x

Iklan

Hana Wardatusyifa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Maret 2023

Jumat, 31 Maret 2023 06:57 WIB

Peramalam Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Manajemen sumber daya insani Dosen pengampu:Dr. Syaeful Bahri, S.Ag., M.M

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

A. PENGERTIAN PERAMALAN/FORCASTING

Peramalan (forcasting) merupakan proses memprediksi kondisi di masa mendatang yang akan mengarahkan dan mempengaruhi perilaku, aktivitas dan dampak tindakan operasional. Ramalan memiliki peran yang penting tidak hanya dalam fungsi perencanaan saja, tetapi juga dalam keseluruhan proses manajemen. Peramalan sering dianggap sebagai salah satu masukan utama terhadap proses perencanaan organisasi atau perusahaan.

Dalam pengembangannya, organisasi atau perusahaan akan membutuhkan sumber daya manusia yang sesuai, baik jumlah maupun kualitasnya. Karyawan yang berlebihan akan dapat membuat sebagian karyawan tidak optimal dalam bekerja. Demikian sebaliknya, jumlah karyawan yang terlalu sedikit atau tidak mencukupi akan berakibat pada pekerjaan tidak selesai sesuai dengan keinginan. Atas dasar ini, penarikan dilakukan sesuai dengan sumber daya manusianya. Maka dari itu kita harus mempelajari Forcating / Peramalan mengenai kebutuhan SDM. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

B. HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA PROSES PERAMALAN

Proses peramalan harus memperhatikan enam hal yaitu: 

1. Memahami lingkungan dan kondisi organisasi yaitu supply tenaga kerja eksternal, paksaan hukum, ekonomi, desain tugas dan struktur organisasi.

 2. Analisis SDM saat ini (tenaga kerja yang tersedia), data demografi, data penilaian, interes tenaga kerja, pengalaman dan pendidikan. 

3. Persediaan tenaga kerja (SDM) yang diproyeksikan di masa depan, pengurangan, mobilitas, penggunaan skill, perubahan produktivitas. 

4. Analisis keperluan SDM saat ini, posisi otorisasi, struktur organisasi, perpaduan pekerjaan, kriteria perencanaan. 

5. Keperluan SDM untuk masa yang akan datang, perubahan organisasi, anggaran, perubahan perencanaan dalam aktivitas/operasional. 

6. Forcasting diperlukan/ditampilkan, kebutuhan rekrutmen, kebutuhan latihan dan pengembangan, perencanaan suksesi dan mobilitas, perubahan kebijakan, perubahan jabatan dan organisasional.

 

C. TEKNIK PERAMALAN KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA 

Teknik atau metode peramalan (Forecasting) adalah instrument suatu perencanaan. Handoko (1994) menyatakan upaya untuk memperkirakan kebutuhan SDM dimasa mendatang. Ada beberapa teknik atau metode dalam forecasting yang dapat digunakan dalam melakukan peramalan berkaitan dengan penyusunan perencanaan SDM.

1. Ekstrapolasi

Tingkat dan jenis perubahan yang terjadi di masa lalu digunakan sebagai bahan untuk meramalkan perubahan-perubahan yang diperkirakan akan terjadi di masa yang akan datang.

2. Indeksasi

Metode memperkirakan kebutuhan ketenaga kerjaan di masa depan dengan suatu indeks tertentu.

3. Analisis Statistika

Metode analisis dengan memperhitungkan perubahan yang mungkin terjadi sebagai penyebab bergesernya tuntutan terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia

4. Analisis Anggaran

Jika rencana alokasi anggaran telah didasarkan pada berbagai teknik peramalan seperti ekstrapolasi, indeksasi dan lain-lainnya, diharapkan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yangidperlukan sudah mendekati kebenaran.

5. Analisis Kegiatan Baru

Memperhitungkan kebutuhan SDM dengan memperkirakan dengan memperhitungkan perkiraan organisasi ybs dengan situasi yang dihadapi oleh pertusahaan-perusahaan lain yang sudah berpengalamn dalam menyelenggarakan kegiatan sejenis( klasifikasinya, lokasinya)

6.Rancangan Berbasis Komputer

Metode peramalan dengan menggunakan serangkaian rumus-rumus matematikal yang secara simulatan menggunakan berbagia teknik peramalan untuk menghitung kebutuhan SDM di masa depan.

Adapun Ayat terkait peramalan kebutuhan SDM ini yaitu di surat Shad ayat 27 

وَمَا خَلَقْنَا ٱلسَّمَآءَ وَٱلْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَٰطِلًا ۚ ذَٰلِكَ ظَنُّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ ۚ فَوَيْلٌ لِّلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنَ ٱلنَّارِ

Artinya : "Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka."

Quote of the day

"Setiap orang harus menjadi life survive agar skill yang dimiliki tidak punah"

#Dr.H.SyaefulBahri, CHCM#

Ikuti tulisan menarik Hana Wardatusyifa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB