x

ilustr: medium

Iklan

srilaelifitriana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 07:03 WIB

Dunia Usaha Tidaklah Semudah yang Dibayangkan

TUGAS BAHASA INDONESIA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asal mula kewirausahaan dapat dijabarkan sebagai berikut: wirausaha secara historis sudah dikenal sejak diperkenalkan oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Di luar negeri, istilah kewirausahaan telah dikenal sejak abad 16, sedangkan di Indonesia baru dikenal pada akhir abad 20.

Berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/1995, Kewirausahaan adalah semangat,sikap, perilaku,dan kemampuan seseorang untuk menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar 

Pengertian wirausaha diambil dari kata “wira” yang berarti pejuang, dan “usaha” yang berarti aktivitas.Tindakan yang mengerahkan pemikiran,kreativitas,usaha dan kerja keras untuk mewujudkan suatu hal baru.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wirausahawan adalah orang yang bertanggung jawab dalam menyusun, mengelola,dan mengukur risiko suatu usaha.Yang kita ketahui bahwa perkembangan kewirausahaan sangat lah pesat sehingga banyak para wirausaha berlomba bersaing untuk mensukseskan produk yang dihasilkan.Banyak wirausahawan yang berjaya dalam bidang nya masing-masing.Para wirausaha bekerja keras untuk mencapai target yang sesuai diharapkan.Yang dapat mensukseskan atau melambungkan nama produk yang dihasilkan hingga kemancanegara maupun berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Untuk mengembangkan kewirausahaan, anda harus memiliki 5 setrategi seperti berikut:

1.Capai mimpi anda dengan visi yang baik.

2.Membuat inovasi baru yang solutif.

3.Miliki kepemimpinan yang Baik.

4.Membangun tim yang solid.

5.Menjadi pendamping untuk masyarakat.

Dalam berwirausaha ada kalanya masa keberhasilan dan kegagalan.Beberapa faktor wirausaha berhasil meraih kesuksesan yaitu kemauan dan tekad yang kuat, Perencanaan yang matang, Kreatif dan inovatif, Memiliki koneksi dan jaringan yang luas, Mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada, Memiliki strategi pemasaran yang efektif.

Disini saya akan mengambil salah satu contoh pengusaha muda yang sukses yaitu Dea Valencia.

Berdasarkan informasi dari liputan6.com

Dea Valencia adalah pengusaha muda sekaligus pendiri Batik Kultur. Perempuan kelahiran Semarang, 14 Februari 1994 ini mengawali perjalanannya dengan berdagang Batik Lawas milik ibunya. Sejak kecil, Dea memang sudah dikenalkan dengan Batik.

Dea mengerti betul tentang proses pembuatan Batik Tulis dari hulu ke hilir. Berawal dari satu orang penjahit di sudut rumahnya, kisah Batik Kultur dimulai. 

"Semua ini aku mulai dari membantu mama menjual koleksi Batik yang kebanyakan adalah Batik Lawas. Saat itu dalam bentuk kain, sambil berjualan juga sambil mempelajari," kata Dea Valencia saat Grand Opening Batik Kultur di Kaca Coffe and Eatry, Jakarta, Sabtu 23 Maret 2019.

Yang kita ketahui berwirausaha tidaklah mudah banyak hambatan dan rintangan yang akan dilalui.semua tidak akan sukses dengan secara singkat.Butuh pengorbanan, semangat,kerja keras, kreativitas,dan tidak boleh pantang menyerah.

Ikuti tulisan menarik srilaelifitriana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler