Bangsa Besar adalah yang Menghargai Para Penulisnya - Analisis - www.indonesiana.id
x

laptop

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Senin, 23 Januari 2023 17:22 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bangsa Besar adalah yang Menghargai Para Penulisnya

    Semua bangsa besar memiliki para penulis hebat. Mereka menjadi besar karena warganya memberi penghargaan kepada para penulisnya.

    Dibaca : 245 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Para Penulisnya

    Bambang Udoyono

     

    Pada 5 November 2022 Google memberi peghargaan kepada seorang penulis Indonesia Raja Ali Haji.   Google menampilkan Raja Ali Haji dalam Google Doodle.  Google sudah pernah memberikan menampilkan orang Indonesia dalam Google Doodle misalnya Rasuna Said. Tapi kali ini trasa spesial buat saya karena yang ditampilkan seorang penulis.

     

    Saya merasa agak takjub. Saya lalu membandingkan tindakan Google itu dengan tindakan masyarakat Indonesia.  Bagaimana dengan masyarakat Indonesia? Apakah masyarakat Indonesia memberi penghargaan kepada Raja Ali Haji?  Sampai saat ini saya belum mendengar ada penghargaan dari masyarakat Indonesia.

     

    Pemerintah Indonesia memang sudah memberikan penghargaan. Pada tahun 2004 Presiden RI memutuskan Raja Ali Haji adalah pahlawan nasional dan bapak bahasa Indonesia.  Dengan keputusan Presiden RI no 089/TK/ 2004. Karena karyanya buku Bustan Al Katibin dia mendapat gelar bapak bahasa Indonesia.

     

    Tapi sepanjang pengetahuan saya, masyarakat Indonesia belum maksimal dalam memberikan penghargaan kepada para penulis Indonesia.  Mungkin Anda bertanya kenapa masyarakat perlu memberikan penghargaan kepada para penulis?  Apakah para penulis perlu dihormati? Bagaimana cara menghormati mereka? Dan banyak lagi pertanyaan yang bisa dilontarkan.

     

    Saya percaya para penulis, termasuk para penulis Indonesia, memberi manfaat kepada masyarakat. Mereka memberikan ilmu pengetahuannya dengan menulis prosa dan puisi dalam bentuk buku dan artikel.   Lihatlah bangsa bangsa yang maju. Mereka pasti memiliki banyak penulis yang berkualitas.  Para penulis itu memiliki kontribusi besar dalam kemajuan bangsanya.   Mereka penunjang kemajuan iptek, finek, dan kebudayaan bangsa bangsa besar.  Mana ada bangsa besar yang tidak memiliki banyak penulis hebat?

     

    Memang benar mereka mendapat penghasilan dari karyanya, tapi itu tidak mengurangi jasanya kepada masyarakat. Itulah alasan mengapa masyarakat perlu memberikan apresiasi kepada mereka.

     

    Bagaimana cara masyarakat memberikan penghargaan?  Ada banyak cara yang bisa dilakukan, tergantung kreativitas masyarakat. Pertama adalah dengan membeli karya para penulis.  Mari kita ambil contoh dari negara maju lagi.  Semua negara maju pasti memiliki warga yang gemar sekali membaca.  Minat baca di Amerika Serikat, Eropa, Jepang adalah sangat tinggi.

     

    Mereka membentuk banyak kelompok membaca.  Di dalam kelompok itu terjadi diskusi yang intensif untuk membahas karya karya para penulis. Tidak sedikit kaya fiksi yang kemudian dijadikan film. 

     

    Kerajaan Thailand setiap tahun memberikan penghargaan kepada para penulis di Asia Tenggara, yang dinamai SEA Write Award.  SEA adalah singkatan dari Southeast Asia (Asia Tenggara). 

     

    Barangkali Indonesia bisa mencontoh tindakan mereka. Tentu saja perlu kerjasama pemerintah dengan masyarakat karena ini kerja lumayan besar yang melibatkan banyak pemangku kepentingan.  Peran masyarakat Indonesia tidak hanya sebagai sponsor tapi mungkin juga sebagai juri, panitia dsb.

     

    Mungkin Anda punya gagasan lain untuk memberikan penghargaan kepada para penulis Indonesia. Silahkan utarakan pendapat Anda. 

    Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.