x

Iklan

Efria Rizqi Setiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2023

Sabtu, 4 Maret 2023 17:14 WIB

Sosial Media Membawa Petaka?

Sosial media merupakan kumpulan aplikasi yang umum digunakan oleh semua kalangan. Sosial media digunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, atau sekedar untuk hiburan. Namun, apakah sosial media dapat digunakan oleh anak di bawah umur?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa Saja yang Menggunakan Sosial Media?

Di zaman serba modern ini, ponsel sudah menjadi bagian penting dari keseharian kita. Mulai dari orang tua, remaja, sampai anak-anak, sebagian besar dari mereka memiliki ponsel. Padahal anak dibawah umur tidak seharusnya memiliki benda tersebut. Di dalam ponsel tersebut terdapat berbagai aplikasi seperti media sosial yang biasa digunakan untuk berkomunikasi, dan menyajikan informasi dari seluruh dunia.

Meski memiliki banyak manfaat, media sosial juga tak luput dari kekurangan. Berbagai macam konten yang ada di media sosial belum tentu bisa ditonton oleh anak-anak.

Isi dan Dampak Sosial Media

Di media sosial banyak terdapat konten yang tidak seharusnya ditonton oleh anak-anak. Mereka bisa saja menemukan konten pornografi, menjadi korban penipuan, bahkan menjadi korban perundungan di media sosial.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dampak psikologis yang muncul pada anak akibat menggunakan media sosial secara belebihan yaitu gangguan kecemasan dan depresi. Ada penyebab mengapa seorang anak kecanduan media sosial sehingga menimbulkan dampak buruk. Hal itu karena media sosial memang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, fakta bahwa anak-anak cenderung meniru orang dewasa di sekitarnya juga menjadi alasan. Peran orang tua dibutuhkan untuk masalah ini. Kurangnya pengawasan dari orang dewasa menjadi salah satu faktor mengapa anak-anak dibawah umur sudah memiliki media sosial bahkan hingga kecanduan dan menimbulkan dampak negatif kepada anak.

Cara Bijak Orang Tua Membantu Anak Bersosial Media

Beberapa cara yang efektif bagi orang tua untuk membantu anak supaya bijak dalam bermedia sosial:

  1. Memberi tahu anak supaya menggunakan media sosial saat sudah cukup umur
  2. Mengawasi aktivitas mereka di media sosial
  3. Memberi batas waktu menggunakan ponsel
  4. Menjelaskan tentang privasi
  5. Menggunakan fitur mode terbatas supaya ramah anak
  6. Tidak menggunakan ponsel di depan anak

Meski memiliki banyak manfaat, media sosial juga memiliki dampak yang buruk. Khususnya bagi anak-anak di bawah umur. Karena kurangnya umur dan pengetahuan mereka terhadap pemakaian media sosial, menyebabkan mereka terkena pengaruh buruk. Mereka cenderung meniru orang dewasa di sekitarnya. Peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anak dalam bersosial media.

Ikuti tulisan menarik Efria Rizqi Setiani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB