x

Iklan

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Selasa, 7 Maret 2023 16:03 WIB

Teletubbies Hills, Menikmati Panorama Alam Eksotis di Ketinggian Nusa Penida

Apakah benar bahwa perjalanan ke Nusa Penida tidak sekadar mengunjungi pantai atau situs sejarah semata? Bukit Teletubbies Klungkung adalah salah satu tempat wisata yang unik dan terkenal di dunia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah benar bahwa perjalanan ke Nusa Penida tidak sekadar mengunjungi pantai atau situs sejarah semata? Bukit Teletubbies Klungkung adalah salah satu tempat wisata yang unik dan terkenal di dunia, yang menampilkan perbukitan landai setengah lingkaran yang sangat indah. 

Nama Bukit Teletubbies sendiri diambil dari acara televisi anak-anak yang menampilkan bukit-bukit bundar dengan beberapa boneka warna-warni yang lucu dan serasi.

Basic Tour Nusa Penida adalah alternatif yang tepat untuk tempat wisata lain, terutama bagi mereka yang telah puas menjelajahi pantai-pantai dan tempat wisata religi di Pulau Dewata. Namun, apa saja manfaat dan kegiatan terbaik yang dapat dilakukan di sana?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Daya Tarik Bukit Teletubbies

Mendaki ke puncak Bukit Teletubbies merupakan salah satu pilihan wisata yang populer di Nusa Penida. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh bentuknya yang unik, tetapi juga karena daya tariknya yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

1. Pemandangan perbukitan warna-warni

Berdasarkan pengalaman wisatawan yang telah mengunjungi Bukit Teletubbies, permukaannya dapat berubah-ubah tergantung pada musim yang sedang berlangsung.

Apabila Anda mengunjungi tempat tersebut selama musim hujan antara September hingga Januari, maka permukaan bukit akan terlihat hijau berkilauan. Hal ini disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi, sehingga tanaman di sana mendapatkan cukup pasokan air.

Pada saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, yakni pada bulan April hingga Mei, permukaan Bukit Teletubbies akan berubah menjadi warna kuning. Di sisi lain, apabila Anda mengunjungi tempat tersebut pada musim kemarau, maka permukaannya akan tampak lebih coklat.

Sangat disarankan untuk menyempatkan waktu sejenak untuk menikmati keindahan bunga-bunga yang tumbuh di puncak bukit. Hal ini akan sangat menyenangkan.

2. Angin sejuk dan segar

Berada di dataran tinggi Bukit Teletubbies memberikan pengalaman bernapas udara yang segar dan sejuk, jauh dari polusi yang biasanya terdapat di perkotaan. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat mengunjungi puncak bukit. 

Bernapas dalam-dalam di sana akan memberikan sensasi kenyamanan yang sangat terasa. Oleh karena itu, Bukit Teletubbies sering dijadikan sebagai tempat untuk menyegarkan diri dari kelelahan akibat aktivitas sehari-hari.

3. Pemandangan Gunung Rinjani

Apabila cuaca cerah sepanjang hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Rinjani yang indah dari puncak Bukit Teletubbies. Pemandangan alam yang menakjubkan ini merupakan bagian yang tidak terlupakan dari keindahan Bukit Teletubbies.

Hal yang serupa juga terjadi pada Pulau Lombok yang dapat terlihat dari kejauhan jika tidak ada awan yang menghalangi langit.

4. Matahari terbit yang indah

Sebagai saran bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Bukit Teletubbies, disarankan datang pada pagi hari sebelum matahari terbit. Menikmati indahnya matahari terbit dari Bukit Teletubbies memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan melihat pemandangan di pantai atau pegunungan pada pagi hari.

Proses terbitnya matahari akan terlihat secara bertahap dengan cahaya yang semakin terang hingga akhirnya muncul secara keseluruhan, memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Bukit Pohon Gamal atau Bukit Teletubbies terletak di bagian timur Nusa Penida, tepatnya di Desa Sedehing atau Desa Sekartaji dan Desa Julingan atau Desa Tanglad, Kabupaten Klungkung, Bali.

Akses menuju ke Bukit Teletubbies memerlukan perjalanan laut, terutama jika berangkat dari Kota Denpasar yang merupakan pusat Pulau Dewata.

Perjalanan ke Bukit Teletubbies membutuhkan waktu sekitar 50 menit jika Anda menggunakan speedboat atau kapal cepat dari pelabuhan Sanur di Bali. Namun, jika Anda berangkat dari Pantai Kusamba Klungkung, perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit saja menggunakan speedboat.

Setelah tiba di Pelabuhan Buyuk di Nusa Penida, perjalanan selanjutnya menuju Bukit Teletubbies dapat dilakukan dengan kendaraan bermotor sejauh 16 km. Pilihan kendaraan yang tersedia adalah sepeda motor atau mobil karena kondisi jalan yang cukup baik untuk kendaraan tersebut.

Biaya masuk ke objek wisata

Saat awal menjadi tempat wisata yang baru, tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki kawasan perbukitan ini. Namun, akhir-akhir ini, para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar minimal Rp. 10 ribu per orang untuk menikmati keindahan ikonik dari destinasi wisata Nusa Penida ini.

Biaya ini tetap berlaku pada hari kerja dan akhir pekan, dan harus dibayarkan kepada pengelola sebelum memasuki kawasan wisata. Namun, di samping tiket masuk, tidak ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan, kecuali untuk membeli makanan dan minuman yang dijual oleh pemilik warung di sekitar tempat tersebut.

Kegiatan menarik di Teletubbies Hills

Mungkin tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Teletubbies Hills. Namun, setidaknya ada empat kegiatan utama yang biasa dinikmati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

1. Trekking

Sebenarnya, perjalanan ke puncak bukit tidak memerlukan waktu yang lama, dan jalur pendakiannya juga tidak terlalu terjal. Akan tetapi, bagi para penggemar trekking yang ingin merasakan tantangan yang menarik, disarankan untuk mencoba beberapa rute trekking terbaik di Bukit Teletubbies.

Harap diingat untuk menggunakan peralatan yang sesuai untuk memudahkan perjalanan Anda. Pakaian yang tebal dan hangat juga akan membantu menjadikan proses trekking lebih nyaman. Selain itu, jangan lupa membawa bekal yang cukup jika Anda berencana menempuh jalur yang agak panjang dan berkelok-kelok menuju salah satu puncak gunung.

2. Fotografi

Kegiatan menarik berikutnya adalah memotret momen dan pemandangan langka di sana. Di sana, terdapat permukaan bukit yang warnanya dapat berubah tergantung pada musimnya, serta perpaduan pemandangan langit biru, perbukitan, dan pegunungan yang dapat dilihat dari berbagai lokasi yang berbeda, di mana beberapa tempat di antaranya merupakan lokasi terbaik untuk memotret.

Anda tidak perlu menggunakan kamera dengan lensa mahal, karena menggunakan kamera pada handphone sudah cukup untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Selain itu, bagi mereka yang ingin mengabadikan momen romantis sebelum pernikahan, tersedia opsi untuk menyewa fotografer guna memotret dari atas bukit. Banyak pasangan yang memilih tempat ini secara keseluruhan sebagai latar belakang foto pra-nikah mereka.

 Terlebih lagi, jika Anda memiliki kenangan khusus dengan Bukit Batok Kelapa, pasti tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengabadikan momen bahagia di sana.

3. Perspektif berbeda dari Drone

Meskipun tidak semua bukit setengah lingkaran di kawasan Teletubbies Hills dapat didaki, Anda tetap dapat memanfaatkannya dengan menggunakan drone. Pemandangan yang terlihat dari atas akan memberikan kepuasan tersendiri, sebagaimana halnya saat menjelajahi bukit fenomenal di Nusa Penida.

4. Piknik

Meskipun mungkin tidak selalu menjalankan piknik yang panjang, pengunjung dapat beristirahat dan menikmati waktu makan siang bersama pasangan atau orang terdekat di salah satu puncak bukit.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Dibandingkan dengan wisata bukit dan gunung lainnya, Bukit Teletubbies membutuhkan lebih banyak pengembangan karena objek wisatanya masih sangat minim. Hal ini mengharuskan pengunjung untuk memperoleh bantuan yang lebih banyak ketika berkunjung ke sana.

1. Parkir

Terdapat area parkir yang disediakan untuk pengguna kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, yang posisinya strategis dan terlindungi.

2. Warung makan

Meskipun terdapat beberapa warung makan di bawah bukit, namun menu yang tersedia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa bekal sendiri agar tidak merasa lapar atau kehausan selama melakukan perjalanan.

3. Toilet

Pengunjung dapat menggunakan toilet umum yang tersedia jika diperlukan, dan beberapa di antaranya terdapat di kaki bukit dengan kondisi yang cukup bersih.

4. Akomodasi

Terdapat beberapa hotel yang dapat dijadikan tempat menginap di sekitar kawasan wisata, jika pengunjung ingin melanjutkan wisata ke berbagai lokasi terdekat dari Bukit Teletubbies.

Bagi pengunjung yang ingin langsung datang ke Teletubbies Hills slot gacor, disarankan untuk tidak melewatkan wahana seru dan berbagai aktivitas menarik sebagai bagian dari penjelajahan bukit yang unik dan hanya ada di Nusa Penida.

 

Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler