x

Iklan

Lia Ma'murotul Hasanah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Februari 2023

Minggu, 5 Februari 2023 19:23 WIB

Kesehatan Mental di Lingkungan Sekolah

Tugas Bahasa Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesehatan mental adalah suatu kesehatan yang terkait pada aspek mental dan emosional seorang individu. Masa remaja merupakan masa di mana mereka sering mengalami stres karena diusia remaja kita mengenal peristiwa tertentu pada kehidupan. Maka dari itu, tujuan siswa perlu untuk mendapatkan perhatian lebih.

Kesehatan mental dilingkungan sekolah siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor keluarga, pertemanan, gaya hidup, sosial, dan berbagai faktor lainnya. Kesehatan mental dilingkungan sekolah memiliki peranan yang sangat penting karena dilingkungan sekolah perlu adaptasi dengan lingkungan yang banyak macam pergaulan yang bisa menyebabkan siswa kadang merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, siswa tetep harus melakukan adaptasi dengan lingkungan sekolah.

Stres, stres merupakan suatu kesehatan mental dilingkungan sekolah yang sering dialami siswa. Sebagai berikut beberapa hal yang sering menyebabkan stres :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Ketakutan dan kecemasan mengenai kesehatan diri maupun kesehatan orang lain yang disayangi.

2. Perubahan pola tidur dan pola makan.

3. Sulit tidur dan konsentrasi.

4. Menggunakan obat-obatan.

5. Tekanan tugas-tugas.

 

Cara untuk menghilangkan stres dengan kita menyusun atau merencanakan hal yang perlu kita selesaikan dengan matang, prioritas kan hal yang terpenting dulu, dan jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan orang lain ketika tugas menumpuk. Dan yang terpenting harus memiliki waktu diri sendiri untuk membahagiakan diri sendiri. Stres akan muncul karena kecemasan diri sendiri yang berlebihan. Selama kondisi tidak cemas maka kondisi mental akan baik saja. Namun kalo rasa sudah melebihi batasnya, diri sendiri harus sadar kalo kondisi tidak baik baik saja.

 

Untuk meredakan stres ada beberapa hal yang bisa membantu :

1. Mendapatkan dukungan emosional dari orang tersayang atau teman.

2. Mencoba untuk tidak membebani diri sendiri dengan tidak banyak pikiran.

3. Mengatur polah tidur yang cukup.

4. Tetap menjalin hubungan harmonis dengan keluarga.

 

Lingkungan sekolah harusnya menjadi dunia yang sangat dinikmat bukan untuk menjadi hal yang memicu stress. Dengan cara mengatasi kesehatan dilingkungan sekolah, maka akan menjadi menyenangkan dan bermanfaat.

 

Ikuti tulisan menarik Lia Ma'murotul Hasanah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu