Ngobrol Bareng Bisnis Bersama Tommy Yuwono PINTEK

Senin, 20 Maret 2023 12:17 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjadi seorang Digitalpreneur merupakan impian banyak orang, tak terkecuali Alumni Prasetiya Mulya satu ini yakni Co-Founder & President Director Pintek, Tommy Yuwono, Alumni S1 Bisnis 2010. Perjalanan Tommy sebagai seorang Digitalpreneur tidaklah mudah, Tommy pun menceritakan perjalanan karir dan pengalaman selama berkuliah di Universitas Prasetiya Mulya.

Menjadi seorang digitalpreneur merupakan impian banyak orang, tak terkecuali Alumni Prasetiya Mulya satu ini, yakni Co-Founder & President Director Pintek, Tommy Yuwono, Alumni S1 Bisnis 2010. Perjalanan Tommy sebagai seorang digitalpreneur tidaklah mudah,  Tommy pun menceritakan perjalanan karir dan pengalaman selama berkuliah di Universitas Prasetiya Mulya. 

Tommy mengatakan ide awal bisnis Pintek diawali untuk pembiyaan pendidikan. Pintek bergerak sebagai financial technology peer-to-peer (P2P) lending yang fokus pada sektor pendidikan. Sebagai penghubung lender dan borrower, dalam hal ini Pintek memiliki dua jenis produk: pinjaman untuk siswa (Pintek Students) dan untuk institusi pendidikan (Pintek Institutions).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tommy berpendapat, pinjaman pendidikan di Indonesia masih banyak tantangannya. Menurutnya, ini hal baru sehingga masyarakat masih banyak yang skeptis. Salah satunya, adanya kekhawatiran data akan dibawa kabur. Menghadapi hal ini, pihaknya terus mensosialisasikan ke sekolah-sekolah bahwa Pintek sudah tersertifikasi ISO 270001 dalam hal keamanan data dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Berdiri pada 2018, kini Pintek telah menyalurkan pembiayaan pendidikan lebih dari Rp 70 miliar. Tomy mengungkapkan, Pintek saat ini sudah bermitra dengan lebih dari 150 lembaga pendidikan, dan sekitar 3.000 peminjam yang tersebar di 25 provinsi seluruh Indonesia, dengan porsi pinjaman terbanyak adalah ke pendidikan tinggi dan lembaga nonformal seperti bimbel, kursus, dan pendidikan vokasi. Pada Januari 2021, Pintek baru saja mendapatkan fasilitas pinjaman sebesar US$ 21 juta dari Accial Capital.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler