ilustr: DNA illustration (stock image)

Kamis, 30 Maret 2023 06:57 WIB

Riwayat Para Budak Tanpa Identitas di Charleston AS, Diungkap Ilmuwan melalui Penelitian DNA

Tahun 1700-an, pria itu menjadi budak Amerika Kolonial di kota pesisir Charleston, Carolina Selatan. Ia wafat pada usia paruh baya. Ia dimakamkan bersama 35 budak lainnya disini. Tak ada catatan identitas. Kisah mereka, sekarang diceritakan melalui apa yang tertinggal: tulang, gigi, dan terutama melalui DNA yang diwariskannya

Kemajuan dalam penelitian DNA telah memungkinkan para ilmuwan menggunakan artefak kuno dan menelisik kehidupan orang yang sudah lama meninggal. Ketika penelitian ini berfokus di Charleston sebagai  kota tertua dan terbesar di negara bagian Carolina Selatan, AS berarti menelusuri beberapa akar Afrika yang terputus oleh perbudakan.

“Kami menghidupkan kembali ingatan mereka,” kata Raquel Fleskes, seorang antropolog di University of Connecticut yang mempelajari sisa-sisa tersebut. “Ini adalah cara memulihkan martabat individu yang seharusnya selalu memiliki martabat ini.”

Dilansir dari laman apnews.com, Proyek Charleston dimulai satu dekade lalu, ketika pekerja konstruksi menggali sisa-sisa di bawah tanah Gaillard Center, tempat seni di kota yang sedang mengalami perluasan. Kembali ke paruh kedua abad ke-18.

Sisa-sisa diyakini sebagian besar dari budak keturunan Afrika yang tinggal di dekatnya. Beberapa dari mereka mungkin termasuk di antara sekitar 175.000 orang Afrika yang dibawa melalui pelabuhan Charleston, pusat perdagangan budak trans-Atlantik.

Kota menguburkan kembali sisa-sisa artefak di lokasi, tempat air mancur peringatan direncanakan. Tetapi dengan sedikit rincian rekaman yang tersedia, anggota komunitas juga tertarik menggunakan sains untuk belajar lebih banyak tentang orang tersebut.

Artefak dari situs tersebut menunjukkan bahwa jenasah dikubur dengan hati-hati, jelas Theodore Schurr, seorang antropolog di University of Pennsylvania yang mengerjakan penelitian tersebut. Beberapa dari jenasah memiliki manik-manik di rambut atau koin di atas mata mereka. Mineral di gigi mereka menunjukkan hanya sedikit yang lahir di Afrika.  Sementara sebagian besar kemungkinan lahir sebagai budak di Charleston atau sekitarnya.

Para ilmuwan juga memanfaatkan DNA dari kerangka berusia berabad-abad - mengebor sampel kecil tulang dan gigi, menggilingnya menjadi bubuk, mencampurnya menjadi larutan dan menyaringnya,  kecuali DNA manusia. Ilmuwan dapat memperoleh beberapa materi genetik untuk sebagian besar dari 36 dan genom lengkap untuk setengahnya, yang dibandingkan dengan susunan genetik orang-orang di Afrika saat ini.

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan dengan banyak tempat berbeda di sepanjang pantai Afrika Barat, dari Gambia hingga Gabon. Mereka kebanyakan laki-laki, dan sebagian besar mati saat dewasa. Usia mereka berkisar dari anak di bawah 3 tahun hingga pria di atas 50 tahun. DNA tersebut menunjukkan,  bahwa mereka tidak berkerabat, selain dari satu kemungkinan pasangan ibu-anak.

Para peneliti juga menawarkan tes DNA kepada 78 orang Afrika-Amerika yang tinggal di daerah Charleston hari ini, kata La'Sheia Oubré, yang memimpin pendidikan komunitas untuk proyek tersebut. Sejauh ini, mereka belum menemukan kerabat langsung dari mereka yang dimakamkan di Anson Street.

Beberapa peneliti telah menggunakan DNA purba untuk mengisi kekosongan dalam sejarah kita yang lebih baru. Itu termasuk kasus seperti Charleston serta Proyek Pemakaman Afrika New York, yang mengungkap detail baru tentang orang Afrika dan keturunan mereka di Manhattan abad ke-18.

Tidak banyak catatan tentang orang-orang ini sejak saat itu, kata Michael Blakey, seorang antropolog yang menjabat sebagai direktur ilmiah di proyek New York. Catatan yang tersedia berfokus pada hal-hal seperti berapa harga budak dan jenis hukum apa yang digunakan untuk mengendalikan mereka, katanya.

Dalam beberapa kasus, penelitian DNA purba juga menantang sejarah yang telah ditulis tentang komunitas tertentu. Antropolog Maria Nieves-Colon diajari bahwa masyarakat adat di pulau-pulau itu dengan cepat musnah oleh penjajahan Eropa, dan tidak mewariskan gen mereka kepada orang-orang di pulau itu hari ini. Tetapi setelah melihat sisa-sisa kuno dari pulau itu dalam studi tahun 2020, Nieves-Colon menemukan bahwa memang ada hubungan genetik antara kelompok-kelompok Pribumi tersebut dan orang Puerto Rico modern.

Penelitian seperti ini menunjukkan, bahwa “kita perlu berpikir lebih kritis tentang apa yang tersisa dalam catatan sejarah,” kata Nieves-Colon, mahasiswa arkeologi  di University of Minnesota.

Sementara DNA purba dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengungkap sejarah. Hal  itu perlu digunakan dengan hati-hati, terutama ketika menyangkut kelompok rentan. Tidak seperti penelitian pada subjek hidup, bekerja pada sisa-sisa manusia tidak memerlukan persetujuan ilmuwan.

Di masa lalu, sebagian besar peneliti belum berkonsultasi dengan kelompok seperti suku asli atau keturunan Afrika sebelum mempelajari sisa-sisa kemungkinan nenek moyang. Tetapi pekerjaan semacam ini berdampak pada komunitas yang hidup dan mereka harus menjadi bagian dari percakapan, kata para peneliti.

Sekarang, tugu peringatan baru diatur untuk menghormati nyawa 36 orang ini, serta ribuan orang yang diperbudak yang membantu membangun Charleston, kata para pemimpin proyek. Tugu peringatan akan berada di Gaillard Center, tempat sebuah plakat kecil sekarang menandai situs tempat jenazah ditemukan. Tugu tersebut akan menampakkan air mancur yang dilingkari oleh sepasang tangan perunggu yang dilemparkan dari penduduk saat ini dan alas yang terbuat dari tanah dari kuburan Afrika lainnya di seluruh kota. ***