x

Kecanduan gadget telah menjamur dalam semua generasi

Iklan

Siti Nikmatul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Februari 2023

Kamis, 2 Maret 2023 09:16 WIB

Dari Media Informatif Menjadi Konten Adiktif

Selain membuat kecanduan, ternyata gadget dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada penggunanya. Namun sebelum itu terjadi, ada beberapa tips untuk mencegahnya. Berikut juga terdapat penjelasan mengenali dampak dampak apa yang ditimbulkan gadget dalam kehidupan kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gadget (bahasa Indonesia: Gawai) adalah suatu perangkat elektronik canggih yang didesain untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan komunikasi dua arah atau lebih. Gadget sendiri terdiri dari Smartphone, Laptop, Kamera Digital, dll. Di dalam Gadget terdapat bermacam macam aplikasi yang di desain untuk memudahkan pekerjaan manusia. Keberadaan gadget di desain untuk memudahkan penggunanya, namun beberapa orang justru menyalahgunakan fungsi tersebut. Dari berbagai jenis gadget, yang memiliki tingkat kecanduan tinggi adalah smartphone. Menggunakan handphone berlebih dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

Adapun dampak positif dan negatif bermain gadget, yaitu

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Dampak Positif: 

1. Media informatif

   Gadget sebagai media informasi digunakan untuk melakukan interaksi antar pengguna dengan fleksibel, tanpa terhalang jarak dan waktu. Contoh : WhatsApp, Instagram, KakaoTalk, Messenger, dll.

2. Alat rekreasi

   Selain sebagai media informasi gadget juga digunakan sebagai media rekreasi yang disebut juga bermain game. Game nya pun sekarang bervariasi, mulai dari game offline, online maupun multiplayer. Dampak positifnya yaitu bermain game dapat menghilangkan stress jika digunakan sesuai aturan.

3. Media pembelajaran

   Ternyata gadget juga memberi dampak positif bagi bidang pendidikan dan pengajaran. Yang biasanya proses belajar mengajar harus bertemu dan bertatap muka langsung, maka dengan adanya gadget, pembelajaran menjadi lebih efektif. Seperti jika kita ingin mempelajari materi yang belum paham dengan media audio visual, kita dapat menonton di YouTube. Dan jika kita ingin membaca rangkuman materi dan contoh soal kita dapat menemukannya di Google.

 

Setelah kita membahas dampak positifnya mari kita membahas dampak negatif nya.

 

Dampak negatif

1. Kurang interaksi sosial

   Karena terlalu sering berinteraksi secara online, itu dapat membuat seseorang susah dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung. Akibatnya seseorang dapat menjadi individu yang tertutup.

2. Akses informasi tanpa seleksi

   Karena penggunaan gadget fleksibel dan tidak terbatas antara ruang dan waktu membuat informasi dapat menyebar dengan cepat. Itu dapat membuat sebagian orang percaya akan informasi yang tidak tahu kebenarannya dan membagikan informasi tersebut kepada orang lain.

3. Media bullying

   Dalam media sosial kita tidak tahu seperti apa wajah dan karakter yang berinteraksi dengan kita. Sehingga seseorang biasanya melontarkan kata kata ujaran kebencian dan perundungan tanpa memikirkan kesehatan mental seseorang.

4. Kecanduan gadget

   Kondisi ini biasanya sering terjadi pada anak di bawah umur yang menggunakan smartphone tanpa dikontrol oleh orang tua. Biasanya untuk anak yang sudah kecanduan gadget akan menunjukan sikap emosional, cepat lelah, kurang fokus dan mata memerah jika tidak bermain gadget.

 

Gadget membawa pengaruh negatif dan positif tergantung dari orang yang memakai. Jika orang tersebut menggunakan gadget untuk hal hal positif maka dampak yang didapatkan juga hal hal positif, begitu juga dengan sebaliknya.

Namun kalian tau ngga sih, bahwa kecanduan gadget dapat mempengaruhi kesehatan mental? Yuk berikut simak penjelasan pengaruh gadget terhadap kesehatan mental :

1. Adiksi game

   Karena gadget memiliki fitur dan aplikasi yang menarik sehingga membuat beberapa orang kecanduan dalam bermain game atau sosial media. Rata-rata Indonesia menggunakan gadget mereka sekitar 5,7 jam per hari.

2. Insomnia 

   Sekitar 71% orang tidur dengan atau di samping handphone. Dari 10% orang akan mengecek hp-nya lebih dari 10 kali saat malam hari. Oleh karena itu orang yang sudah kecanduan dalam bermain handphone akan memiliki kebiasaan untuk selalu membuka handphone nya hanya sekedar untuk mengecek notifikasi terbaru.

3. Depresi

   Remaja yang kecanduan gadget tingkat depresi nya 2x lebih banyak daripada orang normal. Itu bisa disebabkan karena tingkat cyber bullying dalam sosial media lebih buruk. 

4. Adiksi internet dan media sosial

   Kurang lebih dari 3,1 milyar orang di dunia ini adalah pengguna sosial media. Dan diantaranya 210 juta orang mengalami kecanduan dalam bermain gadget. Penggunaan gadget berlebih dapat mempengaruhi kepribadian orang. Seperti lebih emosional, rasa cemas jika tidak memegang gadget, dan lebih sensitif.

 

   Dampak positif atau negatif yang timbul, tergantung dari diri kita sendiri dalam membatasi bermain gadget. Jika sudah dalam tahap kecanduan gadget, kita masih bisa memulihkannya dengan :

1. Rutin berolahraga.

2. Bermain mainan tradisional bersama teman sebaya.

3. Membaca buku cerita.

4. Melakukan kegiatan sesuai minat dan bakat (hobi).

 

   Bijaklah menggunakan gadget di era globalisasi ini. Carilah informasi dari sumber yang terpercaya dan janganlah percaya pada berita hoax. Gunakan handphonemu untuk tujuan yang baik dan jangan membuat handphone mempengaruhimu. Karena hidupmu adalah milikmu.

Ikuti tulisan menarik Siti Nikmatul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler