x

Iklan

Laisya Aini nabila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Januari 2023

Senin, 9 Januari 2023 17:56 WIB

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Jadi disini membahas tentang dampak positif dan dampak negatif dari media sosial dan juga cara atau solusi agar tidak terjerumus dan kecanduan media sosial.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MEDIA SOSIAL

Dampak positif pada media sosial adalah seseorang bisa untuk mencari informasi dan berbagai berita di sosial media dan seseorang juga bisa mencari pengetahuan di media sosial. Dan pengetahuan tentang apapun seperti contoh tentang resep makanan dan aneka aneka resep lainnya seperti contoh resep bikin kueh bikin masakan masakan lain dan juga seseorang seseorang dapat mencari informasi di media sosial tentang berita sunami dan longsor , Gempa bumi, Kebakaran, dan lain sebagainya seperti yang sedang viral sekarang ini berita Gempa bumi di Cianjur yang mengakibatkan puluhan orang meninggal , selain itu masyarakat bisa melihat cara berpakaian berpenampilan yang sedang trend seperti yang ada di tiktok atau media sosial lainnya. Ketika seseorang melihat gaya penampilan modern sekarang sekarang ini Masyarakat ikut terbawa dan juga ikut melakukannya seperti itu dan remaja jaman sekarang lebih mengikuti gaya kebarat baratan.

       Dan Dampak Negatifnya seseorang jadi lupa waktu dan tidak bisa memenej waktu dengan baik karena Jika kita sudah menggunakan media sosial kita suka lupa waktu bahkan kadang lupa makan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

      Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam masyarakat. Lahirnya sosial media menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. Dari berbagai usia dan kalangan hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik.

     Indonesia juga memiliki penduduk yang sangat banyak dan hampir penduduk Indonesia semuanya menggunakan media sosial tentu itu sangat mempermudah masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari hari dan juga di masyarakat Indonesia tidak akan atau jarang mengalami kesulitan dengan majunya teknologi yang sangat pesat sekarang ini tentunya juga sangat membantu masyarakat dalam mencari berita yang lagi viral atau trend sekarang ini selain itu media sosial juga bisa di gunakan untuk ladang usaha seperti yang dilakukan masyarakat sekarang sekarang ini seperti saya contohnya saya memanfaatkan media sosial untuk ladang bisnis seperti jualan online atau membuka online shop dan para remaja sekarang sekarang ini banyak sekali yang membuka online shop di media sosial seperti Instagram, tiktok, watshap, Facebook dan lainnya dan itu membuat masyarakat maju dan berkembang dalam memanfaatkan teknologi sebagai ladang usaha atau bisnis, dan usaha yang di lakukan di media sosial tidak hanya makanan tetapi juga bisa berupa pakaian, kebutuhan sehari hari lainnya dan alat tulis. Nah sangat beragam sekali yang masyarakat bisa lakukan untuk memanfaatkan media sosial di situ kita bisa lihat dampak positif dan negatif media sosial ini selain dampak negatif media sosial seperti biasa membuat lupa waktu media sosial juga bisa membawa pengaruh buruk jika di gunakan untuk hal yang tidak baik seperti contoh untuk melihat Vidio kekerasan, pornografi dan lain sebagainya .

               Dampak media sosial lainnya yaitu sebagai media promosi, pembelajaran, dan juga media kreativitas dan media sosial juga sangat berpengaruh bagi pertumbuhan anak Jika dari kecil anak sudah di kasi handphone dan bermain media sosial Maka sang anak tersebut akan ketergantungan pada handphone dan tidak bisa jauh dari handphone tersebut maka dari itu untuk mengetahui dan membimbing sang anak dalam bermain handphone agar tidak terjerumus kearah yang tidak baik untuk kesehatan mental anak apalagi anak yang masi umur dua atau tiga tahun, seperti contoh yang banyak dilakukan di Indonesia ada orang tua yang membiarkan dan tidak pernah membimbing anaknya jika bermain handphone dan anak tersebut ternyata suka melihat gambar gambar yang tidak pantas untuk di lihat anak di bawah umur dan pada akhirnya sang anak tersebut mempunyai kebiasaan yang jelek karena orang tuanya tidak membimbing dan memerhatikan anaknya padahal anak tersebut masi berusia balita dan anak itu Masi butuh bimbingan orang tuanya di saat umur segitu karena sang anak belum mengerti banyak hal apapun dan kita sebagai masyarakat Indonesia sebaiknya merubah pola pikir kita menjadi bijak dan tegas, karna jika di biarkan seperti itu maka generasi Indonesia tidak bisa mencapai taraf kehidupan yang maju dan sejahtera kedepannya, dan orang tua sekarang lebih banyak memperhatikan handphone di banding memerhatikan anaknya maka dari itu pola pikir orang Indonesia harus di ubah ke arah yang lebih baik dan pola pikirnya harus berkembang dan lebih berkembang dari sebelumnya agar sumber daya manusia di negara Indonesia itu berkualitas semuanya maka dari itu kita perlu belajar sejak dini dan pola pikir kita harus di kembangkan sejak dini, Itu adalah dampak negatif dan positif dari media sosial bagi anak anak dan orang tua dan dampak positif dan negatif dari media sosial bagi pelajar yaitu: mudah dalam mendapatkan informasi, dapat mengasah keterampilan dari hal hal baru, memudahkan dalam belajar online dan juga media sosial mendorong anak dalam mengekspresikan diri masing masing. Media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial yang merupakan situs dimana jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Adanya media sosial ini telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat. Perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (social relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium). Dalam menggunakan media sosial kita menggunakannya harus dengan bijak dan baik, nah cara bijak menggunakan media sosial antara lain:

1. Selektif dalam menyebarkan informasi

2. Menjunjung tinggi etika dalam berkomunikasi

3. Tidak menyebarkan rahasia ke ranah publik

4. Bijak dalam mengatur waktu online

5. Jangan lupakan hak cipta

. Bagi'DAMPAKPOSITIF-WPSOffice.doc'lp.docx  

6. hati hati menyebarkan data pribadi 

Dan tanpa kita sadari media sosial juga bisa menyebabkan penyakit yaitu penyakit kecanduan media sosial, nah seperti apa si penyakit kecanduan sosial media yaitu di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Online di manapun dan kapanpun

2. Bangun tidur cek medsos

Cara mengatasi kecanduan media sosial antara lain:

1. Cobalah membuat jadwal bermain medsos

2. Matikan ponsel selama bekerja, makan, atau melakukan kegiatan bersama keluarga.

3. Letakkan ponsel atau tablet di luar kamar

4. Hapus aplikasi media sosial yang membuat Anda ketagihan di ponsel atau tablet Anda.

5. Lakukan aktivitas yang tidak terkait dengan penggunaan ponsel.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan media sosial. Sebaiknya gunakan media sosial dengan bijak dan benar agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal. Selain mengalami masalah pada sosial dan psikologis, kecanduan tersebut juga bisa menyebabkan gangguan pada mata akibat paparan layar gadget.

Ikuti tulisan menarik Laisya Aini nabila lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler