x

Iklan

Mursilatun Hasanah

Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Kamis, 30 Maret 2023 12:30 WIB

Pengadaan Sumber Daya Insani

Untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah MSDI dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag,MM.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengadaan sumber daya insani merupakan hal yang paling penting untuk menjaga keberlangsungan sebuah perusahaan atau organisasi. Tanpa adanya pengadaan sumber daya insani sulit bagi sebuah perusahaan maupun organisasi untuk dapat bergerak dan tumbuh mencapai tujuan yang diinginkan. 

Ada tiga jenis kegiatan dalam melakukan pengadaan sumber daya insani yaitu: rekrutmen, seleksi, dan penempatan.

1. Rekrutmen 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rekrutmen adalah cara perusahaan atau organisasi dalam mencari, menemukan, dan melihat pontensi kandidat atau calon-calon karyawan yang akan bekerja mengisi lowongan pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Sebelum melakukan open rekrutmen (membuka lowongan pekerjaan) perusahaan perlu menentukan standar penilaian untuk para kandidat secara spesifik. Hal ini dilakukan agar proses rekrutmen tidak memakan waktu dan tenaga terlalu banyak. Selain itu, perusahaan perlu memiliki strategi yang efektif dalam menyeleksi para kandidat. Misalnya, perusahaan dapat melakukan penyaringan calon karyawan dengan menggunakan software.

2. Seleksi 

Setelah menentukan kriteria kandidat, perusahaan harus melakukan seleksi terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan apakah calon karyawan yang telah lolos proses rekrutmen benar-benar layak menempati posisi lowongan yang tersedia? 

3. Penempatan

Penempatan ini merupakan tahapan terakhir dalam pengadaan sumber daya insani yaitu dilakukan setelah proses seleksi selesai dilakukan akan tetapi penempatan ini bukan hanya untuk karyawan baru tetapi juga untuk para karyawan lama yang perlu pindah posisi jabatan atau promosi. Pada saat menentukan penempatan posisi pekerjaan, perusahaan harus teliti dan cermat dalam menempatkan karyawannya pada pekerjaan yang sesuai dengan bidang kemampuannya agar pada saat melakukan tugas-tugas yang diberikan perusahaan para karyawan dapat menyelesaikan tugas dan tanggungjawab dengan baik. 

"Berubah itu wajib dari diri sendiri, dari hal-hal kecil, dan dari sekarang"

#Dr. Syaeful Bahri,S.Ag,M.M.#

 

Ikuti tulisan menarik Mursilatun Hasanah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler