x

Iklan

Astriani

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 06:43 WIB

Pentingnya Perencana SDI bagi Kebutuhan Masa Depan

Artikel ini dibuat untuk memenuhi : Tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani Dosen pengampu : Dr.Syaeful Bahri,S.Ag.,M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam kehidupan sehari-hari memiliki perencanaan adalah hal yang penting, begitu juga bagi perusahaan karena perencanaan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan masa depan perusahaan tersebut.

Perencanaan sdi merupakan kegiatan meramalkan masa depan untuk SDI yang bersifat sistematis dengan menghubungkan kebutuhan dan tujuan SDI di suatu perusahaan, Perencanaan SDI akan diperlengkap dengan perumusan strategi manajemen dan langkah akhir yaitu dengan membuat rencana kegiatan sdi, dimana perencanaan ini berhubungan dengan persepektif jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Adapun langkah-langkah perencanaan strategik msdi yaitu :  

1. Mendefinisikan filosofi perusahaan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

2. Mengkaji kondisi lingkungan

3. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan.

4. Menentukan tujuan dan sasaran perusahaan

5. Menyusun strategi akhir.

Adapun manfaat dilakukannya perencanaan ini yaitu dapat membuat kinerja perusahaan menjadi efektif dan efisien, menimbulkan sikap positif dalam diri karyawan, meningkatkan kompetensi karyawan, memperkuat perusahaan ditengah persaingan antar perusahaan.

Tujuan dari perencanaan SDM ini adalah untuk memastikan kesesuaian antara tenaga kerja dan pekerjaan, baik dari segi jumlah maupun kualitas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan visi dan misi perusahaan. Maka dalam suatu perusahaan, diperlukan anggota-anggota yang memiliki keahliannya masing-masing. Oleh karena itu, dibutuhkannya struktur perusahaan yang jelas dan penempatan anggota yang sesuai. Apabila struktur perusahaan dan penempatan perusahaan tidak jelas, perusahaan tersebut tidak akan memberikan performa yang efektif dan efisien serta dapat membuat pengeluaran dari organisasi tersebut membengkak sehingga kesejahteraan anggotanya akan terganggu karena sistem pengelolaan yang kacau, perusahaan juga akan kesulitan dalam mengembangkan usahanya dan hilangnya kesempatan bisnis.

Ikuti tulisan menarik Astriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB