x

Indra Sjafri

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 3 Maret 2023 23:02 WIB

Semoga Terbentuk Timnas SEA Games yang Sesuai Harapan

Semoga, terbentuk Timnas yang sesuai standar, hingga kesertaan dalam SEA Games tidak sekadar menjadi peserta, tetapi sesuai target, meraih juara, emas. Aamiin.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cara bijak Indra Sjafri, membentuk Timnas SEA Games 2023, sangat layak diapresiasi dan wajib didukung oleh semua stakeholder terkait.

Cara Indra

Apa yang dilakukan Indra, juga tidak perlu dibanding-bandingkan dengan apa yang dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia lainnya, baik dalam hal kebijakan memilih staf kepelatihan, memilih pemain, program TC, juga komunikasi dengan klub, dll. Pasalnya, Indra ya Indra.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi saya, Indra yang sudah menorehkan prestasi untuk Garuda, pun dengan cara-caranya membentuk pasukan Garuda yang diampunya, plus dengan pendekatan pedagogi bukan hanya kepada pemain, klub, tetapi juga mengetahui latar belakang pemain dan keluarganya, menjadi kekuatan sendiri dalam membangun Timnas yang solid.

Apa yang kini dilakukan oleh Indra, tidak berbeda dengan cara blusukannya, dulu. Dulu, Indra sampai harus blusukan mencari talenta terbaik di tanah air, karena era kompetisi tidak seperti sekarang.

Namun, di era kompetisi sekarang pun, Liga 1 jalan, Liga 2 dan 3 dihentikan, Indra tetap bijak, mengakomodir para pemain dari Liga 2, meski sedang tidak berkompetisi, untuk mendapatkan kesempatan berjersey Timnas Indonesia. Dengan cara berdiskusi dengan manajerial klub (baca: blusukan era sekarang).

Lalu, tidak menambah masalah dengan memaksakan memanggil para pemain yang sedang bersaing panas di Liga 1.

Saya juga melihat, komposisi staf kepelatihan timnas U-22 Indonesia dalam menatap SEA Games 2023 Kamboja, cukup cerdas. Sehingga saya yakin, saat Timnas nanti terbentuk, akan terpilih pemain yang sesuai standar Timnas Indonesia.

Dukungan

Standar pemain Timnas versi saya adalah nilai rapor Teknik, Intelegensi, Personality, dan Speednya (TIPS) minimal di angka 85-95.@ Dengan staf kepelatihan yang didukung asisten pelatih Bima Sakti, Eko Purjianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Kemudian pelatih fisik, Alex Aldha, serta Sahari Gultom di posisi pelatih kiper. Saya yakin, pasukan Garuda Muda nanti akan diisi oleh para pemain yang pasti cerdas intelegensi dan personality.

Terlebih, Indra yang piawai dalam pendekatan personality, mumpuni dalam pedagogi ala Indra Sjafri, pun di dukung oleh Bima yang juga saya sebut, kompeten dalam pendekatan kepribadian dan keimanan, akan menggaransi terbentuk Timnas yang cerdas intelegensi, otak dan personality, kepribadian.

Dengan begitu, Timnas Indonesia SEA Games ini, akan cukup kuat pondasinya dalam hal personality (kepribadian) yang tentunya otak/intelegensi pemain berkembang cerdas. Menjadikan para pemain memiliki mental tahan banting, tahu diri, tidak ada egois, individualis dll.

Dalam sistem pemanggilan pemain pun sudah ada paradigma baru. Menghapus pandangan tentang pemain titipan. Seperti dalam.TC tahap 1, dipanggil 34 pemain, yang rata- rata adalah muka baru di Timnas, adalah hasil dari rekomendasi manajerial klub. Bila dalam TC tahap 1, ternyata pemain layak masuk Timnas, lulus standar TIPS, tentu tidak ada yang akan menghalangi pemain dapat berjersey Timnas.

Cara Indra memilih pemain dengan blusukan, lalu memilih pemain hebat zaman Evan Dimas, akan terjadi juga dalam.TC tahap 1, dengan memilih pemain hasil pilihannya mau pun dari hasil rekomendasi.

Semoga, terbentuk Timnas yang sesuai standar, hingga kesertaan dalam SEA Games tidak sekadar menjadi peserta, tetapi sesuai target, meraih juara, emas. Aamiin.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB