x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 20 Februari 2023 07:32 WIB

Kolaborasi BEM Faperta IPB dan Taman Bacaan Lentera Pustaka, Apa yang Dilakukan?

Gerakan literasi harus melibatkan mahasiswa. Karena itu, BEM Faperta IPB kolaborasi bersama TBM Lenetra Pustaka. Apa yang dilakukan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Badan Eskekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian IPB hari ini melakukan kunjungan penjajakan kerjasama prpgram kerja literasi dan pengabdian masyarakat di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor (19/02/2023). Dipimpin Rosyid (Ketua BEM Faperta IPB) dan diterima oleh Syarifudin Yunus (Pendiri TBM Lenetra Pustaka), penjajakan dimulai dengan diskusi akan pentingnya optimalisasi program literasi di taman bacaan, di samping keterlibatan mahasiswa dalam gerakan literasi.

Selain aktivitas literasi di taman bacaan, BEM Faperta IPB pun akan menggelar aktivitas secara berkala sepanjang tahun 2023 sebagai wujud kepedulian sosial terhadap problematika masyarakat di daerah. Pemberdayaan masyarakat melalui program berkelanjutan dan berdampak langsung. Beberapa program yang akan digodok BEM Faperta IPB ke depan, antara lain: optimalisasi kegiatan seni budaya berbasis kearifan lokal, laboratorium tanam, inisiasi program akuatik, optimalisasi kebun baca, dan aktivitas bakti sosial di taman bacaan dalam upaya memotivasi anak-anak taman bacaan.

“TBM Lentera Pustaka sangat apresiasi kepada BEM Faperta IPB yang konsisten peduli dan Kerjasama dengan taman bacaan. Kolaborasi antara taman bacaan dan mahasiswa memang harus terus dipelihara, Demi tegaknya tradisi baca dan budaya literasi masyarakat yang lebih berdampak kepada masyarakat” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Patut diketahui, BEM Faperta IPB sudah memasuki tahun ke-5 bekerja sama dengan TBM Lentera Pustaka. Sebagai perguruan tinggi berlokasi di Bogor, BEM Faperta IPB mewujdukan tanggung jawab sosial mahasiswa kepada masyarakat. Selain menginisiasi aktivitas taman bacaan, nantinya BEM Faperta IPB pun siap melakukan riset berbasis masyarakat. Sebagai bagian optimalisasi data demografi masyarakat.

Harapannya, Kerjasama BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka dapat meningkatkan daya cengkeram taman bacaan di masyarakat sebagai sentera pemberdayaan masyarakat secara kolaboratif. Salam literasi #BEMFapertaIPB #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu