karena sosial pada zaman sekarang semakin pesat, banyak juga oknum-oknum yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi palsu. Maka dari itu kita harus lebih waspada ketika kita mendapatkan informasi di media sosial dan sebaiknya kita mencari tau informasi lain agar kita bisa tahu apakah informasi itu benar atau tidak.

5.Menyebabkan banyaknya kejahatan

Selain penyebaran informasi baru, media sosial juga bisa dijadikan tempat kejahatan bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. 

Adapun yang dimaksud dengan media sosial yaitu Media sosial dapat dipahami sebagai platform digital yang menawarkan setiap penggunanya kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di media sosial antara lain berkomunikasi atau berinteraksi untuk memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video. Berbagai informasi konten yang dibagikan dapat diakses oleh semua pengguna selama 24 jam sehari.

Media sosial sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari evolusi internet. Kehadirannya beberapa dekade lalu memungkinkan perkembangan dan pertumbuhan media sosial seluas dan secepat saat ini. Hal ini memungkinkan setiap pengguna yang terhubung ke Internet untuk menyebarkan informasi atau konten di mana saja dan kapan saja.

Adapun pengertian media sosial menurut para ahli yaitu:

1.B.K. Lewis dalam karyanya yang berjudul Social Media and Strategic Communication Attitudes and Perceptions among College Students yang terbit pada tahun 2010 menyatakan, bahwa media sosial merupakan suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang berpotensi membuat semua orang untuk saling terhubung dan melakukan interaksi, produksi dan berbagi pesan.

2.Pada tahun 2010, Chris Brogan dalam bukunya yang berjudul Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business, menyebutkan bahwa media sosial adalah suatu perangkat alat komunikasi yang memuat berbagai kemungkinan untuk terciptanya bentuk interaksi gaya baru.

3.Dave Kerpen dalam bukunya yang bertajuk Likeable Social Media yang terbit pada tahun 2011 mengemukakan bahwa media sosial memiliki definisi sebagai suatu tempat kumpulan gambar, video, tulisan hingga hubungan interaksi dalam jaringan, baik itu antar individu maupun antar kelompok seperti organisasi.

Dilihat dari dampak positif dan juga dampak negatifnya kita sebagai remaja ataupun orang tua dan anak-anak harus bisa membatasi penggunaan media sosial, terlebih lagi pengawasan orang tua kepada anak-anaknya yang masih dibawah umur. Karena media sosial bisa mengganggu perkembangan anak jika tidak ada batasan. Di media sosial juga harus berhati-hati karena banyaknya penjahat yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. 

Kita juga harus pintar menggunakan media sosial dengan melakukan hal positif seperti digunakan untuk mempromosikan bisnis agar bisa menarik pembeli dari luar kota maupun dalam kota. Media sosial juga sangat penting di zaman sekarang karena teknologi saat ini sangat meningkat, jadi kita juga harus bisa menggunakan media sosial dengan baik. Banyak sekali manfaat media sosial pada zaman sekarang contohnya seperti disebutkan di atas. 

Tetapi dikalangan remaja ataupun anak-anak aplikasi Tiktok sangat popular karena banyak penggunanya sehingga aplikasi Tiktok pun menjadi popular. Tiktok pun banyak sekali fiturnya yang bisa digunakan dan juga banyak manfaatnya, selain untuk mencari hiburan di Tiktok pun bisa berbelanja seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan masih banyak lagi.

Media sosial menawarkan banyak kemudahan yang sudah lama membuat remaja betah berlama-lama di dunia maya. Pengguna media sosial dapat berkomentar dan menyalurkan pendapatnya dengan percaya diri. Karena di internet, terutama di jejaring sosial, sangat mudah untuk memalsukan identitas atau melakukan kejahatan.

Media sosial tidak memiliki batasan ruang dan waktu, mereka dapat berkomunikasi di mana saja dan kapan saja. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan seseorang.

Ikuti tulisan menarik Eysa sapitri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler