x

Timnas U-19 saat berlatih di Kroasia, 2020. (pssi.org)

Iklan

muhammad rizal

Pemula dan terus belajar
Bergabung Sejak: 27 Maret 2022

Jumat, 24 Maret 2023 18:59 WIB

Indonesia Vs Burundi, Laga untuk Saling Mengenal

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Burundi pada Sabtu (25/3) dan Selasa (28/3) nanti. Dua pertandingan Indonesia melawan Burundi di Stadion Patriot ini nanti akan membawa dua misi, yaitu misi untuk menaikkan ranking FIFA Indonesia dan menyatukan skuad yang ada saat ini. Mampukah STY meracik tim menjadi lebih baik?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Burundi adalah negara termiskin di dunia, namun uniknya negara ini memiliki ranking FIFA yang lebih baik dari Indonesia dengan berada di ranking 141 FIFA. Indonesia sendiri, sebagai negara yang lebih baik secara ekonomi oleh Burundi hanya berada di ranking 151 FIFA, dengan segala drama dan perkembangan yang naik turun dari Indonesia, ranking kita saat ini bisa dikatakan sebagai peningkatan yang signifikan dalam tiga tahun terakhir dibawah arahan Shin Tae-yong. Sebenarnya laga ini semestinya bisa saja menjadi debut Shayne Pattynama dan Sandy Walsh, namun sayang beribu sayang keduanya harus kembali menunda debut di Timnas Indonesia.

Sandy Walsh harus berkutat dengan cedera berkepanjangan, sedangkan Shayne Pattynama yang awalnya diproyeksikan mampu debut pada laga ini belum selesai dengan masalah administrasi walaupun sudah menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Tapi, diluar berita buruk di atas pada dua laga ini mungkin kita bisa memulai debut pertama duet lini belakang Indonesia, yaitu Elkan Baggot - Jordi Amat yang sudah dinanti suporter Indonesia selama ini. Ditambah laga ini merupakan pemusatan latihan lanjutan untuk semakin menyatukan dan mempersiapkan diri jelang dua ajang penting Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Setelah terakhir beruji coba dengan Timnas Curacao pada bulan September, laga ini sejatinya merupakan pertandingan yang berguna untuk mencoba alternatif lain setelah gagal di Piala AFF 2022 dengan kalah disemifinal oleh Vietnam. Ada nama-nama baru yang sepertinya akan dicoba oleh Shin Tae-yong, seperti kembalinya Riko Simanjuntak dan dipanggilnya Yance Sayuri, ditambah ada beberapa nama dari Indonesia U20 yang naik tingkat seperti Daffa Fasya, Muhammad Ferrari, Dony Tri Pamungkas, serta Dzaky Asraf akan menambah variasi sekaligus memberi semangat baru di Timnas Indonesia sebagai darah muda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini merupakan laga saling mengenal antara pemain baru dan lama, agar siapapun ketika ada ajang-ajang penting lainnya semuanya sudah siap dan selalu memiliki kekompakan walaupun harus keluar masuk berdasarkan penampilan terbaru di Liga1 kedepannya. Apapun itu, misi penting untuk menaikkan peringkat Indonesia dari setiap laga yang dilalui harus menjadi prioritas Timnas Indonesia, agar ke depan Indonesia memiliki posisi yang lebih nyaman ketika ada pengundian suatu turnamen di bawah naungan AFC dan FIFA. Ditambah, kejadian seperti penolakan Timnas Kenya untuk beruji coba dengan Indonesia karena alasan ranking tidak kembali terjadi. Karena kedepannya, pasti kita semua ingin Indonesia bisa memiliki lawan ujicoba yang lebih baik yang tentu akan berefek kepada penampilan Timnas Indonesia yang lebih baik, harapannya seperti itukan?

Ikuti tulisan menarik muhammad rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler