x

Iklan

Mahatkata ID

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Januari 2023

Jumat, 27 Januari 2023 07:03 WIB

Tes Wawancara Calon Panwaslu Desa dan Kelurahan, Panwaslu Kecamatan Turen Tekankan Integritas

Jelang Tes Pengawas Kelurahan/ Desa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Calon Panwaslu Kelurahan/ Desa (PKD) akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 31 Januari hingga 2 Februari 2023. Setelah dinyatakan lolos pemeriksaan berkas administrasi pendaftaran pada tanggal 28 Januari 2023.

Dalam tes wawancara nanti, Pokja Pembentukan PKD Panwaslu Kecamatan Turen menekankan integritas pada calon PKD Pemilu 2024.

"Kami sangat menekankan pada pentingnya sebuah integritas pada calon PKD, mengingat Pemilu serentak 2024 akan sangat berat," ujar Ketua Pokja Pembentukan PKD Panwaslu Kecamatan Turen, Mukhtar Susilo Santoso Wibowo, di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Turen, Jalan Panglima Sudirman 102, Kamis 26 Januari 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain tentang wawasan kepemiluan dan kebangsaan, calon PKD nantinya diharapkan memiliki integritas dalam mengemban tugas dan pekerjaan.

Kemudian, nantinya anggota PKD juga dituntut untuk netral. Tidak diperbolehkan untuk memihak salah satu peserta pemilu.

“Netral adalah harga mati penyelenggara pemilu, termasuk Bawaslu, Panwaslu Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan. Jika tidak mau, kami persilakan untuk mundur,” tutur Mukhtar.

Selain itu nama- nama Calon PKD yang dinyatakan lolos administrasi pendaftaran juga akan dimintai penilaian dan tanggapan masyarakat pada tanggal 28 Januari hingga 5 Februari 2023. 

"Sehingga Nama- nama yang akan mengisi PKD nantinya benar- benar nama orang yang tidak memiliki catatan buruk pada masyarakat," ujar Pria yang sudah dua kali menjabat Komisioner Panwaslu Kecamatan Turen tersebut.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat(HPPM -HM) Panwaslu Kecamatan Turen, Aditya Mahatva Yodha mengatakan, antusiasme pendaftar Calon PKD untuk Kecamatan Turen sendiri cukup tinggi, dari kebutuhan jumlah 17 PKD, sebanyak 67 orang mengikuti tes seleksi.

"Untuk pendaftar perempuan sebanyak 38 orang, dan Laki- laki 29 orang," ujar Koordiv HPPM - HM Panwaslu Kecamatan Turen, Aditya Mahatva Yodha.

Sementara hasil dari tes wawancara ini akan diumumkan pada tanggal 4 Februari 2023 di Media Sosial Panwaslu Kecamatan Turen, dan Calon PKD yang lolos akan dilantik antara tanggal 5-6 Februari 2023.

"Pelantikan PKD nanti akan dilaksanakan di Kantor kecamatan Turen yang rencana akan dihadiri oleh Muspika Turen dan Kepala Desa atau Lurah se Kecamatan Turen," ujar Aditya.

Ikuti tulisan menarik Mahatkata ID lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB