x

Iklan

Elja Erwita Sinaga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 07:16 WIB

Kemiskinan di Palangka Raya Membutuhkan Solusi Bersama

Kemiskinan adalah masakah yang melibatkan banyak aspek dan melibatkan banyak aspek dan memikiki dampak besar terhadap perekonomian dan masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Palangka Raya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah masih ada banyak warga di kota tersebut yang hidup dalam kategori kemiskinan. 

Kemiskinan adalah masalah yang mempengaruhi daerah daerah yang sedang berkembang. Situasi ini sering menyebabkan kesulitan bagi individu untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti, makanan, pakaian, dan tempat tinggal yang layak. Kemiskinan juga mempengaruhi akses individu terhadap Pendidikan dan kesehatan yang memadai.

Saat ini kemiskinan masih terjadi di berbagai daerah, meskipun tingkatnya berbeda beda. Di beberapa daerah tersebut, tingkat kemiskinan sangat tinggi, dan mempengaruhi sejumlah besar penduduk. Dalam beberapa kasus tingkat kemiskinan bahkan meningkat selama pandemi Covid-19, karena banyak perkerjaan hilang dan bisnis tertutup. Sehingga banyak orang yang terkena dampak dan jatuh kebawah garis kemiskinan. Menurut data dari badan-badan pemerintah dan organisasi internasional, jumlah orang miskin di negara kita meningkat sejak pandemi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya itu, anak-anak dan perempuan terutama rentan terhadap dampak kemiskinan. Mereka seringkali kekukarangan akses Pendidikan dan kesehatan, dan terpapar risiko kekerasan dan diskriminasi. 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) , tingkat kemiskinan di Palangka Raya pada tahun 2020 sebesar 22,8%. Angka ini menunjukkun bahwa sekitar 60.000 warga di kota ini hidup dalam kondisi miskin. 

Penyebab utama kemiskinan di Palangka raya adalah rendahnya tingkat Pendidikan dan keterampilan warga , serta minimnya peluang kerja yang layak . Banyak warga yang hanya bisa bekerja sebagai buruh tani atau buruh pabrik dengan gaji rendah .

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah setempat sedang berupaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan dan keterampilan warga, serta menciptakan peluang kerja baru. Beberapa proyek pembangunan infrastruktur dan pengembangan lsektor industri juga sedang berlangsung di kota Palangka Raya untuk meningkatkan kondisi ekonomi warga. Perlu adanya upaya Bersama dari pemerintah, swasta, masyarakat,dan organisai Internasional. Pemerintah harus memprioritaskan pembangunan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja serta memberikan bantuan social bagi yang membutuhkan dan memastikan bahwa program-program ini dapat berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat yang maksimal bagi warga.

Secara keseluruhan, kemiskinan di Palangka Raya masih merupakan masalah yang harus diselesaikan. Pemerintah, swasta, dan masyarakat harus bekerja sama untuk mengatasi masalah tersebut dan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga untuk hidup dalam kondisi yang lebih baik. Sebagai masyarakat, kita juga bisa ikut membantu dengan berdonasi atau memberikan sumbangan kepada organisai yang peduli dengan masalah kemiskinan . Kita juga bisa menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang masalah ini, agar lebih banyak orang terlibat dalam upaya memerangi kemiskinan. 

Kemiskinan adalah masalah global yang membutuhkan solusi Bersama. Mari kita Bersatu untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih adil dan merata bagi semua orang

Ikuti tulisan menarik Elja Erwita Sinaga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB