x

Gaji YouTuber

Iklan

Zahra Utami Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Februari 2022

Jumat, 3 Maret 2023 11:41 WIB

Menggabungkan Kekuatan Media Sosial dan Media Arus Utama

Artkel ini berdasarkan beberapa referensi dengan pengawasan bimbingan dosen pengampu pada mata kuliah digital komunikasi guna memenuhi nilai tugas dalam Politeknik Tempo

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Media arus utama atau media massa merupakan sarana komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan dan penyebaran berita ke masyarakat luas. Alat-alat komunikasi yang digunakan adalah radio, surat kabar, TV dan film.

Adapun karakteristik dari media massa, yaitu:

  1. Bersifat melembaga Maksudnya adalah mengelola media itu terdiri dari banyak orang, mulai dari pengumpulan,pengelolaan, sampai pada penyajian informasi. 

  2. Iklan
    Scroll Untuk Melanjutkan

    Bersifat Satu Arah
    Artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima.

  3. Bersifat Terbuka
    Artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja, dan di mana saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

  4. Menggunakan Peralatan Teknis

    Proses penyebaran pesan oleh media massa biasanya menggunakan peralatan teknis seperti radio, televisi,surat kabar, dan semacamnya 

Media arus utama yang masih ada di Indonesia adalah Sindonews, Mmetro tv, dan sebagainya.

Seiring perkembangan teknologi muncullah media sosial. Media sosial adalah suatu platform dengan fasilitas yang membuat penggunanya dalam hal ini masyarakat dapat melakukan aktivitas sosial.

Menurut Chris Bogan media sosial salah satu perangkat yang muncul sebagai alat komunikasi dengan berisi berbagai kemungkinan dalam menciptakan bentuk dan gaya interaksi baru seiring perkembangan dan kemajuan teknologi. Adapun karakteristik media sosial, yaitu

  1. Adanya internet
    Sosial media tidak bisa hidup dengan seendirinya,dengan adanya internet media sosial dapat diaktifkan.

  2. Adanya informasi
    Di dalam media sosial harus mempunyai informasi.

  3. Arsip
    menjadi sebuah karakter yang menjelaskan bahwa informasi telah tersimpan dan bisa diakses kapan saja dan melalui perangkat apa pun.Setiap informasi yang diunggah di media sosial tidak akan hilang begitu saja saat pergantian hari, bulan, sampai tahun.

  4. Interaksi (interactivity)
    Karakter dasar dari media sosial adalah terbentuknya jaringan antar pengguna.

  5. Keterbukaan.
    Kebanyakan media sosial terbuka bagi umpan balik dan juga partisipasi melalui sarana-sarana voting, berbagai, dan komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan juga memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh).

  6. Perbincangan 

kemungkinan dengan terjadinya perbincangan akan menghasilkan pengguna secara dua arah

 Berikut adalah Media Sosial terbanyak yang digunakan di Indonesia  

Dilihat dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna sosial media di Indonesia terbanyak adalah Whats app dengan pengguna whats app 88,7%, disusul dengan Instagram dengan 84,8%, dan terakhir facebook 85,5%.

Hubungan media arus utama dan media sosial 

Media arus utama dan media sosial mempunyai kelemahan dan kekuatan masing-masing, tetapi kelemahan dan kekuatan tersebut bisa dijadikan sebuah hubungan yang kuat sehingga saling menguntungkan. Jika media arus utama mempunyai kekuatan akurasi yang kuat namun tidak dengan waktu efektivitas untuk menyampaikan informasi tersebut. Namun media sosial sebaliknya, media sosial mempunyai kekuatan dalam waktu singkat menyebarluaskan informasi namun tidak tingkat akuratnya dalam informasi tersebut. 

Maka dari itu kedua media ini mempunyai hubungan  erat, contohnya media arus bisa memberikan informasi terkini faktual lalu ditulis dalam sosial media untuk disebarluaskan. Begitu juga sebaliknya sosial media bisa memberikan informasi ke media arus untuk dijadikan referensi dan dicari kebenarannya atau ditambah beritanya. Tidak hanya itu saja media arus utama dapat memakai media sosial untuk mempromosikan beritanya karena jika dilihat dari data-data diatas generasi sekarang khususnya Indonesia tidak terlepas dari media sosial dan grafik pengguna media sosial meningkat.  

Selain itu, media arus utama dapat membantu para pembaca lebih berhati-hati lagi dalam berita-berita yang tidak ada pertanggung jawabannya dari penulis yang tersebar luas di media sosial. Adapun contoh dari hubungan media arus utama dengan media sosial  adalah Akun instagram Tempo yang selalu memosting beberapa hasil beritanya untuk menarik perhatian org banyak agar bisa langsung membaca di websitenya langsung sehingga media arus mendapatkan keuntung

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Zahra Utami Putri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler