x

Iklan

25_Ratri Dwi Meilinda_XI AKL 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2023

Rabu, 8 Februari 2023 08:29 WIB

Yuk! Ketahui Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental bagi Remaja

Kenali mental health yuk, buat kalian yang masih remaja juga perlu menjaga kesehatan mental health kalian lohh! Jangan dianggap sepele ya!! Aku sering baca di komen TikTok nih, kalau banyak sekali remaja yang mengeluh kesehatan mentalnya terganggu. Mau tau lanjut tentang kesehatan mental? Yuk, simak artikel ini yaa... thank u so much. Silahkan mampir

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

 

Belakangan ini banyak orang tua yang tidak menyadari jika anaknya sedang mengalami masalah terkait kesehatan mental. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka akibatnya sesuatu yang buruk dan berbahaya dapat saja terjadi, seperti bunuh diri. Namun, masih banyak alasan lainnya yang membuat kesehatan mental remaja harus dijaga tetap prima.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kesehatan Mental

1. Apa itu kesehatan mental?

Mental adalah hal-hal rohani berkaitan dengan pikiran dan sifat manusia. Dengan kata lain, kesehatan jiwa adalah suatu keadaan dimana pikiran dan karakter seseorang berada dalam keadaan normal, tenang dan damai, sehingga memungkinkan untuk beraktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih memahami hal ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebutkan bahwa kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Hal-hal ini membantu orang berpikir, merasakan dan bertindak, mengelola stres, terhubung dengan orang lain, dan membuat keputusan berdasarkan informasi.

Namun, CDC menekankan bahwa kesehatan mental yang buruk dan penyakit mental bukanlah hal yang sama. Seseorang mungkin mengalami kondisi mental yang buruk, tetapi mereka mungkin tidak didiagnosis dengan jenis gangguan kesehatan mental tertentu. Di sisi lain, orang yang telah didiagnosis dengan penyakit mental juga dapat mengalami periode kesejahteraan mental, fisik, dan sosial yang baik.

2. Berikut Alasan untuk Menjaga Kesehatan Mental Remaja

Masa remaja bisa menjadi tahap di mana Anda paling berisiko mengalami masalah kesehatan mental. Karena, kaum muda harus melalui berbagai perubahan dan tantangan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini juga terjadi saat otak remaja masih berkembang.

Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan kesehatan mental yang baik untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu, mereka dapat membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitarnya, beradaptasi dengan perubahan, dan menghadapi tantangan hidup.

Beberapa alasan lain mengapa kesehatan mental remaja harus dijaga adalah sebagai berikut

• Kemampuan untuk pulih dari kekecewaan dan keterkejutan.

• Merasa lebih bahagia, lebih positif, dan lebih menikmati hidup.

• Memiliki rasa pencapaian yang besar.

• Banyak berpartisipasi dalam kegiatan sosial.

• Mampu untuk menjadi bagian dari komunitas.

Selain itu, kesehatan mental anak yang dirawat dengan baik juga dapat menunjang kesehatan fisiknya. Hasilnya, mereka lebih aktif dan sehat, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan istirahat yang cukup.

Orang tua juga harus memahami apakah anak dengan kesehatan mental yang baik dapat mendukung keberhasilan mereka dalam memperoleh pendidikan atau bahkan dalam karir di masa depan mereka.

3. Ciri-ciri Terkena Gangguan Mental:

Menentukan ciri-ciri gangguan jiwa sebenarnya tidak rumit, banyak dari kita menemukan ini dalam kehidupan kita sehari-hari saat kita berinteraksi dengan orang lain.

Gejala yang bisa Anda ketahui adalah sebagai berikut :

• Emosi tidak teratur

• Sering merasa tidak berguna

• Perubahan perilaku yang tidak wajar

• Kesulitan tidur

• Nafsu makan menurun

4. Jenis-jenis Gangguan Mental:

Banyak sekali jenis gangguan jiwa, namun dalam pembahasan ini ada lima jenis yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

1. Depresi

Gangguan jiwa yang satu ini sudah tidak asing lagi di dengar. Depresi dapat berdampak besar pada cara Anda menjalani aktivitas sehari-hari.

Umumnya orang yang depresi selalu cemas, sedih dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas apapun.

2. Skizofrenia

Skizofrenia adalah penyakit serius dan bisa berbahaya. Pasalnya, seseorang dengan penyakit ini memiliki halusinasi yang kuat dan jauh dari fakta sebenarnya.

3. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang menyebabkan emosi seseorang berubah secara radikal. Terkadang sangat bahagia, terkadang kesedihan yang mendalam.

Seseorang dengan kondisi ini dapat melakukan hal yang sangat ekstrem, seperti B. Menyakiti diri sendiri dan pikiran untuk bunuh diri.

4. Gangguan Obsesif Kompulsif (OCD)

Gangguan jenis ini mengganggu kebutuhan penderitanya untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Kegagalan untuk melakukan ini dapat menyebabkan kecemasan yang mendalam.

 5. Gangguan Kecemasan

Kecemasan adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kecemasan ketika bereaksi terhadap suatu objek atau situasi.

Pasien biasanya mengalami kecemasan yang intens diikuti dengan perubahan gejala fisik seperti peningkatan denyut jantung dan berkeringat.

Gangguan kecemasan ini meliputi rasa takut pada tempat atau kelompok umum, panik dan takut pada apapun. Jika Anda pernah terlalu takut di depan umum, Anda mungkin mengalami kondisi ini.

5. Cara Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja

Hal terpenting untuk menjaga kesehatan mental anak remaja adalah memberikan cinta dan dukungan. Ketika seorang anak memiliki hubungan emosional yang erat dengan orang tuanya, mereka cenderung tidak mengalami masalah kesehatan mental.

6. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan orang tua:

• Orang tua harus menunjukkan cinta, kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak mereka.

• Berpartisipasi dalam kehidupan anak, memberikan apresiasi atas prestasi dan dukungan kepada mereka ketika anak merasa gagal.

• Selalu menghargai pemikiran dan pendapat anak.

• Biasakan menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda.

• Selalu terbuka pada anak yang ingin berbagi perasaannya agar bisa mencari solusi bersama.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan mental dengan kesehatan fisik, antara lain:

1. Berolahraga secara teratur.

2. Terapkan kebiasaan makan yang sehat.

3. Tidur teratur yang cukup setiap hari.

4. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

Itulah beberapa alasan yang perlu dipahami orang tua agar kesehatan mental remaja tetap terjaga. Anak-anak dengan masalah kesehatan mental dapat mengalami gangguan pertumbuhan atau bahkan ketidakmampuan belajar. Peran orang tua menjadi salah satu isu utama dalam mendukung kesehatan mental anak.

“Kesehatan mental pada remaja harus menjadi perhatian orang tua. Hal ini karena seseorang dengan gangguan jiwa bisa menjadi salah satu faktor pemicu berbagai masalah seperti depresi hingga bunuh diri.”

Terima kasih para readers sudah mampir membaca artikel ini.... Semoga ilmunya bermanfaat yaa. Terutama bagi kalian para remaja.. sudah paham yaa tentang kesehatan mental? Yuk, jaga kesehatan mental kalian!!

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik 25_Ratri Dwi Meilinda_XI AKL 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler