x

Iklan

Almira Carin Rezdianti

Politeknik Tempo
Bergabung Sejak: 23 Februari 2022

Kamis, 16 Maret 2023 09:16 WIB

Webinar: Digitalisasi, Artificial Intelligence (AI) dan Masa Depan Kita

Artikel ini adalah bagian dari tugas rangkuman mata kuliah Komunikasi Digital Dengan Dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos., M.Si.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah mengubah cara kita hidup dan bekerja secara dramatis. Digitalisasi dan kecerdasan buatan (AI) adalah beberapa teknologi yang  telah memainkan peran penting dalam transformasi ini. Di masa depan, digitalisasi dan AI akan terus menjadi faktor penting dalam kehidupan kita, membentuk dan mengarahkan arah masa depan kita.

Digitalisasi telah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Sebagai contoh, di era digital saat ini, kita dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang dari seluruh dunia dengan bantuan teknologi komunikasi seperti email, video call, atau aplikasi pesan instan. Lebih dari itu, kita juga dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti belanja online, membayar tagihan, dan mengakses informasi dari rumah dengan bantuan internet.

Digitalisasi juga memungkinkan kita untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar dan memprosesnya dengan lebih cepat dan efisien. Ini telah memberi kita kemampuan untuk membuat prediksi dan mengidentifikasi tren dengan lebih baik, yang memungkinkan kita untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. Dalam industri, digitalisasi telah memungkinkan proses produksi yang lebih efisien dan terkait erat dengan internet, yang memudahkan bisnis untuk mencapai pasar yang lebih luas dan memperluas jangkauannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun apakah keberadaan AI akan memudahkan kinerja manusia atau justru pada akhirnya menggantikan produktivitas manusia?

“Kita tidak perlu takut karena artificial intelligence merupakan proses perkembangan teknologi,” ucap ketua BRIN Indonesia, Laksana Tri Handoko pada webinar bertajuk Digitalisasi AI dan Masa Depan Kita yang diadakan dalam rangka HUT ke-6 Kompas.id. Direktur Network Telkomsel, Nugroho juga mengatakan, "Sebagai masyarakat kita jangan hanya menjadi penonton. Kita harus lebih berperan aktif dalam dunia digitalisasi dan artificial  intelligence."

Digitalisasi juga membawa risiko dan tantangan, seperti keamanan data dan privasi. Meskipun data yang dikumpulkan dapat memberikan keuntungan besar bagi bisnis dan pemerintah, penggunaan data yang tidak benar dan penyalahgunaan data dapat merugikan individu atau kelompok tertentu. Karena itu, penggunaan data harus diatur dengan hati-hati dan transparan.

Selain digitalisasi, kecerdasan buatan (AI) juga akan memainkan peran penting dalam masa depan kita. AI dapat memberikan kemampuan untuk memproses data yang lebih cepat dan lebih tepat daripada manusia, dan dapat membantu dalam membuat prediksi dan mengidentifikasi tren yang sulit dideteksi oleh manusia. Dalam dunia industri, AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi.

Namun, penggunaan AI juga harus diatur dengan hati-hati. Risiko terbesar yang ditimbulkan oleh AI adalah hilangnya pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Pekerjaan yang lebih rutin dan berulang kali dapat dilakukan lebih efisien oleh AI, dan ini dapat mengancam lapangan kerja manusia. Oleh karena itu, penggunaan AI harus diimbangi dengan rencana yang tepat untuk melindungi pekerja dan memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.

Dalam kesimpulan, digitalisasi dan AI akan terus menjadi faktor penting dalam kehidupan kita di masa depan. Keduanya menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis dan pemerintah, tetapi juga menimbulkan risiko dan tantangan bagi individu dan masyarakat. Oleh karena itu, penggunaan teknologi ini harus diatur dengan hati-hati dan transparan, dan harus ada rencana yang tepat untuk menggunakanya.

Ikuti tulisan menarik Almira Carin Rezdianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu