Peramalan Kebutuhan Sumber Daya Manusia - Analisis - www.indonesiana.id
x

ilustr: VectorStock

Iklan

Widiya

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Rabu, 29 Maret 2023 18:03 WIB

Peramalan Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah MSDI dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM. CHCM

Dibaca : 229 kali

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Pengertian Forecasting

Forecasting atau peramalan merupakan usaha memprediksi kebutuhan-kebutuhan SDM di masa yang akan datang berdasarkan pada ketajaman perencanaan SDM kedepan meskipun prediksi masih belum terlalu dibutuhkan. Fungsi forcasting yaitu membantu merencanakan persiapan dan kesiapan para SDM sedini mungkin dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang, untuk memperkirakan dan menetapkan kemampuan SDM yang dibutuhkan perusahaan dan berguna dalam merencanakan bisnis agar perusahaan dapat menghasilkan output produksi yang lebih baik.

2. Pasar SDM

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pasar SDM atau pasar tenaga kerja merupakan sumber eksternal bagi perusahaan untuk menarik tenaga kerjanya. Adanya pasar tenaga kerja ini disebabkan oleh kondisi-kondisi yang berbeda mebentuk karakteristik wilayah-wilayah geografis yang berbeda. Ada banyak cara untuk mengidentifikasi pasar tenaga kerja, yaitu berdasarkan wilayah geografis, tipe keterampilan dan pendidikan.

3. Penggunaan Sistem Informasi dalam Perencanaan SDM

Sistem informasi dalam perencanaan SDM adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengumpulkan, memelihara, dan melaporkan informasi tenaga kerja dan pekerjaannya. Manajer perusahaan memerlukan data yang akurat, relevan dalam membuat suatu keputusan. Informasi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan manajemen yang digunakan untuk mengambil keputusan baik strategis maupun operasional.

Kegunaan sistem informasi sumber daya manusia, meliputi :

  • Perencanaan dan analisis sumber daya manusia, meliputi; struktur organisasi tenaga kerja, persediaan keahlian, analisis keluar-masuk tenaga kerja.
  • Hubungan tenaga kerja dan buruh, meliputi; biaya negosiasi penggabungan, penyimpanan data pemeriksaan, hasil penelitian tingkah laku, analisis wawancara.
  • Kesehatan, keselamatan dan keamanan, meliputi; pelatihan keselamatan penyimpanan data kecelakaan kerja, penyimpanan data material.
  • Penyusunan tenaga kerja, meliputi; sumber perekrutan, mencatat calon tenaga kerja, analisis penolakan karyawan kerja yang ditawarkan.
  • Pengembangan sumber daya manusia, meliputi; profil pelatihan tenaga kerja, penilaian kebutuhan pelatihan, keberhasilan perencanaan dan ketertarikan karir dan pengalaman.
  • Kompensasi dan manfaat, meliputi; struktur pembayaran upah, biaya upah atau gaji, administrasi manfaat yang fleksibel, analisis penggunaan manfaat.

4. Teknik Perencanaan

Human Resources Planning ( Perencanaan Sumber Daya Manusia) memiliki peran utama untuk menjalankan sebuah perusahaan atau organisasi tertentu.  Dalam beberapa perusahaan Human Resouces Planning digunakan untuk memperkirakan tenaga kerja atau karyawan sampai mengevaluasi karyawan.

Teknik yang dapat digunakan dalam perencanaan SDM antara lain;

  • Teknik Delphi, yaitu teknik yang menggunakan keahlian sekelompok orang( seperti manajer). Perencanaan depatemen SDM berfungsi sebagai penengah, menyimpulkan berbagai pendapat dan melaporkan kesimpulan dari pendapat sekelompok orang kepada para ahli.
  • Ekstrapolasi, yaitu teknik yang berdasarkan pada tingkat perubahan atau kecenderungan pada masa lalu untuk membuat proyek dimasa yang akan datang. Teknik ini menggunakan asumsi cateris paribus ( faktor-faktor lain diasumsikan tidak berubah). Teknik ini hanya berlaku untuk perencanaan SDM jangka pendek.
  • Indeksasi, teknik ini beranggapan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pegawai baik yang sifatnya internal maupun eksternal ada pada kondisi konstan. Teknik ini lebih disarankan untuk perencanaan jangka pendek.
  • Analisis Statistik, teknik ini lebih disarankan untuk perencanaan jangka panjang. Teknik ini mempertimbangkan perubahan bergesernya tuntutan terhadap kebutuhan SDM. Analisis ini lebih dikenal dengan sebutan regresi dan korelasi.

5. Peramalan MSDM

Peramalan sering dianggap sebagai salah satu masukan utama terhadap proses perencanaan organisasional. Meskipun demikian peramalan hanya akan digunakan sebagai kualitas dan validasi informasi untuk membuat perkiraan. Peramalan sumber daya manusia berusaha menentukan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh organisasi maupun perusahaan untuk mempertahankan serta memanfaatkan peluang diwaktu yang akan datang.

Setiap perusahaan memiliki kebutuhannya yang berbeda, sehingga ramalan pada perusahaan nya juga akan berbeda-beda sesuai dengan perusahaan masing-masing. Dalam proses peramalan harus memperhatikan enam hal, yaitu:

  • Memahami kondisi organisasi dan lingkungan, meliputi; pola produktivitas, perubahan teknologi, dan kecenderungan yang ada.
  • Analisis SDM saat ini tenaga kerja yang tersedia, meliputi; data penilaian, pengalaman dan pendidikan.
  • Persediaan tenaga kerja (SDM)
  • Analisis keperluan SDM saat ini, meliputi; struktur organisasi, perpaduan pekerjaan dan kriteris perencanaan.
  • Keperluan SDM untuk masa yang akan datang. Seperti anggaran, perubahan perencanaan.
  • Ramalan yang diperlukan, kebutuhan rekrutmen, kebutuhan latihan dan pengembangan

 

"Tidak harus jadi Hebat dulu untuk Berbuat, tetapi harus Berbuat dulu untuk jadi Hebat.” 

# Dr.H.SyaefulBahri,CHCM #

Ikuti tulisan menarik Widiya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Tentang Dia

Oleh: Jerpis M.

5 hari lalu

Dibaca : 854 kali

Sajak Reranting

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dibaca : 560 kali

Terkini

Sajak Batu

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 jam lalu

Dibaca : 88 kali

Terpopuler

Tentang Dia

Oleh: Jerpis M.

5 hari lalu

Dibaca : 854 kali

Sajak Reranting

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dibaca : 560 kali