x

Iklan

Sylvia Nadilah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Jumat, 31 Maret 2023 06:56 WIB

Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr.H.Syaeful Bahri, S.Ag M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Secara umum pengembangan sumber daya manusia merupakan jenis kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk memajukan keteramppilan karyawan. Bentuk penting dari pekerjaan pengembangan yang mempengaruhi SDM sebagai individu dan sebagai sistem serta organisasi sebagai tempat SDM untuk kebutuhan masing-masing organisasi. Pengembangan staf tentunya akan direncanakan dan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi staf dan kinerja organisasi melalui program pendidikan, pelatihan dan pengembangan.

Pendekatan mutu modal manusia (human capital quality ) menekankan aktivitas orang (karyawan), selain modal finansial, teknologi dan material, sebagai faktor yang sangat penting dalam keberhasilan organisasi. Kemampuan kualitas SDM yang lemah mengganggu efisiensi, kreativitas dan keberlangsungan organisasi di era persaingan dan tantangan global Dalam menerapkan strategi kepegawaian ini, pada dasarnya hanya menawarkan pelatihan dan keterampilan. Hal ini bertujuan agar SDM lebih produktif dalam bekerja. Strategi pengembangan SDM terdapat di dalam Al-Qur'an surah An-Anfal ayat 66

اَلْـٰٔنَ خَفَّفَ اللّٰهُ عَنْكُمْ وَعَلِمَ اَنَّ فِيْكُمْ ضَعْفًاۗ فَاِنْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ مِّائَةٌ صَابِرَةٌ يَّغْلِبُوْا مِائَتَيْنِۚ وَاِنْ يَّكُنْ مِّنْكُمْ اَلْفٌ يَّغْلِبُوْٓا اَلْفَيْنِ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Artinya : Sekarang Allah telah meringankan kamu karena Dia mengetahui bahwa ada kelemahanmu. Maka jika di antara kamu ada seratus orang yang sabar, niscaya mereka bisa mengalahkan dua ratus (orang musuh); dan jika di antara kamu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka bisa mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Allah beserta orang-orang yang sabar. Perintah kepada umat Islam dalam menjalankan strategi perang. Strategi tersebut harus diterapkan dengan kekuatan iman, penuh keyakinan untuk menghadapi perang yang ada di depan mata. 

 beberapa fungsi pengembangan SDM yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Pekerjaan menjadi lebih efesien

2. Meningkatkan produktivitas

3. Mengurangi kerusakan produk

4. Meningkatkan sikap kepimpinan

5. Memberikan pelayanan baik kepada konsumen 

6. Menciptakan moral yang baik

 Setelah memahami pengertian dari pengembangan SDM, penting bagi kita untuk mengetahui strategi dari pengembangan sumber daya manusia :

1. Memberikan penghargaan kepada karyawan

 Apresiasi diartikan sebagai perilaku menghargai prestasi karyawan, ada banyak jenis reward untuk karyawan seperti, kenaikan gaji, hadiah seperti mobil dan reward lainnya. Tujuan pernghargaan ini untuk memotivasi karyawan lainnya. 

2. Mengadakan program pelatihan 

 Strategi pengembangan SDM ini dapat diterapkan dengan melaksanakan program pelatihan. Karyawan perusahaan harus menyelesaikan program pelatihan ini dengan secara baik, program pelatihan juga mencakup beberapa jenis pelatihan seperti skill training, creativity training, cross functional training, serta team training. Skill training ini dilakukan untuk melatih dalam mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh setiap karyawan. Selain itu, ada juga creativity training yang bertujuan untuk melatih kreativitas yang dimiliki karyawan perusahaan. Sehingga nantinya kreativitas tersebut bisa dikembangkan agar menjadi lebih baik. Untuk team training ini memberikan pelatihan bagaimana melakukan kerja sama dalam satu tim.

3. Memberikan kesempatan karyawan untuk menuangkan ide 

 sebuah ide yang dikeluarkan oleh karyawan harus didengar dan dipertimbangkan jika sesuai. Sehingga nantinya jika perusahaan menyetujui ide atau gagasan tersebut bisa membuat produk atau layanan baru yang berbeda dan terlihat menarik. Disisi perusahaan, produk baru ini akan membuat bisnis yang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. Disisi karyawan yang menuangkan ide, ini akan membuat mereka merasa dihargai.

 Pengembangan SDM dianggap sangat penting untuk diterapkan, maka banyak perusahaan yang melakukan training atau pelatihan dengan inteval waktu tertentu untuk memastikan setiap SDM yang ada di perusahaan tersebut sudah terlatih dan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang up to date sesuai dengan kebutuhan industri dan pasar.

Ikuti tulisan menarik Sylvia Nadilah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB