x

Y

Iklan

25_SALSABILA YUDIKA_XII MM 2

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Maret 2023

Rabu, 1 Maret 2023 14:50 WIB

Kesehatan Mental Masa Pandemi

Kesehatan metal adalah kondisi dimana seseorang mepunyai kesejahteraan yang terlihat dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya dan mampu bekerja secara produktif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesehatan metal adalah kondisi dimana seseorang mepunyai kesejahteraan yang terlihat dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya dan mampu bekerja secara produktif. Gangguan kesehatan mental bukanlah sebuah keluhan dari sebuah keturunan.

Pikiran yang berat dan tuntutan hidup yang berdampak stress berlebih akan berpengaruh besar terhadap kesehatan mental kita. Berbagai permasalahan yang di alami termasuk yang sedang marak saat ini yaitu Covid – 19.

Pandemi Covid telah menimbulkan dampak yang luas dari sisi ekonomi, sosial, dan personal. Masyarakat terpaksa menghentikan dan mengurangi kegiatan yang berada di luar rumah bahkan harus mengisolasi diri ketika terpapar virus Covid-19. Kesepian dan isolasi juga dapat meningkatkan depresi dan kecemasan yang tinggi pada masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gangguan kecemasan ialah dimana seseorang mengalami rasa cemas yang berlebih hingga sulit dikendalikan dan berampak buruk pada kehidupan sehari hari. Oleh karena itu kesehatan mental perlu perhatian ekstra pening sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan mental. Pandemi Covid ini adalah pandemi yang sangat berpengaruh pada manusia yang menyebabkan ketakutan dan kegelisahan karena banjirnya informasi informasi tentang kematian seseorang dan lain sebagainya.

Padahal hampir 1 milyar orang hidup dengan gangguan mental, 3 juta orang meninggal karena mengonsumsi alkohol, dan 1 orang bunuh diri setiap 40 detik. Pandemi Covid ini tidak hanya berpengaruh pada kedehatan fisik tetapi juga sangat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Berbagai permasalahn yang muncul karena pandemic ini di nilai menjadi sumber permasalahan kesehatan mental baru bagi masyarakat.

Gangguan kesehatan mental yang terjadi di masa pandemi ini mulai dari yang ringan sampai yang berat, yaitu seperti cemas berlebih, trauma, stress, serta masalah kesehatan lainnya. Kelompok yang paling merasakan dampak gangguan mental ini adalah perempuan, anak remaja, serta lanjut usia. Saat ini mulyaran orang telah telah terpengaruh oleh pandemi covid 19 yang berdampak pada kesehatan mental. Pemerintah harus mengubah layanan kesehatan mental ke dalam layanan berbasis masyarakat untuk memastikan cakupan layanan kesehatan mental. 

Ikuti tulisan menarik 25_SALSABILA YUDIKA_XII MM 2 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler