x

Bekerja dari rumah menggunakan internet cepat

Iklan

Tri Wahyu Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2023

Minggu, 5 Maret 2023 14:34 WIB

Kembali ke Kondisi Normal, Mana Lebih Efisien antara WFH dengan WFO?

Sudah satu semester kegiatan di kampus harus tatap muka langsung. Setelah dijalani, mana yang lebih efisien, work from home atau work from office? Karena ada biaya dan waktu untuk perjalanan ke kampus, tetapi dapat berinteraksi langsung dengan mahasiswa. Sedangkan bekerja dari rumah melalui internet cepat pun dapat mendapatkan solusi segera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mulai semester yang lalu kampus dan sekolah telah melakukan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka langsung. Saya pun mulai mengajar di kampus sesuai jadwal yang sudah diatur administrasi kampus.
Begitu pula kantor-kantor sudah mulai meminta karyawan untuk work from office (WFO). Suasana jalanan di kota-kota kembali seperti sebelum pandemi, macet dimana-mana. Perjalanan ke tempat kerja atau sekolah menjadi lebih lama.

Ternyata sebuah penelitian pada pekerja di Amerika Serikat, karyawan yang pergi ke kantor menghabiskan biaya perjalanan hampir dua kali lipat dibandingkan bekerja dari rumah seperti saat pandemi. Bekerja secara WFO bisa mengeluarkan tambahan biaya 5 ribu dollar AS atau setara dengan Rp 77 juta setahun. 

Kecenderungan lebih nyaman work from home (WFH) dengan internet cepat rupanya melanda pula pekerja di Indonesia. Di sisi lain pebisnis pun ada yang memberi pilihan pada pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah bila dirasa lebih efisien.

Kelebihan WFH (Bekerja Dari Rumah)

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Membandingkan mana yang lebih menguntungkan antara mengajar di kampus atau mengajar dari rumah, bisa kita pertimbangkan bersama-sama.

Hemat Biaya Transportasi
Bila bekerja dari rumah dan terkoneksi dengan internet cepat maka kita tidak perlu kemana-mana tetapi pekerjaan tetap beres. 
Biaya transportasi yang paling umum adalah pengeluaran pembelian bensin untuk mobil pribadi. Sedangkan bila naik kendaraan umum, tentunya harus berani berlama-lama di jalan dan berdesakan dengan orang lain.

Hemat Uang Makan
Bekerja dari kantor bisa diakali dengan membawa bekal dari rumah agar tidak selalu jajan dan mengeluarkan biaya untuk makan siang. Tentunya perlu persiapan sebelumnya dari rumah agar hemat uang makan.

Hemat Pakaian
Beruntungnya di kampus tempat saya bertugas ada dreskod seragam di hari-hari tertentu, sehingga saya tidak ada acara pilih-pilih baju kantor. 
Tetapi bagi kantor yang tidak ada ketentuan seragam, maka pemilihan baju kerja menjadi tantangan tersendiri. Beda bila bekerja dari rumah secara online melalui paket internet cepat IndiHome dari Telkomsel, maka tidak perlu pusing dengan pakaian. 
Kita hanya harus tampil agak rapi bila harus rapat online atau mengikuti zoominar.

Selain hemat pakaian, tidak ke luar rumah, berarti hemat skincare. Selama bekerja dari rumah, paling-paling saya hanya perlu sunblock dan sedikit lipstick untuk keperluan zoom ketika mengajar. 

Multitasking Dengan Pekerjaan Rumah

Sebagai ibu yang punya side hustle sebagai blogger, sambil ngeblog bisa juga menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Misalnya, sambil menunggu mesin cuci beroperasi mencuci baju, maka saya bisa menyelesaikan beberapa paragraf artikel. Selanjutnya artikel blog tinggal di-publish melalui internet cepat.
Bisa juga sambil mencuci menyelesaikan pekerjaan di dapur, menyiapkan sarapan, dan lain-lain.

Bila kita bekerja di kantor, waktu bekerja dari pukul 9 pagi sampai 5 sore biasanya menghabiskan lebih banyak waktu sehingga sulit untuk menjadwalkan janji temu, menghadiri acara, atau kejadian penting lainnya dalam hidup.

Kelebihan WFO (Work From Office)

Bagi kantor-kantor maupun sekolah yang telah menerapkan work from office, maka rutinitas sebelum pandemi seolah kembali seperti semula.
Berikut kelebihan bila perusahaan atau sekolah mengharuskan kita kembali beraktifitas di kantor atau sekolah:

Interaksi Langsung
Banyak informasi yang saya baca, ketika pandemi kemarin, materi pembelajaran melalui internet cepat tidak 100% sampai ke peserta didik. Bagi murid-murid tingkat dasar memang perlu interaksi langsung, berada di ruang kelas, tatap muka dengan guru, serta bermain dengan teman. Interaksi langsung dengan orang lain akan mengasah softskill berhadapan dan berbicara langsung dengan orang lain.

Bagi perusahaan pun adanya pekerja yang hadir di kantor membuat suasana kantor kembali hidup, koordinasi sejawat, dan hasil pekerjaan bisa langsung dikontrol.
Banyak memang jenis profesi yang mau tidak mau lebih nyaman berinteraksi langsung daripada secara daring. Misalnya dokter dan tenaga medis lainnya, tenaga pendidik, desainer, pemandu wisata, dan lain-lain.

Berpikir Kritis 
Kelebihan bila harus mengajar langsung di kelas, melatih saya untuk berpikir kritis, menghadapi kelas yang dinamis. Saya mengajar di Teknik Arsitektur yang memang lebih mudah bimbingan tugas-tugas desain mahasiswa secara langsung.

Di satu sisi terlalu lama bekerja secara digital memang menjadi canggung bertemu dan berdiskusi langsung dengan orang lain. Itu sebabnya sekarang bermunculan juga pelatihan public speaking untuk membiasakan lagi berbicara depan umum secara langsung.

Penutup

Bekerja dari rumah memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal sehingga kita dapat menyesuaikan diri dengan acara dan janji penting tanpa harus hadir secara langsung. Walaupun kampus sudah mewajibkan beraktivitas kembali secara offline, tetapi aktivitas digital masih menjadi pilihan cepat untuk koordinasi dengan sejawat.

Dalam kondisi saya harus tugas ke luar kota pun, kampus masih menyediakan link zoom agar dosen masih tetap bisa mengajar dari mana saja. Kebijakan hybrid seperti ini merupakan langkah cukup efektif, agar peserta didik tidak dirugikan.

Semoga bermanfaat.

 

sumber foto: pexels, Vlada Karpovich

 

Ikuti tulisan menarik Tri Wahyu Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

8 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB