x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Selasa, 7 Maret 2023 17:30 WIB

Menikmati Keelokan Pantai Panjang di Bumi Rafflesia

Salah satu pantai yang elok di Bengkulu adalah pantai Panjang. Pantai Panjang yang behadapan langsung dengan Samudera Indonesia ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Bentang pantai berpasir putih ini jaraknya sangat panjang bisa jadi maka pantai ini diberi nama pantai Panjang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Provinsi Bengkulu yang dikenal dengan sebutan  bumi Rafflesia ini memiliki sederet potensi wisata. Bumi yang pernah menyita perhatian sang gubernur jendral Inggris Sir Thomas Raffles ini memiliki pesona pantai dan bentang alam yang elok. Pantai-pantai yang berjajar berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia ini layak dijadikan andalan provinsi di barat daya Sumatera.

Salah satu pantai yang elok di Bengkulu adalah pantai Panjang. Pantai Panjang yang behadapan langsung dengan Samudera Indonesia ini mempunyai keistimewaan tersendiri. Bentang pantai berpasir putih ini jaraknya sangat panjang bisa jadi maka pantai ini diberi nama pantai Panjang.

Pantai berpasir putih ini adalah memiliki garis pantai yang panjangnya sekira 7 kilometer. Mungkin yang menjadikan pantai ini menyandang nama pantai Panjang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keistimewaan lainnya garis pasang dan surut pantainya sekitar 500 meteran. Sehingga saat surut sejauh  mata memandang hamparan pasir putih yang halus. Pantainya yang berombak tidak terlalu besar cocok untuk aktivitas berselancar, bermain pasir, berenang, atau memancing. 

https://www.indonesiana.id/admin/foto#

Pantai Panjang ini elok dan uniknya ditumbuhi vegetasi hutan cemara bukan seperti pantai-pantai lainnya yang biasanya di hiasi tumbuhan pohon kelapa. Vegetasi cemara laut yang hijau tentunya menambah sejuk dan eloknya pantai Panjang sekaligus bisa dijadikan tempat teduh yang alami.  Inilah yang membuat pantai Panjang ini unik. Selain bisa bermain pasir di pantai ini juga disediakan lintasan jogging dan track bebatuan untuk refleksi.Pantai Panjang saat ini landskapnya juga di lengkapi dengan hiasan-hiasan monumen yang menarik. 

Waktu yang paling pas mengunjungi pantai Panjang saat senja. Di Pantai Panjang sore hari kita bisa menikmati sunset, debur ombak dan desir dahan-dahan cemara yang digerai angin. Untuk yang suka memacu andrenalin Anda bisa menyewa perahu menyeberang ke Pulau Tikus. Dengan bermodal Rp 250 ribu Anda bisa menjajal jiwa petualangan Anda mengarungi Samudra Hindia.

 

Jalan Menuju Pantai Panjang

Pantai Panjang ini menjadi salah satu destinasi pilihan dan favorit masyarakat Bengkulu. Pertama letak pantai Panjang ini sangat strategis tak jauh dari kota Bengkulu. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer atau sekira 15 menit perjalanan dari pusat kota Bengkulu. Akses untuk menuju pantai ini banyak pilihannya, Anda bisa memilih taxi, angkot, delman, atau juga motor.

Selain itu kawasan wisata yang menjadi salah satu andalan destinasi pilihan di Bengkulu ini memiliki berbagai fasilitas. Di kawasan ini tersedia arena bermain anak, fasilitas olahraga, pusat perbelanjaan, restoran, café dan juga hotel. Penginapan dan hotel di sekitar kawasan pantai Panjang ini harganya terjangkau.

Sekitaran Pantai Panjang dapat Anda temukan warung makan, toko cenderamata, dan pusat perbelanjaan. Jadi kita tidak perlu khawatir untuk berbelanja di kawasan wisata ini.

Menikmati Kuliner

Di Pantai Panjang ini Anda bisa menikmati kuliner wajib ikan laut bakar bumbu kuning, gulai kepala ikan kakap, ikan bakar tanpa bumbu, oseng dan campur jengkol. Sementara minuman yang bisa dinikmati kopi khas Bengkulu, es kelapa muda sembari menikmati jagung bakar.

Di kawasan ini juga ada makanan favorit sate ceker. Anda  jangan salah tafsir dulu sate ceker ini hanya sebutan saja, karena sesungguhnya sate yang dijual sate ayam yang terdiri dari ceker ayam, sayap (wing), ati rempela dan juga kepala ayam.

Sate ceker ini layaknya sate biasa   menggunakan  dua pilihan bumbu yaitu; bumbu kecap dan ada juga yang menggunakan bumbu kacang tergantung selera. Biasanya disajaikan bersama ketupat atau lontong. Rasanya sungguh enak dan harganya relatif murah.

Bagi yang ingin menikmati makan siang atau makan malan sambil diiringi  live musik juga ada. Café and Resto The View satu-satunya tempat makan yang santai yang letaknya diujung pantai tempat makan ini sangat memanjakan tamunya. Makanan segar dengan berbagai menu masakan tersedia disini.

*)Christian Heru Cahyo Saputro, Pejalan, Suka Motret, Tukang tulis dan suka berbagi kisah tinggal di Semarang

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler