x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 29 Januari 2023 11:01 WIB

Bagaimana Wujudkan Kolaborasi CSR Perusahaan Swasta dan Taman Bacaan?

Wujudkan kolaborasi CSR, Bank Sinarmas revitalisasi kebun baca Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Demi tegaknya tradisi baca anak-anak dan masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai wujud kolaborasi CSR di taman bacaan dan upaya memperkuat edukasi literasi keuangan, Bank Sinarmas berikan bantuan revitalisasi kebun baca Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Dengan bantuan ini, nantinya kebun baca akan menjadi tempat membaca yang nyaman dan menarik karena dilengkapi lansekap taman yang asri. Penyerahan simbolik CSR revitalisasi kebun baca dilakukan langsung oleh Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas yang diterima langsung oleh Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Jakarta (27/1/2023).

Setelah direvitalisasi, nantinya Kebun Baca TBM Lentera Pustaka yang berada di area seluas 310meter persegi akan dilengkapi panggung baca permanen, kolam pancur portabel, pendopo baca bagi orang tua yang mengantar anaknya membaca, tanaman hias, pemasangan paping blok, dan rerumputan yang asri. Sementara bagian tanah yang tersisa akan digunakan sebagai laboratorium tanam cabai dan tomat. Agar anak-anak yang membaca semakin betah, di samping taman bacaan mampu menjadi tempat yang menarik.

 “Sebagai taman bacaan binaan Bank Sinarmas, TBM Lentera Pustaka terus berkembang dan sangat memberi manfaat kepada masyarakat. Maka kami peduli untuk mendukung kegiatan membaca anak-anak dan aktivitas literasi yang dijalankan melalui program CSR sebagai wujud tanggung jawab sosial Bank Sinarmas. Kami pun jadikan taman bacaan ini sebagai sentra edukasi literasi keuangan ke masyarakat” ujar Retno Tri Wulandari, Head of Corporate Secretary Bank Sinarmas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain merevitalisasi Kebun Baca, sebelumnya Bank Sinarmas pun membangunkan Rooftop Baca TBM Lentera Pustaka sebagai tempat membaca ber-view Gunung Salak. Di samping menjadi salah satu perusahaan swasta yang mensponsori CSR korporasi di TBM Lentera Pustaka tahun 2023 ini. Saat ini TBM Lentera Pustaka memiliki tiga area utama tempat membaca, yaitu ruang baca utama, kenun baca, dan rooftop baca.

Saat ini TBM Lentera Pustaka menjalankan 15 program literasi yang melayani tidak kurang dari 200 orang dari 3 desa ((Sukaluyu, Tamansari, Sinarwangi) antara lain: 1) TAman BAcaan dengan 130 anak pembaca aktif, 2) GErakan BERantas BUta aksaRA dengan 9 ibu warga belajar, 3) KElas PRAsekolah dengan 26 anak, 4) YAtim BInaan dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 dibeasiswai, 5) JOMpo BInaan dengan 8 jompo, 6) TBM Ramah Difabel dengan 2 anak difabel, 7) Koperasi Simpan Pinjam dengan 28 ibu-ibu anggota, 8) Donasi Buku, 9) RAjin menaBUng, 10) LITerasi DIGital, 11) LITerasi FINansial, 12) LIterasi ADAb, 13) MOtor BAca KEliling, dan 14) Berantas Buta Aksara Al AlQuran. Dengan koleksi buku lebih dari 10.000 buku, TBM Lentera Pustak didukung oleh 5 wali baca dan 12 relawan.

Berbagai prestasi pun sudah ditorehkann TBM Lentera Pustaka, seperti 1) Narasumber literasi Berita Satu TV (Jan 2023), 2) Program SAFAR RTV, 2) Refleksi “Jalan Sunyi Pengabdian” DAAI TV, 4) Terpilih “Jagoan 2021” dari RTV (Des 2021), 5) Terpilih program “Kampung Literasi 2021” dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (Nov 2021), 6) Terpilih “31 Wonderful People 2021” dari Guardian Indonesia (Sept 2021), dan 7) Terpilih “Ramadhan Heroes” dari Tonight Show NET TV (Mei 2021).

"TBM Lentera Pustaka sangat berterima kasih atas dukungan dan kontribusi Bank Sinarmas yang luar biasa. Mulai dari rooftop baca, spnsor CSR tahunan, hingga kini revitalisasi kebun baca. Agar tradisi baca dan budaya literasi masyarakat terus berkembang. Inilah bagian dari kolaborasi perusahaan swasta dan taman bacaan yang patut dicontoh,” ujar Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Bogor

Pentingnya kolaborasi di taman bacaan, tentu bukan hanya untuk meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Tapi juga untuk membangun masyarakat yang literat sebagai cerminan kualitas sumber daya manusia ke depan yang kompetitif dan professional. Salam literasi #TBMLenteraPustaka #BankSinarmas #TamanBacaan

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler