Pemaparan Program Kerja Mahasiswa KKN 55 Unej kepada Perangkat Desa Wonokusumo - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 55 Wonokusumo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Januari 2023

Jumat, 20 Januari 2023 22:43 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pemaparan Program Kerja Mahasiswa KKN 55 Unej kepada Perangkat Desa Wonokusumo


    Dibaca : 150 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN merupakan bentuk kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Universitas Jember menempatkan mahasiswa di wilayah Jember dan Bondowoso selama 42 hari yang terhitung dari tanggal 4 Januari - 14 Februari 2023. 

    Kelompok KKN 55 dengan jumlah 9 personil dari berbagai program studi yang berbeda dilokasikan di Desa Wonokusumo, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso. Personil dari kelompok KKN 55 antara lain Oki sebagai Koordinator Desa, Zenda sebagai Sekretaris, Nurul sebagai Bendahara, Rama dan Razi sebagai sie Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi, Yustika sebagai sie Acara, Ilham sebagai sie Perlengkapan, Riky sebagai sie Hubungan Masyarakat dan Silvy sebagai sie Konsumsi yang dibimbing oleh dr. Yudha Nurdian, M. Kes.

    Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Yustika sebagai MC dengan pembacaan basmallah. Kemudian acara dilanjutkan oleh moderator sebagai pemandu jalannya acara. Kemudian perkenalan dari tiap mahasiswa KKN Universitas Jember. 

    Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Program Kerja (ProKer) dengan payung tema kewirausahaan, antara lain, bimbingan teknis pemasaran, pembaharuan lokasi di google maps, pembuatan pupuk kompos, pembaharuan website desa dengan domain resmi, dll. Pemaparan dihadiri oleh perangkat desa beserta jajaranya, kepala desa yang berhalangan hadir sudah menugaskan sekretaris desa untuk mewakilinya, selain itu pemaparan ini juga dihadiri seluruh kepala urusan dan kepala dusun Desa Wonokusumo.

    Di Wonokusumo terdapat tujuh dusun, yaitu Krajan I, Krajan II, Soklak, Dawuhan, Kemirian, Lebak, dan Timur Jaya. Sebelumnya tim KKN 55 telah melakukan survei pada tiap dusun untuk menentukan potensi tiap-tiap dusun. Kegiatan dilaksanakan pada Hari/Tanggal Jumat, 13 Januari 2023 di balai desa Wonokusumo.

    Setelah pemaparan Program Kerja (ProKer) selesai waktu dikembalikan kepada moderator untuk mengatur jalannya acara. Mahasiswa berusaha untuk memahami apa yang sekiranya warga Desa Wonokusumo harapkan. Acara demi acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Sebelum acara ditutup salah satu perwakilan warga berpesan kepada mahasiswa, harapannya dengan semua mahasiswa mengikuti kegiatan rutin tersebut dapat lebih dekat dengan warga, saling mengenal satu sama lain, dan mempererat tali silaturahmi tentunya.

    Sampailah di penghujung acara, pemaparan program kerja (proker) telah tersampaikan, sebelum acara ditutup moderator menyampaikan kesimpulan. Setelah itu acara pun ditutup dengan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Bagi yang ingin pulang di kediamannya masing-masing dipersilahkan, dan bagi yang masih ingin beramah tamah atau berbincang-bincang juga tentunya kami persilahkan dengan senang hati.

    Ikuti tulisan menarik KKN 55 Wonokusumo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.