Awas! Jangan Kalap Saat Melahap 5 Menu yang Ada di Acara Pernikahan

Kamis, 23 Maret 2023 06:02 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Makanan di acara perkawinan memang enak. Tapi hati-hati buat yang punya penyakit, sebab makanan di acara pernikahan bisa bikin penyakit kambuh jika dikonsumsi berlebihan.

Pernikahan sejatinya adalah acara untuk mengumumkan pada banyak orang bahwa telah ada kabar bahagia dari sejoli yang naik pelaminan pada hari itu. Momen bahagia tersebut lantas diberitakan pada keluarga besar, tetangga, teman, dan banyak rekan sejawat. Untuk merayakan pernikahan, jamuan makanan menjadi hal yang sangat penting. Sebab, orang yang diundang atau tamu harus diperlakukan dengan baik dan hormat.

Saat memenuhi undangan pernikahan, tak jarang kita merasa bersemangat karena kita bisa mencicipi aneka hidangan beraneka rasa. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga makanan penutup biasanya disajikan pada acara pernikahan dengan model prasmanan. Kita bisa bebas mengambil makanan yang kita sukai.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akan tetapi, ada banyak bahaya kesehatan yang mengintai ketika kita kalap melahap hidangan di acara pernikahan. Sebab, tidak semua kudapan pernikahan berdampak baik bagi kesehatan, terutama jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Apalagi jika kita sedang menderita atau mempunyai suatu penyakit yang membuat kita pantang mengonsumsi suatu makanan.

Nah, untuk menghindari kemungkinan terburuk setelah mencicipi makanan di acara pernikahan, berikut ini daftar menu makanan di acara pernikahan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari.

Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng sangat banyak pilihannya di Indonesia. Di acara pernikahan pun, banyak hidangan yang dimasak dengan cara digoreng. Makan cumi goreng tepung, tahu goreng, ayam goreng, dll boleh kok. Asal dengan porsi yang seimbang dengan sayuran. Sebab, makanan yang digoreng memiliki kadar kolesterol dan lemak yang cukup tinggi. Hati-hati gagal diet nanti.

Bakso

Hidangan favorit di acara pernikahan yang biasanya disajikan di tenda-tenda terpisah adalah bakso. Tak jarang peminat bakso sangat banyak hingga harus mengantre untuk bisa mendapatkan satu mangkoknya. Rasa gurih bakso memang sulit untuk diabaikan atau dihindari, tapi jangan terlalu banyak dalam mengonsumsinya. Empat butir bakso mengandung kalori 110 kkal.

Emping mlinjo

Buat yang sedang menderita asam urat, yuk ditahan keinginannya untuk mencicipi emping mlinjo. Di acara pernikahan, emping mlinjo masih menjadi salah satu camilan yang wajib ada. Namun, emping melinjo memiliki kadar purin yang tinggi. Dalam 100 gram emping bisa mengandung purin mencapai sekitar 150-800 mg. Selain itu, 100 gram emping juga mengandung 350 kkal. Mengonsumsi terlalu banyak makanan berpurin dapat membuat asam urat kambuh.

Es krim

Setelah melahap semua hidangan makanan berat yang sedap-sedap, biasanya tamu undangan akan mengakhirinya dengan hidangan penutup berupa es krim. Nah, es krim ini patut diwaspadai juga. Walaupun rasanya manis, efek yang ditimbulkan jika mengonsumsi es krim berlebihan tidaklah manis. Seporsi es krim mengandung kalori sebesar 124 kkal. Yang sedang diet harap berhati-hati, ya.

Es buah

Selain es krim, dessert favorit di acara pernikahan adalah es buah. Rasanya yang segar dan dingin mampu melegakan tenggorokan. Tapi, sama seperti es krim, es buah mengandung kalori yang cukup besar, yaitu mencapai 220 kkal per gelas.

Itu dia lima menu acara pernikahan yang sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi. Untuk menghindari kalap saat melahap menu hidangan di acara pernikahan, kamu bisa menggunakan tips-tips berikut agar diet tidak berantakan dan sakit yang diderita tidak kambuh.

  1. Hindari menu makanan manis, seperti cake

Langsung ke menu utama saja. Sebab, walaupun berukuran kecil, cake dan makanan manis lain mengandung kalori yang besar, lho.

  1. Mulai sesi makan dengan sup

Sup yang biasanya mengandung banyak sayuran ini akan membuat kamu merasa agak kenyang. Nah, ini bisa menjadi semacam hacks agar nantinya kamu tidak kalap saat mengonsumsi menu yang lainnya karena perut sudah agak penuh.

  1. Perbanyak sayur, batasi protein hewani

Saat mengambil makanan di meja prasmanan, perbanyaklah menu sayuran. Jika bisa, jumlahnya dua kali lipat protein hewani. Jadi, kamu akan merasa kenyang tanpa pusing memikirkan kalori maupun kolesterol yang masuk ke tubuh.

Saat mengambil menu daging, pilihlah salah satu. Biasanya menu daging di acara pernikahan ada banyak, meliputi daging ayam, daging sapi, dan daging ikan. Ambil salah satunya saja agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh.

  1. Minum air putih sebelum makanan penutup

Terakhir, sebelum menuntaskan sesi cicip makanan, minumlah air putih terlebih dahulu. Air putih dapat membantu mendorong makanan ke saluran pencernaan. Selain itu, air putih juga akan membuatmu tidak akan kalap merasakan dessert atau makanan penutup.

Empat tips di atas dapat kamu lakukan pada acara pernikahan yang akan kamu hadiri nantinya. Saat berada di acara pernikahan, jangan sampai kalap melahap semua menu, ya. Makanlah secukupnya dan perhatikan kandungan gizi dan nutrisinya. Jangan sampai diet gagal atau sakit yang sedang diderita malah kumat. (*NAFF)

Bagikan Artikel Ini
img-content
Firda Newcolla

Dapatkan artikel menarik seputar kecantikan, penuaan dini, dan parenting di https://newcolla-artikel.orderyuk.info

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua