x

Drama Korea Hush

Iklan

Maria Tanjung Sari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2023

Selasa, 21 Maret 2023 06:43 WIB

Ini Alasan Saya Suka Nonton Drama Korea

Drama Korea merupakan tontonan yang sedang banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia, tak terkecuali saya. Sejak tahun 2012 saya sudah menyukai drama Korea, namun baru tahun 2022 tepatnya saya mulai intens dalam menonton drama Korea secara marathon. Drama Korea sendiri menyajikan tontonan yang menghibur bagi para penikmat drama atau serial televisi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahun 2012 silam sebenarnya saya sudah mulai menyukai drama Korea. Ketika tahun 2012, tentu teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang. Pesan singkat hanya bisa dilakukan via SMS dan Blackberry Messenger. Tentu bagi saya harga satu unit ponsel Blackberry di waktu itu masih sangat mahal.

Drama Korea pun bisa saya tonton melalui DVD dan saya membeli kaset DVD di beberapa mall di Surabaya yang menjualnya. Masih segar dalam ingatan saya, satu judul drama Korea yang ingin ditonton terdiri dari 4 sampai 5 keping kaset DVD. Tidak perlu saya sebutkan berapa nominal yang harus saya keluarkan ya.

Jadi dulu saya harus berhemat ketika ingin nonton drakor, tidak bisa maraton seperti sekarang ini. Pernah dengar dong istilah maraton menonton drakor? Yaitu menonton drama Korea secara sambung menyambung nonstop atau tanpa jeda. Kalau saya sih maksimal mampu menonton selama 5 jam saja sehari, itu kalau hari kerja ya. Kalau hari Minggu atau hari libur jangan tanya, menonton drakor sudah seperti jam kerja bagi saya. Bisa 8 jam nonstop, kecuali saya ingin makan, sholat dan mandi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekarang ketika teknologi sudah semakin maju, rasanya saya bisa menonton drakor sebulan full tanpa jeda. Apalagi melalui aplikasi OTT seperti Netflix, Viu, Disney Hotstar dan masih banyak lagi, sehingga saya lebih leluasa memilih judul drakor yang ingin ditonton.

Berlangganan aplikasi OTT bagi sebagian orang tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Sama halnya saya, sehingga saya memutuskan untuk langganan secara bergantian saja apabila drakor incaran saya tidak main di saluran OTT tertentu.

Seperti ketika drakor The Glory musim ke-2 sedang diputar di Netflix, maka saya khusus berlangganan satu bulan untuk menamatkan drama tersebut. Selebihnya saya harus bersabar jika ingin berlangganan lagi, karena biaya langganan saluran OTT yang satu ini bisa dikatakan yang paling mahal, hehehe.

Ada banyak faktor kenapa saya sangat menyukai drama Korea, sebut saja:

1. Alur Cerita yang Menarik Untuk Ditonton

Kalau kalian penggemar Drakor seperti saya, coba perhatikan setiap drakor yang diproduksi biasanya hanya tamat sampai episode ke-16 saja. Jarang ada drama Korea dengan episode panjang. Mentok Drakor yang saya tonton hanya sampai 24 episode dan itu sudah sangat membosankan.

Entah kenapa alur cerita Drakor bagi saya menarik untuk diselesaikan sampai habis. Tentu saja sebelum memutuskan untuk lanjut menonton, biasanya saya lihat sinopsisnya terlebih dahulu di media online atau tulisan dari teman blogger pecinta Drakor.

Drakor mungkin sama dengan sinetron Indonesia, ada beberapa alur yang menampilkan kehidupan orang-orang kaya (Chaebol) versi Korea, sebut saja The Heirs yang diperankan oleh Lee Min-Ho. Selain itu juga Drakor My Fair Lady yang bisa dibilang sudah cukup lama tayang, dimana diperankan oleh Yoon Eun Hye.

Bagi saya pribadi ada beberapa tema drama Korea yang menarik untuk ditonton, yaitu:

  • Tema Dunia Kedokteran
  • Tema Action dan Thriller
  • Tema Hukum (Profesi Pengacara dan Jaksa)

2. Tertarik Dengan Bahasa Korea dan Suka Lagu-Lagu Korea

Entah mengapa saya sangat suka ketika melihat para aktor dan aktris berbicara dengan Bahasa Korea. Ada keinginan untuk mempelajari Bahasa Korea juga dan berharap suatu ketika bisa pergi ke negaranya Ji Chang Wook itu.

Bahasa Korea menurut saya bukan bahasa yang mudah dipahami. Kita harus benar-benar peka dalam mendengarkan orang berbincang dalam Bahasa Korea. untungnya sekarang di media sosial seperti TikTok sudah ada pelajaran Bahasa Korea, sehingga kita sedikit demi sedikit mengerti percakapan mereka.

Walau saya tidak mengerti lirik dalam Bahasa Korea, namun saya cukup suka dengan lagu-lagu Sountrack yang dibawakan dalam Drakor. Pernah saya baca di sebuah tulisan kalau konon katanya, Soundtrack untuk Drama Korea tersebut memang sengaja khusus diciptakan. Jadi pastinya setiap Drakor akan punya ciri khas dengan soundtracknya masing-masing.

3. Tertarik Dengan Cara Hidup Orang Korea

Minum Soju sambil kongkow dengan teman atau bestie merupakan kegiatan yang sering saya lihat di drama Korea. Tentunya sambil makan makanan khas Korea seperti ceker pedas, Tteokpokki ataupun Kimbap.

Jika kalian melihat orang Korea makan, maka di atas meja makan akan terhidang berbagai variasi hidangan yang mungkin tak habis walaupun disajikan untuk lebih dari 2 orang. Apalah saya yang ketika makan, hanya ada satu lauk di atas meja makan, yaitu telur dadar, hahaha. 

Di drama Korea sendiri saya perhatikan ketika mereka berbelanja dimanapun, selalu menggunakan kartu (entah kartu kredit atau debit) sebagai alat pembayaran. Jarang sekali ada orang yang membayar dengan menggunakan uang tunai.

Sebenarnya masih banyak hal-hal unik yang saya temui ketika menonton Drama Korea. Kalau diperhatikan, para pemain utama di Drama Korea selalu memiliki sahabat yang bisa diandalkan ketika si lakon utama tertimpa masalah.

Penutup

Saat ini drama Korea bisa dibilang me time terbaik untuk saya mengusir rasa jenuh di kehidupan sehari-hari. Walau berbayar dengan menonton melalui aplikasi, namun ada kepuasan tersendiri setelah menamatkan satu judul drama Korea.

Banyak pesan moral yang bisa kita petik ketika menonton drama Korea. Ambil yang positif namun tetap tinggalkan apabila ada yang kurang berkenan di hati.

Happy watching!

 

Ikuti tulisan menarik Maria Tanjung Sari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu