x

Iklan

M Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2021

Rabu, 18 Januari 2023 07:35 WIB

Film Autobiography Bersinar di Kancah Internasional, Tayang 19 Januari 2023


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu film yang sudah ditunggu penayangannya sejak 2022, Autobiography akhirnya akan tayang di bioskop secara luas dalam hitungan hari mendatang. Film arahan sutradara Makbul Mubarak dan diproduksi KawanKawan Media ini akan hadir menjawab rasa penasaran para penonton yang sudah menugggu dengan antusias.  Film yang diproduseri Yulia Evina Bhara ini sekaligus menjadi debut film panjang sutradara Makbul Mubarak

Selain itu juga akan dirilis video musik OST-nya yang berjudul Ambilkan Bintang Lagu  yang dinyanyikan Sal Priadi, solois yang namanya sudah tidak asing di kancah musik Indonesia. Dalam video musik produksi KawanKawan Media ini Sal Priadi berkolaborasi dengan sutradara Anggun Priambodo. Lagu dan video musik ini dapat disaksikan di Youtube dan Spotify.

Sebelum tayang secara luas di bioskop Indonesia, film  Autobiography sempat melakukan penayangan terbatas pada kompetisi Jogja-Netpac Asia Film Festival 2022. Antusiasme penonton terlihat saat gelaran tersebut. Dalam dua jadwal penayangan utama ini tiketnya habis dalam waktu kurang dari 30 menit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari keikutsertaannya Autobiography meraih penghargaan tertinggi Golden Hanoman Award. Selain itu juga mendapatkan piala pada malam penganugerahan Festival Film Indonesia 2022 dalam kategori Penulis Skenario Asli Terbaik. Prestasi-prestasi tersebut juga dipastikan membuat antusiasme dan rasa penasaran penonton Indonesia terhadap Autobiography sangat tinggi.

Selain di level nasional, film ini juga bersinar di kancah internasional. Beberapa penghargaan yang diterima, antara lain,  The International Critics Prize for Best Film in Orizzonti from the International Federation of Film Critics (FIPRESCI) Venice Film Festival 2022, Feature Fiction Award Winner Adelaide Film Festival Winner 2022, Grand Prize Winner-TOKYO FILMEX International Film Festival 2022, Best Screenplay-Asia Pacific Screen Awards 2022, NETPAC Award-Taiper Golden Horse Film Festival 2022. Asian Cinema Observer Recommendation Award. Taipei Golden Horse Film Festival 2022, Aluminium Horse Award for Best Directorial Debut at the Main Competition Section, Stockholm International Film Festival 2022, dan masih ada beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Autobiography bercerita tentang sosok Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) dengan ayahnya di penjara dan saudara laki-lakinya di luar negeri untuk bekerja. Rakib bekerja sebagai pengurus rumah tangga tunggal di sebuah rumah kosong milik Purna (Arswendy Bening Swara), seorang pensiunan jenderal yang klan keluarganya telah mengabdi selama berabad-abad di sebuah kota pedesaan di Indonesia.

Setelah Purna kembali ke rumah untuk memulai kampanye pemilihan Bupati, Rakib terikat dengan lelaki tua itu, yang menjadi mentor dekat dan figur ayah, dan menemukan panggilannya sebagai asisten Purna dalam pekerjaan dan kehidupan. Ketika poster pemilihan Purna ditemukan dirusak suatu hari, Rakib tidak ragu untuk melacak pelakunya, memicu rantai kekerasan yang meningkat.

Film ini dibintangi, antara lain, oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi. Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi. Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Gunawan Maryanto (almarhum).

Pada tanggal 19 Januari film iin direncanakan tayang di lebih dari 25. kota di seluruh Indonesia, berikut daftar kota dan bioskop pemutaran film "Autobiography": Balikpapan (Cinepolis - Living Plaza). Bandung (CGV- Paris Van Java, Cinepolis - Istana Plaza. XXI- Ciwalk/ TSM), Bekasi (CGV - Cyber Park, FLIX Grand Galaxy). Blitar (CGV - Blitar Square). Bogor (CGV Vivo Sentul Bogor, Cinepolis - Lippo Plaza Ekalokasari). Cikarang (Cinepolis - Lippo Mall Cikarang). Cirebon (CGV - Garage City Mall), Denpasar (Cinepolis - Lippo Mall Kuta). Depok (CGV - Depok Mall, Cinepolis - Depok Town Square), Gresik (CGV - Icon Mall). Jakarta (CGV Aeon Mall JGC. CGV Grand Indonesia, Cinepolis - Kalibata City, Cinepolis - Plaza Semanggi, FLIX - Ashta District 8, FLIX Mall of Indonesia. XXI - Blok M Square, XXI - Plaza Senayan). Jember (CGV Roxy Square. Cinepolis - Lippo Plaza Jember). Kediri (CGV Kediri Mall), Madiun (CGV Plaza Lawu Madiun). Makassar (CGV - Panakukkang Square), Malang (CGV Malang City Point. Cinepolis Malang Town Square). Manado (Cinepolis Lippo Plaza Manado Kairagi). Medan (Cinepolis - Lippo Plaza Medan). Mojokerto (CGV Sunrise Mall). Palembang (Cinepolis - Palembang leon). Pekanbaru (Cinepolis - Living World Pekanbaru). Probolinggo (CGV Wijaya Kusuma Probolinggo). Semarang (Cinepolis - Java Supermall). Serang (Cinepolis - Mal! of Serang). Solo (CGV - Transmart Solo, XXI- Paragon The Park), Surabaya (CGV - Marvell City, Cinepolis - City of Tomorrow), Tangerang (CGV Teras Kota. Cinepolis - Maxxbox Lippo Village Tangerang). Tegal (Cinepolis - Pacific Mall), Yogyakarta (CGV-Jwalk Mall, Cinepolis - Lippo Plaza Jogja. XXI- Empire/ Jogja City).

 

Nantikan informasi terbaru tentang film "Autobiography" pada akun resmi media sosial KawanKawan Media dan penayangannya pada 19 Januari 2023.

 

Film Autobiography" juga rilis Video OST Ambilkan Bintang kolaborasi karva Sal Prid & Anggun Priambodo

 

Ikuti tulisan menarik M Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler