x

Iklan

Mursilatun Hasanah

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 13:05 WIB

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah MSDI dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag,M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

1. Definisi Pelatihan

Pelatihan (training) adalah tindakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan seorang pegawai untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu (Moekijat, 1990:547). Pelatihan bertujuan agar peserta latih dapat mencapai suatu standar, baik dalam keterampilan, pengetahuan, maupun untuk mewujudkan perilaku yang diinginkan dan menciptakan kondisi yang memungkinkan perilaku tersebut dicapai. Pelatihan bertujuan mewujudkan perubahan tingkat kemampuan atau kesediaan berbuat berkat proses latihan.

2. Definis Pengembangan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengembangan (development) adalah setiap usaha untuk memperbaiki pelaksanaan pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang, dengan memberikan keterangan, mempengaruhi sikap atau menambah kecakapan. Dengan kata lain, pengembangan adalah setiap kegiatan yang dimaksudkan untuk mengubah perilaku, perilaku yang terdiri atas pengetahuan, kecakapan, atau sikap (Moekijat, 1990:119). Dengan demikian, pengembangan sumber daya insani menjadi peluang bagi generasi baru guna memperoleh pengetahuan, kualifikasi, dan kemampuan di bidang profesi tertentu atau guna meningkatkan mencapai produktivitas kerja dan mencapai tujuan karir tertentu (Anonimous, 1994:161).

3. Tujuan Pelatihan dan Pengembangan

Pengembangan meliputi pendidikan pelatihan. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan umum dan pemahaman atas keseluruhan lingkungan, sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan tertentu.  Artinya, pelatihan berfokus pada keterampilan yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan.

Manfaat pelatihan dan pengembangan dapat dirasakan langsung, baik oleh individu pegawai maupun organisasi. Manfaat bagi individu pegawai, diantaranya:
1. Membantu individu untuk dapat membuat keputusan dan pemecahan masalah dengan lebih baik;
2. Internalisasi dan operasionalisasi motivasi kerja, prestasi, pertumbuhan, tanggung jawab, dan kemajuan;
3. Mempertinggi rasa percaya diri dan pengembangan diri, dan;
4. Membantu mengurangi rasa takut dalam menghadapi tugas-tugas baru.
Adapun manfaat bagi organisasi, diantaranya:
1. Memperbaiki pengetahuan tentang jabatan dan keterampilan;
2. Memperbaiki moral kerja;
3. Mengenali tujuan organisasi;
4. Membuat citra organisasi lebih baik;
5. Memperbaiki hubungan antara atasan dan bawahan;
6. Membantu pegawai dalam menyesuaikan di dengan perubahan-perubahan;
7. Membantu menangani konflik sehingga stres dan tensi tinggi dapat teratasi, dan;
8. Membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

4. Pelatihan dan Pengembangan dalam Islam

Kualitas kerja dengan mutu terbaik (perfect atau al-itqân) merupakan sifat pekerjaan Rabbâniy yang kemudian menjadi kualitas pekerjaan islami. Dengan menghayati pekerjaan Allah SWT terhadap penciptaan gunung-gunung, misalnya, kita akan mendapati bahwa pekerjaan Allah SWT benar-benar sempurna. Firman Allah SWT:

وَتَرَى ٱلْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِىَ تَمُرُّ مَرَّ ٱلسَّحَابِ ۚ صُنْعَ ٱللَّهِ ٱلَّذِىٓ أَتْقَنَ كُلَّ شَىْءٍ ۚ إِنَّهُۥ خَبِيرٌۢ بِمَا تَفْعَلُونَ

Artinya: Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

"Sebaik-baiknya seorang muslim maupun muslimah ialah yang mampu mengidentifikasi masalah, menghadapi masalah, dan menyelesaikan masalah tanpa masalah."

#Dr.SyaefulBahri,CHCM#

Ikuti tulisan menarik Mursilatun Hasanah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler