x

Aplikasi TikTok

Iklan

29_Shinta Utami_XI MM 2

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Februari 2023

Selasa, 28 Februari 2023 19:39 WIB

Viral untuk Mendapat Uang?

Media sosial adalah media online yang dapat digunakan oleh banyak orang untuk memudahkan kita semua dalam berkomunikasi, untuk berbagi pengalaman, memposting banyak foto dan video untuk dijadikan kenangan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 Media sosial adalah media online yang dapat digunakan oleh banyak orang untuk memudahkan kita semua dalam berkomunikasi, untuk berbagi pengalaman, memposting banyak foto dan video untuk dijadikan kenangan. Media sosial itu ada banyak jenisnya, contohnya seperti WhatsApp, Tiktok, Twitter, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Adanya media sosial juga mempengaruhi kehidupan sosial dalam bermasyarakat. Pada zaman sekarang semua orang sibuk dengan gadget sampai dengan anak kecil pun juga ikut sibuk dengan gadget. Ada saalah satu aplikasi yang terkenal dikalangan remaja dan anak-anak yaitu adalah aplikasi Tiktok.

 Aplikasi Tiktok merupakan salah satu media online yang cukup terkenal dikalangan anak-anak hingga remaja. Aplikasi tiktok adalah sebuah aplikasi untuk membuat dan membagikan aneka macam video pendek, yang dimainkan dengan cara men-scroll layar keatas ataupun ke bawah. Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur comment untuk komentar, fitur story, fitur live, fitur posting ulang, dan fitur lainnya. Banyak anak muda yang mau memposting dance random atau video lainnya untuk di up ke Tiktok. Tak jarang banyak juga orang tua yang menggunakan aplikasi Tiktok ini supaya tidak ketinggalan zaman dari para anak muda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Media sosial mempunyai sisi positif dan negatif. Contoh sisi positif,yaitu: memudahkan semua orang dalam berkomunikasi, memudahkan anak-anak dan remaja lainnya untuk belajar online seperti menggunakan aplikasi ruang guru, bisa juga dijadikan untuk berjualan online, dan lain sebagainya. Sementara sisi negatif nya yaitu: bisa menjadi motif kejahatan, saling melempar komentar yang isinya mencela satu sama lain,membuat anak-anak hingga remaja menjadi malas dan hanya berfokus pada gadget masing-masing, dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu bermunculan video viral di tiktok yaitu live dari salah satu pengguna akun tiktok menampilkan orang tua yang sudah berumur akan mandi lumpur. Di situ terlihat ada orang tua yang sudah berumur yang mandi air di sebuah kolam, jumlah mereka mengguyur badan tergantung pada jumlah koin atau gift yang diberikan selama live streaming. Koin ini bisa dalam bentuk gift mawar, topi berkumis, atau lainnya yang tersedia pada fitur tersebut dengan nominal yang berbeda-beda.

Setelah ditelusuri ternyata orang tua tersebut disuruh oleh anaknya untuk melakukan live mandi lumpur tersebut supaya mendapatkan uang. Diketahui dalam satu hari melakukan live mandi lumpur bisa mendapatkan uang sekitar Rp1 juta. Konten mandi lumpur ini mendapat banyak hujatan masyarakat karena dinilai sebagai mengemis online. Oknum seperti inilah contoh dari sekian banyak orang yang telah menyalahgunakan fungsi dari media sosial.

Oleh karena itu kita harus kita harus bijak dalam bersosial media dan harus bijak dalam menggunakan teknologi yang ada. Jadi, kita tidak boleh melakukan hal-hal yang negatif untuk cepat mendapatkan uang. Konten mandi lumpur ini adalah cara yang tidak benar atau tidak mendidik dalam memanfaatkan teknologi yang sudah maju ini. Mandi lumpur ini menjadi contoh bahwa kita dengan mudah menggunakan media sosial untuk mencari uang, namun caranya yang tidak benar. Dengan itu kita harus dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan membuat konten yang pantas dan mendidik.

 

Ikuti tulisan menarik 29_Shinta Utami_XI MM 2 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler