x

ilustr: berdiklat

Iklan

Agung Try Laksono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Januari 2023

Sabtu, 7 Januari 2023 11:48 WIB

Profesi Pekerjaan di Jurusan Ilmu Komunikasi

setelah membaca artikel ini, kalian tidak akan bingung lagi untuk memilih jurusan ilmu komunikasi, karena memang lulusan program studi ilmu komunikasi sangat banyak sekali peluang kerjanya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi favorit hingga sekarang, banyak yang bilang masuk ilmu komunikasi karena tidak ada mata kuliah Matematika, dan memang benar saja di program studi ilmu komunikasi tidak ada mata kuliah tersebut. Dan juga kenapa ilmu komunikasi menjadi salah satu pogram studi favorit karena prospek kerja yang luas dan juga menjanjikan dimasa depan, program studi ilmu komunikasi ditempuh sekiranya 4 tahun di berbagai Universitas Swasta hingga Negeri. Dengan usaha yang kuat dan juga doa disepanjang perjalanan menempuh pendidikan, maka akan dipermudahkan segala urusannya.

Mari kita persingkat saja, jadi anda atau kalian jangan khawatir mau jadi apa setelah menempuh pendidikan ilmu komunikasi, karena pada dasarnya komunikasi sendiri selalu dibutuhkan dalam segala kondisi, diem pun adalah komunikasi. Jadi ketika kita mempelajari dan mendalami ilmu komunikasi maka kita akan semakin tau bahwa segala sesuatu atau tindakan apapun adalah komunikasi, ada komunikasi nonverbal yaitu kamunikasi yang tidak menggunakan kata-kata melainkan menggunakan isyarat, gerak tubuh, ekspresi dan lainnya.

Jadi Ilmu Komunikasi sendiri memiliki jenisnya ketika kita mempelajarinya. Pada mata kuloiah ilmu komunikasi kita juga mempelajari marketing communication, dimana  Marketing communication berguna untuk menumbuhkan brand awareness dan kepercayaan terhadap produk yang dijual oleh perusahaan. Misalnya, konsumen mempercayai kualitas suatu produk dari salah satu brand perusahaan, maka perusahaan tersebut telah berhasil membangun kepercayaan konsumen pada produk yang mereka jual.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Di Prodi Ilmu Komunikasi kita diajarkan dari basic Public Speaking, dasar-dasar penulisan, ada juga multimedia, hingga ke marketing. Hingga jangan diragukan lagi prospek kerjanya. Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi kita bisa menjadi presenter berita, humas, social media analyst, hingga bias menjadi PNS. Lulusan Ilmu Komunikasi sangat luas hingga kita bisa menjadi apa saja setelah mempelajari mata kuliah yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi.

 

Saat ada mata kuliah fotografi kita bisa belajar cara menghasilkan hasil foto yang bagus, dari angel pengambilan gambar, pencahayaan, dan masih banyak lainya. Hingga saaat kita telah mempelajari mata kuliah tersebut kita bisa menjadi freelance wedding fotografi atau jadi fotografer yang bisa menghasilkan uang disaat kita masih di bangku perkuliahan. Dan ketika kita diajarkan membuat berita, maka kita bisa menghasilkan berita dan dijual diberbagai platfrom yang ada, dan juga bisa menghasilkan uang jika kita menekuni bidang tersebut.

 

Ilmu komunikasi sendiri memiliki ciri khas yaitu bakal bisa jago dalam berpublic speaking, maka jangan salah banyak lulusan ilmu komunikasi yang jago dalam ber Public Speaking, karena Public Speaking merupakan modal utama untuk mendapakan jenjang karir yang bagus.

 

Beberapa prospek kerja ilmu komunikasi

  1. Public Relation

Tidak bisa dipungkiri salah satu jenjang karir dari ilmu komunikasi yaitu public relation atau biasa disingkat PR, ilmu komunikasi sangat erat kaitanya dengan salah satu karir ini pasalnya, di dalam mata kuliah ilmu komunikasi terdapat berbagai mata kulliah yang menunjang untuk menjadi seorang public relation, seperti mata kuliah dasar-dasar penulisan, dimana kita diajarkan untuk menullis sebuah artikel, menulis berita dan menulis karya tulis ilmiah, di ilmu komunikasi juga kita diajarkan mata kuliah Public Speaking, dimana kita sebagai public relatin tidak hanya menguasai penulisan tapi juga harus bisa public speaking, karna public relation berbuhungan dengan in and out perusahaan, dimana kita bekerja untuk membuat nama baik perusahaan tetap terjaga dengan baik, dan juga kita bisa meghubungkan satu perusahaan dengana perusahaan lainnya.

 

  1. Content writer

Masih berhubungan dengan tulis menulis, content writer adalah seorang yang membuat konten tulisan dalam berbagai jenis, seperti membuat artikel, cerita yang bersifat informatif dan menghibur.

Skill yang harus dimiliki sebagai seorang content writer

  1. Dapat menulis dengan baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai content writers kita harus bisa menulis dengan baik, karena disetiap tulisan yang indah mempunyai makna dan arti tersendiri. Dan ketika anda ingin menjadi content writer anda harus memilliki konsep dan juga ciri khas dari tulisan anda.

  1. Kemampuan untuk mengedit tulisan

Skill berikutnya juga sangat penting, yaitu skill mengedit tulisan, untuk mengahsilkan tulisan yang mudah dipahami, perlu juga untuk mempunyai skill editing ini. Dengan kata lain pengeditan dalam sebuah tulisan harus dilakukan demi menghasilkan karya tulis yang mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Mampu meriset dengan baik

Untuk membuat tulisan kita juga butuh untuk meriset terlebih dahulu, kita harus update tentang tulisan apa yang lagi digemari akhir-akhir ini. Makanya kemampuan untuk meriset dengan baik adalah hal yang penting dalam penulisan.

 

  1. Conten creator

Pekerjaan yang satu ini sudak tidak asing lagi, konten kreator sudah berkembang sejak dulu, banyak sekali lulusan ilmu komunikasi yang menjadi konten creator, mesti banyak juga konten creator yang bukan dari lulusan ilmu komunikasi, tetapi lulusan ilmu komunikasi diajarkan untu menjadi konten creator yang lebih kompeten dan bias bersaing diluar sana. Isi konten pun beragam, kita bias memanfaat kan ilmu yang sudah kita pelajari dikampus, lalu kuasai dan bias berbagi kepada orang lain melalui platform yang banyak disosial media seperti tiktok. Kita juga bias membuat konten tentang bagaimana capa agar jago public speaking, atau kita juga bisa menngajarkan bagaimana amengambil gambar dengan bagus, kita juga bisa memberikan pelajaran tentang membuat video cinematic yang bagus. Karena di ilmu komunikasi kita diajarkan mata kuliah fotografi. Konten kreator juga banyak jenisnya, mulai dari traveling, review makanan, Daily life, komedi dan masih banyak yang lainnya. Ada juga yang mengembangkan hobinya, seperti membuat konten tentang menggambar, atau membuat sesuatu dari tanah liat, ada juga yang menjahit dan juga menenun. Sebenernya balik lagi ke diri kita mau membuat konten seperti apa.

  1. Humas

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. humas memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerjasama dengan media untuk pemberitaan. Humas dan PR dibutuhkan di bagian pemasaran (marketing), biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

Ketika kalian masih ragu, sebenernya masih banyak sekali peluang kerja untuk lulusan ilmu komunikasi, ditambah lagi banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa kita lulusan ilmu komunikasi sepeti broadcasting, wartawan, editor, public relations, periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis.

 

Bagaimana pendapat anda setelah maembaca artikel ini ? apakah membantu anda dalam memilih jurusan dalam perguruan tinggi? Dan terima kasih telah membaca artikel ini, kurang lebihnya saya meminta maaf. Karena ini adalah artikel pertama saya. Sehingga krtika ada penulisan atau maksud yang kurang meng enakan maka saya meminfa maaf yang sebesar-besarnya.

Ikuti tulisan menarik Agung Try Laksono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler