x

Foto Ikin Saat Menang Dalam Ajang Pemilihan Duta Kampus

Iklan

Sukron Makmun, M.Si

Dosen FISIP UNEJ
Bergabung Sejak: 17 Februari 2023

Jumat, 17 Februari 2023 20:28 WIB

Sukses Setelah Mengalami 17 Kali Kegagalan

Sukses Setelah Mengalami 17 Kali Kegagalan Jember, 17 Februari 2023 Muhammad Nurul Muflikhin atau yang biasa dipanggil Ikin mahasiswa pada Program Studi Kesejahteraan Sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember ini memiliki kisah yang cukup menarik. Pasalnya, selain memiliki segudang prestasi Ikin ternyata juga pernah mengalami berbagai macam kegagalan dalam bidang akademik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sukses Setelah Mengalami 17 Kali Kegagalan

Jember, 17 Februari 2023

Muhammad Nurul Muflikhin atau yang biasa dipanggil Ikin, mahasiswa pada Program Studi Kesejahteraan Sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, ini memiliki kisah yang cukup menarik. Pasalnya, selain memiliki segudang prestasi Ikin ternyata juga pernah mengalami berbagai macam kegagalan dalam bidang akademik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Setidaknya saya 17 kali mendaftar sebagai calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri baik yang seleksi nasional maupun yang seleksi mandiri. Alhamdulillah saya tidak patah semangat dan akhirnya pada seleksi ke 18 akhirnya lolos seleksi juga,” ujar Ikin saat ditemui disela-sela aktifitas kampusnya, (17/2).

Menurut Ikin, dukungan orang tua menjadi bagian penting dalam proses yang dia lalui selama mengikuti berbagai seleksi. Setiap kali gagal orang tua Ikin selaku menguatkan dirinya agar bisa mengikuti seleksi yang lain.

“Pasti bisa, kata-kata itu yang hingga saat ini selalu saya ingat dan menjadi penguat pribadi saya Ketika menghadapi suatu hal yang sulit dalam proses perkuliahan. Alhamdulillah berkat doa mereka (orang tua) saya selalu diberikan kemudahan dan bisa,” kat Ikin.

Berhasil menjadi mahasiswa Universitas Jember tidak kemudian membuatnya berbangga diri. Ikin justru memilih untuk berusaha kuat agar mampu menorehkan prestasi baik akademik maupun nonakademik. Kerja kerasnya ternyata membuahkan hasil yang manis. Terbukti, sedikitnya 12 penghargaan berhasil dia raih sejak menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Jember.

“Alhamdulillah sekarang saya sudah semester 6. Pada tahun 2022 saya terpilih sebagai juara 1 mahasiswa berprestasi FISIP UNEJ, saya juga menjadi bagian dari Awardee Bright Scholarship untuk tahun 2021-2023,” ujar pria kelahiran Jombang ini.

Atas prestasinya yang gemilang ini Ikin pun terpilih sebagai salah satu Duta Kampus Universitas Jember. Ikin kini juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang ada di kota kelahirannya. Selain itu Ikin juga terlibat dalam kegiatan sosial lain.

“Alhamdulillah saat ini saya terlibat aktif dalam kegiatan Insan GenRe Kabupaten Jombang dan Senyum Anak Nusantara chapter Jombang. Kegiatannya adalah memberikan pendidikan maupun informasi seputar kesehatan dan isu-isu kependudukan di daerah 3T,” ujar pria yang bercita-cita menjadi Mentri Sosial ini.

Dari kegagalannya Ikin mengaku percaya bahwa cobaan yang diberikan Allah tidak akan melebihi batas kemampuan manusia. Dari pengalamannya itu Ikin kemudian menyimpulkan bahwa Allah menginginkan hambanya untuk terus berjuang.

“Kebanggaan kita yang terbesar bukan berarti tidak pernal gagal. Tetapi kebanggaan kita terbesar adalah ketika kita mau bangkit kembali saat kegagalan itu terjadi,” pungkas Ikin. [moon]

 

Ikuti tulisan menarik Sukron Makmun, M.Si lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu