x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 20 Maret 2023 12:10 WIB

BEM Faperta IPB Ajarkan Tanam Pakcoy Anak-anak Taman Bacaan di Bogor

BEM Faperta IPB dan Taman Bacaan Lentera Pustaka ajarkan anak-anak pembaca aktif menanam pakcoy sebagai kearifan lokal. Bukti pengabdian masyarakat

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bertajuk “Menanam Sayur Bersama”, BEM Faperta IPB hari ini menggelar aktivitas kepedulian sosial dan pengabdian masyarakat di Taman Bacaan Lentera Pustaka di Desa Sukaluyu Kaki Gunung Salam Bogor dengan melakukan penanaman bibit “pakcoy” (19/3/2023). Dibimbing HimaGron Faperta IPB, aktivitas ini bertujuan untuk edukasi akan pentingnya praktik menanam sayur di kalangan anak-anak usia sekolah. Sekitar 24 pengurus dan pegiat sosial BE Faperta ikut hadir di acara ini, di samping Syarifudin Yunus, Pendiri TBM  Lentera Pustaka dan wali baca serta relawan yang hadir.

 

Diikuti 40 anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka, setiap anak menanam 1 pohon pakcoy di polybag dan diharapan nanti dalam umur 40-50 hari sudah dapat dipanen. Selaun penyuluhan menanam sayur, BEM Faperta IPB juga melakukan aktivitas bermain games dan penyuluhan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Tiap anak yang membuang sampah pada tempatnya diberikan “hadiah” sebagai apresiasi menjaga kebersihan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Untuk diketahui, BEM Faperta IPB bekerjasama dengan TBM Lentera Pustaka sepanjang tahun 2023 dengan menggelar program pengabdian masyarakat. Hampir setiap bulan akan digelar aktivitas literasi dan kegiatan budaya tanaman dan kearifan lokal Sunda di TBM Lentera Pustaka. Hal ini sekaligus menjadi bukti kepedulian sosial mahasiswa IPB, di samping kolaborasi antara organisasi mahasiswa dan taman bacaan.

 

“Kami dari BEM Faperta IPB sangat senang bisa mengabdi dan bermain bersama dengan adik-adik di TBM Lentera Pustaka. Selain rajin membaca buku, mereka juga mau belajar menanam pohon sebagai bagian dari kampanye mencintai liingkungan” ujar Emir Aqsa, Ketua BEM Faperta IPB di lokasi acara.

 

Aksi menamam sayur bersama BEM Faperta IPB dengan anak-anak TBM Lentera Pustaka merupakan salah satu bentuk peran mahasiswa dan taman bacaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.  Utamanya agar area membaca anak-anak menjadi lebih hijau dan bersih. “TBM Lentera Pustaka sangat mengapresiasi kegiatan edukasi menanam sayur bersama dari BEM Faperta IPB. Anak-anak jadi tahu cara menanam sayur, di samping edukasi pentingnya menjaga lingkungan. Agar kualitas udara jadi bersih dan indah dipandang mata, khususnya di area kebun baca TBM Lentera Pustaka.” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam sambutannya.

 

Patut diketahui, saat ini TBM Lentera Pustaka menjadi tempat membaca 130 anak-anak usia sekolah yang berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya). Selain aktivitas taman bacaan, TBM Lentera Pustaka juga menjalankan program Gerakan Beranatas Buta Aksara (Geberbura), Kelas Prasekolah (Kepra), Ramah Difabel, Yatim Binaan (Yabi), Jompo Binaan (Jombi), Koperasi Simpan Pinjam, dan Motor Baca Keliling (Mobake). TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaan paling komprehensif, di samping dikenal aktif menggelar program literasi yang menarik.

 

Di akhir acara, seluruh anak-anak TBM Lentera Pustaka, orang tua, dan mahasiswa BEM Faperta IPB pun ikut “cucurakan” makan bersama jelang bulan puasa, di samping antre jajaanan kampung gratis. Sebagai simbol kebersamaan antara taman bacaan, mahasiswa, dan masyarakat. Salam literasi. #BEMFapertaIPB #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB