Pemanfaatan Media Sosial TikTok - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Di zaman sekarang aplikasi TikTok sangatlah populer baik dikalangan anak muda, tua maupun \xd dikalangan para pebisnis. Kita bisa bandingkan ketika ditahun-tahun sebelumnya orang yang \xd berjualan online hanya bisa berjualan melalui postingan marketplace di Facebook dan untuk \xd melakukan siaran langsung (Live) pun masih sedikit sulit. Sekarang tidak lagi harus \xd memposting melalui marketplace di Facebook atau WhatsApp. Karena kita bisa berjualan \xd melalui siaran langsung (Live) di aplikasi Tiktok. Bahkan sudah jarang orang-orang berjualan \xd melalui Instagram. Hampir semua warga negara Indonesia menggunakan aplikasi TikTok. \xd Berdasarkan informasi dari Data Indonesia.id ada 8 Negara dengan pengguna aktif TikTok \xd terbesar di Dunia. Salah satunya termasuk Negara Indonesia yang menduduki pengguna Tiktok \xd terbesar kedua di Dunia setelah Amerika Serikat. Pengguna aktif TikTok di Indonesia sebesar \xd 99,1 juta orang pada April 2022. Sehingga pada jumlah tersebut menjadi yang terbesar kedua \xd setelah Amerika Serikat.

Mira Latifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Januari 2023

Jumat, 13 Januari 2023 21:54 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Pemanfaatan Media Sosial TikTok

    Apa yang kalian ketahui aplikasi Tiktok ? Aplikasi TikTok kini menjadi salah satu aplikasi yang populer di seluruh dunia, hampir semua orang mengetahui applikasi TikTok dari kalangan anak-anak muda maupun dewasa. Tik Tok adalah aplikasi yang berasal dari China dengan induk perusahaan bernama ByteDance yang diluncurkan pada September tahun 2016. TikTok merupakan platform video pendek yang memungkinkan pengguna untuk berimajinasi dan mengekpresikan ide secara bebas dalam bentuk video pendek. Lalu video tersebut dapat dibagikan kepada seluruh pengguna TikTok di berbagai dunia. Aplikasi ini bisa menjadi hiburan di waktu senggang. Ada yang hanya sebagai penonton setia saja, banyak juga yang membuat ragam konten seperti, membuat tutorial make up atau masak, ngedance, membagikan pengalaman atau ilmu dan lainnya. Pengguna TikTok di Indonesia sudah semakin banyak. Menurut hasil data pengguna aktif bulanan TikTok di Indonesia saja mencapai angka 99,1 juta orang pada April 2022. Dengan adanya media sosial TikTok ini memberikan manfaat sebagai sarana dalam proses pembelajaran yang interaktif dan menarik. Manfaat lainnya juga dapat di temukan di applika TikTok yaitu dapat menjadi tempat untuk berbisnis (Prima,2020)

    Dibaca : 460 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam pembelajaran

    Menurut I Wayan Santyasa (2007: 3), proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, yaitu guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan pembelajaran.

    Terdapat banyak platform online yang dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran salah satunya adalah media sosial yaitu melalui Aplikasi TikTok. Media pembelajaran berupa Aplikasi TikTok dapat dijalankan pada perangkat bergerak berbasis Android dan Ios. Sehingga media pembelajaran dapat di operasikan kapanpun dan di manapun. Aplikasi TikTok ini memberi pelajaran dengan berbasis mobile learning.

    Menurut Bulele (2020) Tiktok memilki keunggulan yang disukai oleh peserta didik melalui berbagai konten menarik serta sebagai wadah bagi peserta didik yang mempunyai minat dalam membuat video sesuai dengan kreativitasnya. Melalui TikTok kemampuan digital anak dapat meningkat seiring dengan peningkatan kreatifitasnya dalam membuat konten kreatif.

    Di TikTok terdapat banyak ragam konten, salah satunya yaitu terdapat konten pembelajaran yang dapat mengedukasi anak-anak. Untuk membuat konten tentunya terdapat berbagai macam fitur di TikTok. Fitur yang terdapat di dalam aplikasi yaitu :

    • Rekam Suara : Merekam suara terlebih dahulu apa yang ingin disampaikan,                          kemudian  diintegrasikan ke dalam akun TikTok personal.
    • Rekam Video : Merekam video terlebih dahulu konten apa yang ingin dibuat,  kemudian diintegrasikan ke dalam akun TikTok personal.
    • Backsound : Menambahkan suara latar yang bisa diunduh dari media                                    penyimpanan aplikasi TikTok.
    • Edit : Dapat memperbaiki dan menyunting draft video yang telah dibuat.
    • Share : Membagikan video yang sudah dibuat.
    • Duet : Berkolaborasi dengan pengguna aplikasi TikTok lainya.
    • Live : Dapat melakukan siaran langsung.

     

    Dengan adanya fitur yang lengkap di aplikasi TikTok para konten creator dapat membuat video yang sangat menarik dan mudah dipahami oleh penontonnya. Aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Manfaat TikTok dalam pembelajaran yaitu, materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan menarik, dapat meningkatkan kreatifitas pada setiap individu, menjadi media pembelajaran yang menyenangkan serta tidak membuat bosan, dan meningkatkan rasa percaya diri dan keaktifan pada setiap individu. Jika seorang guru dari pemanfaatan media sosial TikTok dalam pembelajaran dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan akan tercipta dan berdampak sangat baik terhadap psikologis.

    Media pembelajaran merupakan hal yang penting dengan media pembelajaran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ketertarikan pada anak agar lebih menangkap materi yang disampaikan. Pemanfaatan media sosial sebagai bagian dari pembelajaran menjadi inovasi yang perlu di apresiasi karena media sosial dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan efektif jika dibuat sedemikian rupa.

    Manfaat lain yang dapat ditemukan dari penggunaan aplikasi TikTok adalah dapat dijadikan tempat bisnis (Prima, 2020). Para pengguna TikTok dapat membangun brand image mereka dengan mengunggah video bisnis di TikTok. TikTok juga dapat dijadikan media promosi dengan kreativitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

     

    Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam bisnis

    Menurut Arief Darmawan bisnis online terdiri dari 2 kata yaitu bisnis dan online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

    Sejak April 2021, TikTok telah meluncurkan fitur baru yang dinamakan TikTok Shop. Fitur TikTok Shop yaitu aplikasi yang mempromosikan barang yang ingin dijual dan dapat menghubungkan antara para penjual maupun pembeli dengan mudah untuk bertransaksi secara online. Fitur belanja ini hadir di TikTok sebagai respon terhadap meningkatkan penjualan berbagai produk setelah brand melakukan promosi melalui media sosial tersebut.

    Fitur Tiktok shop ini memiliki beberapa manfaat yang dapat memudahkan brand dalam melaksanakan aktivitas promosi hingga berjualan, diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Branding dan Berjualan Makin Mudah

    Dengan penjualan online yang lengkap, brand dapat menciptakan berbagai promosi menarik yang sesuai dengan target konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan.

    • Penjualan Melalui Video Pendek dan Live Streaming

    Penjual dapat dengan mudah mengisi katalog produk hingga menentukan jasa pengiriman di TikTok Shop. Penjual dapat mempromosikan langsung produk mengunakan video pendek dan bisa juga melalui via live streaming dengan memberitahu secara langsung kelebihan produk tersebut dan penjual juga bisa memberikan promo pada live streaming. Saat melakukan  promosi via live streaming, pelanggan dapat langsung melakukan check out pada produk yang dipromosikan di TikTok Shop tersebut.

    • Tulis Caption yang Unik

     Menulis caption itu juga penting untuk diperhatikan apabila ingin memperkenalkan bisnis   dan produk dengan menarik. Pastikan mengenal nama produk, informasi mengenai produk yang ingin dijual, harga produk dan lainnya yang berhubungandengan produk yang akan dijual. Semakin unik caption yang di tulis, maka akan semakin besar kemungkinan pengguna TikTok tertarik melihat produk yang dijual tersebut.

    • Kreator TikTok, Solusi Kreatif untuk Konten Jualan Anda

    Jika bingung memikirkan konten untuk mempromosikan produk jualan, seller dapat memanfaatkan kreator TikTok melalui program afiliasi TikTok Shop. Cara ini dapat mempermudah brand untuk menjangkau audiens atau konsumen secara lebih luas.

    • Jualan Online Lebih Mudah dengan Sistem Operasional yang Lengkap

    Penjual dapat mengelola bisnis kapanpun dan dimanapun menggunakan TikTok Shop. Dengan sistem yang informatif, fitur promosi, dan juga analisa bisnis yang lengkap dapat   membantu dengan mudah mengatur kebutuhan operasional dan evaluasi kerja bisnis di TikTok Shop.

     

    Selain penjual yang dapat menaikkan bisnis mereka, konsumen pun juga dapat lebih mudah dalam berbelanja melalui TikTok Shop. Dengan beragam penjual yang menawarkan produk dengan secara detail, bahkan penjual juga sering memberikan promo pada barang tersebut sehingga konsumen mendapatkan barang dengan harga yang murah dan juga kualitas yang bagus. Dengan TikTok Shop ini juga dapat mengirim barang kemanapun jadi untuk pembeli yang jauh dari penjualpun juga dapat memesan barang tersebut.

    Penggunaan TikTok nyatanya tidak hanya sebagai media hiburan saja, namun dapat digunakan sebagai pembelajaran dan juga untuk berbisnis. Dengan menfaatkan media sosisal dengan baik dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media pembelajaran yang interaktif dan tidak merasa bosan karena banyak sekali konten-konten yang sangat bermanfaat bagi semua individu. Selain itu para pebisnis juga dapat menaikkan pendapatan penjualan, dapat dikenal banyak oleh masyarakat tentang produk yang di jual. Melalui konten-konten kreatif sangat berdampak pada audiens yang menikmatinya jadi gunakan media sosial sebaik mungkin dan manfaatkan waktu luang dengan yang bermanfaat.

     

    Ikuti tulisan menarik Mira Latifah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.