Siapa yang tidak tahu minuman energi Red Bull, minuman energi asal Austria ini sudah tersebar di pelosok dunia. Tidak hanya dikenal sebagai perusahaan minuman energi, Red bull juga dikenal sebagai sponsor kegiatan olahraga seperti Motogp dan Formula 1. Dibalik keberhasilan mereka menjadi salah satu minuman energi terbaik di dunia ada cerita menarik dibalik cara mereka memasarkan produknya.
Kisah ini dimulai ketika Red Bull ingin memasarkan produk mereka yaitu minuman energi. Saat itu masih banyak yang belum tau tentang minuman seperti itu. Tidak memperkenalkan produknya dengan cara konvensional pada jaman itu seperti brosur ataupun membuka gerai, mereka punya cara yang unik untuk bisa memperkenalkan produk mereka ke masyarakat.
Mereka memulai trik pemasaran mereka dengan menempatkan kaleng-kaleng Red Bull di tempat sampah dekat stadion olahraga. Hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar akan berpikir bahwa minuman apakah ini sehingga mereka banyak memenuhi tempat sampah di sekitar stadion. Dari trik pemasaran ini membuat masyarakat penasaran dan tertarik untuk mencoba minuman energi Bernama Red Bull itu.
Seperti pepatah mengatakan menjadi sedikit berbeda lebih baik daripada menjadi sedikit lebih baik. Itulah yang dilakukan oleh Red Bull di dalam strategi pemasaran mereka, mereka melakukan hal yang tidak umum atau bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan terbukti, dari strategi unik ini bisa membuat mereka seperti sekarang.
Ikuti tulisan menarik renaldy candra junaedi lainnya di sini.