x

Ilustrasi Media Sosial. Buffik dari Pixabay.com

Iklan

Putri Asma Nur Afifah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Februari 2022

Jumat, 3 Maret 2023 13:37 WIB

Hubungan Media Sosial Dengan Arus Utama Media di Indonesia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan sebuah karya, jejaring media sosial seperi Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp, Twitter dan lainnya.

Media sosial telah menjadi kekuatan besar dalam mempengaruhi arus utama media di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Dengan meningkatnya penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia, terutama di kalangan milenial dan generasi Z, telah mengubah cara bagaimana orang mencari dan berinteraksi dengan berita dan informasi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada 2022. Jumlah itu talah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, jumlah pengguna media sosial tertinggi mencapai 34,2% pada 2017, kenaikan itu melambat hingga 6,3% pada tahun 2021 dan angkanya baru meningkat lagi pada tahun 2022.

 

Whatsapp menjadi media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Persentasenya tercatat mencapai 88,7%. Setelahnya ada Instagram dan Facebook dengan persentase masing-masing sebesar 84,8% dan 81,3%. Sementara, proporsi pengguna TikTok dan Telegram berturut-turut sebesar 63,1% dan 62,8%.

Secara keseluruhan media sosial telah memiliki pengaruh besar terhadap arus media di Indonesia. Penggunaan media sosial oleh masyarakat telah memperluas akses dan meningkatkan kecepatan dalam distribusi informasi, kita juga perlu waspada dalam memilih dan memperoleh informasi dari sumber yang terpercaya.

Dengan adanya peningkatan jumlah pengguna media sosial di Indonesia secara signifikan telah mempengaruhi arus utama media di Indonesia, media sosial dan situs web yang dikelola oleh individu  semakin terintegrasi dalam arus utama media di Indonesia. Sementara itu, media arus utama tradisional, seperti koran dan televisi, tetap menjadi sumber berita utama bagi masyarakat Indonesia, tetapi peran dan pengaruh mereka semakin menurun. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, masyarakat Indonesia semakin mudah dan cepat dalam mengakses informasi dari media sosial, sehingga mereka dapat memperoleh informasi secara real-time dan memperoleh berbagai sudut pandang dalam suatu peristiwa atau topik tertentu.

 

 

Ikuti tulisan menarik Putri Asma Nur Afifah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler