x

Gagal melaju ke Final, STY meminta maaf

Iklan

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Kamis, 2 Februari 2023 15:21 WIB

Bahrain, Hongkong, India, Tajikistan Cocok untuk Uji Coba Lawan Timnas Indonesia

Timnas sepakbola Indonesia memiliki kesempatan beruji coba pada bulan Maret dan Juni ini menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 serta Piala Asia 2023 yang akan diadakan bulan Januari 2024. Untuk mempersiapkan tim dengan baik, dibutuhkan lawan yang sesuai dengan kemampuan yang mirip-mirip dengan calon lawan yang kemungkinan akan dihadapi Indonesia. Disini kita coba membongkar beberapa lawan yang mungkin cocok untuk Timnas Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia mulai memasuki ajang penting ditahun 2023 ini, karena ada dua ajang penting yang resmi dibawah naungan FIFA dan AFC akan menentukan Indonesia akan siap naik level atau tidak. Ajang tersebut adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023 yang akan diadakan awal tahun 2024 setelah sebelumnya Indonesia absen ditiga edisi sebelumnya, yaitu 2011, 2015, dan 2019. Dengan dimulainya agenda-agenda penting, rasanya Indonesia mulai serius dalam mempersiapkan tim, dimana PSSI mestinya belajar dari sebelum-sebelumnya bahwa persiapan yang kurang maksimal tidak pernah menguntungkan Timnas sepakbola Indonesia bahkan nyaris selalu menjadi bulan-bulanan belaka.

Ujicoba dibutuhkan Indonesia untuk membentuk kekompakan dan pemahaman yang sama tentang strategi yang diinginkan oleh para pelatih. Lawan-lawan yang sesuai pun rasanya harus menjadi pertimbangan di luar ranking dan kemampuan yang di atas Indonesia saat ini yang saat ini berada diranking 151 FIFA. Peringkat Indonesia yang rendah sebenarnya memungkinkan Indonesia untuk beruji dengan siapapun ranking di atasnya agar membuat Indonesia beranjak menuju ke ranking yang lebih baik bila mampu memenangkan pertandingan. Tapi, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia akan bermain di zona Asia yang tentunya tidak masuk akal ketika lebih memutuskan untuk memilih lawan di luar zona yang akan kita lalui, seperti memiliki lawan dari Amerika Selatan, ataupun Eropa.

Karena untuk zona Asia sendiri pun, sebenarnya Indonesia masih memiliki alternatif pilihan negara yang semestinya mampu diajak beruji coba baik sebagai tamu ataupun sebagai tuan rumah. Dibutuhkan lawan-lawan yang mampu mempresentasikan negara-negara yang berada diwilayah yang sama dengan negara yang akan beruji coba dengan Indonesia. Karena selain peringkat FIFA, kita pun butuh lawan yang tepat agar Timnas Indonesia tidak gagap ketika menghadapi lawan-lawan yang lebih kuat diwilayah Asia, berikut beberapa negara yang mungkin menjadi lawan Timnas Indonesia:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Hongkong.

Rasanya negara ini cocok menjadi lawan pertama Indonesia dalam ujicoba bulan Maret 2023 nanti, dimana Indonesia membutuhkan lawan yang secara ranking berada di atas Indonesia namun punya kemungkinan besar mampu menang terhadapnya. Hongkong saat ini berada diperingkat 146 FIFA, lima tangga di atas Indonesia dan berada di wilayah Asia Timur sama seperti Korea Selatan, Jepang, ataupun China Daratan dan merupakan salah satu peserta Piala Asia 2023. Dengan peringkat Liga Hongkong sendiri berada di nomor enam versi AFC saat ini, ditambah Hung Fai-Yapp yang menjadi andalan dengan 82 penampilan bersama Timnas Hongkong, rasanya tim ini cocok sebagai lawan pertama Indonesia sebagai sarana proses adaptasi Shayne-Sandy dengan Timnas Indonesia sekaligus menjadi representasi tim-tim dari Asia Timur.

2. Tajikistan

Tajikistan, dalam empat tahun terakhir mengalami perkembangan pesat dalam bidang olahraga sepakbolanya. Negara berperingkat 108 FIFA ini rasanya cocok sebagai perwakilan tim-tim Asia Tengah untuk menjadi lawan kedua Indonesia. Negara ini pun lolos pertama kali Piala Asia 2023 dan secara liga, Liga Tajikistan sendiri berada diperingkat 13 versi AFC. Tentu kita cukup mengenal beberapa pemain Timnas Tajikistan seperti Nuruddin Davronov atapun Manuchekhr Dzalilov mantan pemain Sriwijaya FC dan Persebaya Surabaya yang sudah mengemas 47 penampilan dan 20 gol bersama Timnas Tajikistan ini menurut Transfermarkt. Sebagai representasi Asia Tengah, tim ini layak dicoba.

3. India

Negara ini, dulunya tidak memiliki banyak pembicaraan dikancah sepakbola dunia namun semenjak unjuk gigi di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan 2022 negara ini mulai diperhitungkan di Asia Selatan dan Asia sebagai salah satu negara kemajuan yang pesat, dibuktikan dengan berada diperingkat 106 FIFA dan memiliki peringkat kompetisi 14 versi AFC. Sebagai salah satu peserta Piala Asia 2023 pula, dengan mengandalkan Sunil Chettri dilini depan mereka yang sudah bermain 131 kali dengan 84 gol India akan menjadi lawan sepadan sebagai representasi lawan dari negara Asia Selatan diujicoba ketiga.

4. Bahrain

Terakhir, Bahrain. Negara yang berada di zona Asia Barat yang berada diperingkat 85 FIFA dengan peringkat kompetisi berada diposisi 20 versi AFC. Apalagi ada satu pemain Bahrain yang bermain untuk tim besar Indonesia, Persija Jakarta yaitu Abdullah Yusuf Helal yang sudah mengemas 59 penampilan dan lima gol. Denga perbedaan ranking FIFA hampir 70 anak tangga dari Indonesia, ini akan mampu menjadi penutup ujicoba yang menantang.

Namun, ini hanyalah saran dari penulis kepada federasi bahwa dalam menentukan lawan ujicoba rasanya tidak hanya melulu tentang ranking yang lebih tinggi. Namun, kebutuhan tentang pengenalan karakter calon lawan rasanya penting. Siapapu nanti lawan ujicoba, rasanya PSSI dan Shin Tae-yong sudah melakukan pembahasan mau lawan seperti apa yang mereka mau, tapi mencoba beberapa negara di atas pun rasanya tidak salah bukan?

Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu