x

Iklan

Astriani

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 13:05 WIB

Forecesting bagi Kebutuhan MSDI

Artikel ini dibuat untuk memenuhi: Tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani Dosen pengampu: Dr.Syaeful Bahri S,Ag.,M.M.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Forecesting merupakan sebuah upaya untuk memperkirakan jumlah, keterampilan dan lokasi karyawan yang akan di butuhkan diwaktu yang akan datang untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan atau organisasi. Fungsi forcasting sendiri yaitu untuk membantu merencanakan persiapan dan kesiapan tenaga kerja sedini mungkin dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang, untuk memperkirakan dan menetapkan kemampuan SDM yang dibutuhkan perusahaan dan berguna dalam merencanakan bisnis agar perusahaan dapat menghasilkan output produksi yang lebih baik.

 

Untuk meminimalisir kesalah dalam peramalan, perusahaan atau organisasi dapat menggunakan teknik peramalan dalam perencanaan SDM yang apabila dilakukan secara benar, maka perusahaan dapat mencapai kinerja yang diinginkan. Penggunaan teknik peramalan ini dapat bersifat single, menggunakan salah satu teknik saja, atau menggabungkan beberapa teknik secara simultan, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan. Adapun teknik-teknik peramalan SDM yaitu :

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Ekstrapolasi

Tingkat dan jenis perubahan yang terjadi di masa lalu digunakan sebagai bahan untuk meramalkan perubahan-perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa yang akan datang

2. Indeksasi

Metode memperkirakan kebutuhan ketenaga kerjaan di masa depan dengan suatu indeks tertentu.

3. Analisis Statistikal

Metode analisis dengan memperhitungkan perubahan yang mungkin terjadi sebagai penyebab bergesernya tuntutan terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia.

4. Analisis Anggaran

Apabila rencana alokasi anggaran telah didasarkan pada berbagai teknik peramalan seperti ekstrapolasi, indeksasi dan lain-lainnya, diharapkan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan sudah mendekati keberhasilan.

5. Analisis Kegiatan Baru

Memperhitungkan kebutuhan SDM dengan memperkirakan dan memperhitungkan perkiraan organisasi dengan situasi yang dihadapi oleh pertusahaan-perusahaan lain yang sudah berpengalamn dalam menyelenggarakan kegiatan sejenisnya.

6. Rancangan Berbasis Komputer

Metode peramalan dengan menggunakan serangkaian rumus-rumus matematikal yang secra simulatan menggunakan berbagia teknik peramalan untuk menghitung kebutuhan SDM di masa depan.

 

Sistem informasi dalam perencanaan SDM adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengumpulkan, memelihara, dan melaporkan informasi tenaga kerja dan pekerjaannya. Adapun kegunaan sistem informasi dan perencanaan SDM meliputi :

1. Hubungan tenaga kerja dan butuh

2. Kesehatan, keselamatan dan keamanan

3. Perencanaan dan analisis SDM

4. Penyusunan tenaga kerja

5. Pengembangan sumber daya manusia

6. Kompensasi dan manfaat.

 

Dalam melakukan peramalan kebutuhan SDM, ada faktor faktor yang perlu di pertimbangkan yaitu faktor pertumbuhan finansial dan perubahan. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan apakah harus ada penambahan karyawan, pelatihan karyawan, peningkatan produktivitas, dan lain sebagainya. peramalan juga mempertimbangkan dari masalalu agar kebutuhan di masa depan sesuai dengan kondisi organisasi perusahaan. Bukan hanya memprediksi kebutuhan SDM di masa depan saja, Peramalan SDM juga digunakan untuk memprediksi skill-skill yang perlu dimiliki karyawan atau SDM lainnya di masa depan.

 

Adapun ayat Alquran yang membahas tentang perencanaan yaitu QS. Al-Baqarah (2) : 30, yang artinya :

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Al-Baqarah (2): 30)

Ikuti tulisan menarik Astriani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler