x

Pemakaian tanda peserta oleh ibu ketua dewan kehormatan PMI Provinsi Jawa Barat

Iklan

Indra kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Maret 2023

Minggu, 5 Maret 2023 14:50 WIB

PMI Provinsi Jawa Barat Adakan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana dan Pertolongan Pertama

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan mereka dalam menangani bencana alam dan bencana kesehatan di masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PMI Provinsi Jawa Barat Adakan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana dan Pertolongan Pertama

BANDUNG, 3 Maret 2023 - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Barat mengadakan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana dan pertolongan pertama yang berlangsung pada tanggal 3-5 Maret 2023. Pelatihan tersebut diikuti oleh staf dan relawan PMI dari kota dan kabupaten se-Jawa Barat termasuk PMI Kota Bogor yang mengirimkan perwakilan atas nama Indra Kurniawan, Staf Markas PMI Kota Bogor, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan mereka dalam menangani bencana alam dan bencana kesehatan di masyarakat.

Menurut Ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya, pelatihan ini sangat penting karena staf dan relawan PMI dapat berperan sebagai koordinator lapangan saat terjadi bencana di daerah kota atau kabupaten mereka. "Kita perlu meningkatkan kapasitas dan keterampilan staf dan relawan PMI sebagai koordinator lapangan yang efektif untuk menghadapi situasi darurat, terutama dalam mengkoordinasikan evakuasi dan pertolongan pertama pada korban bencana," ujarnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sesi pelatihan mencakup Peran Komunikasi Efektif,Peran PMI dalama Pelayanan Kesehatan dll serta dipandu oleh ahli yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Peserta pelatihan juga diberikan kesempatan untuk mengikuti simulasi MTDB yang akan dilaksanakan di hari terakhir pelatihan, sehingga mereka dapat menguji keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi nyata.

Indra Kurniawan Staf PMI Kota Bogor, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi saya perwakilan PMI Kota Bogor untuk meningkatkan kemampuan dalam menangani bencana. "Kami sangat berterima kasih atas kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Kami berharap dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat membantu kami dalam memberikan bantuan dan pertolongan pertama pada korban bencana," katanya.

Atalia Praratya berharap bahwa melalui pelatihan ini, staf dan relawan PMI dapat menjadi lebih siap dan mampu menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di masa depan. "PMI akan terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan situasi darurat. Kita berharap bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi semua peserta," tambahnya.

Ikuti tulisan menarik Indra kurniawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB