Tanpa Dibayar, Relawan Taman Bacaan Berbagi Cerita Kiprah Sosial di RRI - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Kamis, 12 Januari 2023 08:35 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Tanpa Dibayar, Relawan Taman Bacaan Berbagi Cerita Kiprah Sosial di RRI

    Siapakah orang langka di zaman begini? Mereka adalah para relawan yang tanpa pamrih berkiprah di taman bacaan. Mengabdi untuk sosial.

    Dibaca : 382 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bertajuk Kontribusi Relawan di Bidang Pendidikan, sore ini relawan TBM Lentera Pustaka Muhammad Fadhiil on air di studio Radio RRI Pro1 Bogor (11/01/2023). Acara yang bertujuan memberi ruang relawan bercerita tentang semangat kerelawanan dalam membantu aktivitas yang dijalankan di taman bacaan. Membimbing anak-anak yang membaca, bermasin games bersama, hingga mengajar kaum ibu buta aksara selalu dilakukan setiap hari Minggu di TBM Lentera Pustaka.

    Menariknya, para relawan di TBM Lentera Pustaka datang dari lokasi yang jauh. Butuh ongkos, waktu, dan tenaga untuk mengabdi di taman bacaam. Tanpa pamrih, tanpa bayaran. Karena relawan bekerja dengan hati untuk mengabdi kepada sesama dan menjaga kepedulian terhadap aktivitas taman bacaan. Seperti Fadhil yang setiap hari Minggu dengan ongkos sendiri, naik angkot menuju ke TBM Lentera Pustaka. Sebuah kepedulian dan kerelawanan sosial yang tidak banyak dilakukan orang di zaman begini.

    Jadi relawan di taman bacaan memang tidak mudah. Karena aktivitasnya bersifat sukarela, tanpa upah atau honor, dan mau mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga dalam pengabdiannya. Spiritnya, hanya menjadikan diri relawan lebih bernilai, lebih baik, dan lebih bermanfaat untuk orang lain. Tapi di balik itu semua, relawan taman bacaan punya karakter penting yang bisa jadi pelajaran bagi banyak orang. Yaitu 1) memiliki jiwa sosial yang tinggi, 2) punya semangat mengabdi yang kokoh, dan 3) memiliki komitmen dan konsistensi pengabdian yang berkelanjutan. Karena itu, TBM Lentera Pustaka menyebut para relawan sebagai “orang-orang baik di taman bacaan”.

    Patut diketahui, saat ini aktivitas literasi TBM Lentera Pustaka didukung oleh 5 wali baca dan 12 relawan. Maka teruslah mengabdi relawan dan selalu semangat dalam berkiprah. Insya Allah, segalanya akan menjadi lebih baik karena pengabdian di taman bacaan. Salam literasi #RelawanTBM #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

    Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.